Menu Layanan Kamar Bersalin

Menu Layanan Kamar Bersalin

Apply To : Trustmedis Suite

Setelah pasien didaftarkan pada menu Pendaftaran Bedah, Anda bisa melanjutkan proses pelayanan pasien di menu Layanan Kamar Bersalin ini. Berikut langkah mudah untuk melayani pasien Bersalin,
  1. Melakukan Pelayanan pada Pasien
    1. Masuk ke menu VK > Front Office > Layanan Kamar Bersalin. Jika data pasien ditemukan untuk melayani pasien Anda bisa pilih data pasien tersebut kemudian klik "Layani" atau klik 2x pada data yang dipilih.

      Di halaman awal, Anda akan melihat beberapa fitur tambahan yakni:
      1. Rekam Medis Pasien
        Tombol ini digunakan untuk melihat data rekam medis pasien yang terhubung dengan data dari
        menu Riwayat Pelayanan.
      2. Riwayat Pasien
        Tombol ini digunakan untuk melihat riwayat pasien yang terhubung dengan data dari
        menu Riwayat Medis.
      3. Terima RM
        Tombol ini digunakan untuk update status bahwa berkas rekam medis pasien sudah diterima oleh poli. Data ini akan mengubah status yang ada di menu
        Monitoring Berkas, menjadi Terima jika sudah diterima.
      4. Rekening Pasien
        Tombol ini digunakan untuk melihat tagihan pasien yang terhubung dengan data dari
        menu Kasir Sental atau Kasir Tagihan.
      5. Surat Medis
        Tombol ini digunakan untuk membuat surat medis, jika Anda klik salah satunya maka Anda akan diarahkan ke menu pembuatan surat tersebut. Surat yang dapat dibuat terdiri dari,
        1. Bebas Narkoba
        2. Buta Warna
        3. Lembar Observasi
        4. Surat Sakit
        5. Surat Keterangan Sehat
        6. Surat Lahir.
      6. CPPT
        Tombol ini digunakan untuk mencetak Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi. Berikut bentuk cetakannya,
      7. Dokter
        Isi nama dokter yang melayani pada detail pasien (Data Dokter didapatkan dari dokter yang dipilih pada pendaftaran pasien).
      8. Kondisi Masuk
        Isi kolom Kondisi Masuk untuk mencatat kondisi masuk pasien.
      9. Kegiatan
        Isi Kegiatan yang akan diberikan kepada pasien,
      10. Kamar dan Bed
        Sesuaikan Kamar dan Bed pasien jika ada perubahan dari pilihan awal.
      11. CITO
        Pilih apakah pasien masuk ke dalam tindakan CITO "Ya" atau "Tidak".

    2. Tab menu ASKEP
      Tab ini digunakan untuk menginputkan detail pelayanan pasien seperti berikut,
      1. Menambahkan Tanda Vital dan Anamnesa, isikan seperti gambar dibawah.
      2. Menambahkan SOAPIER bisa dilakukan dengan melalui tombol Add, tombol SOAP Template atau juga tombol SOAP History sehingga Anda cukup melihat penggunaan History yang sudah pernah digunakan.
      3. Menambahkan ADIME jika pasien mendapatkan layanan asuhan keperawatan dengan klik tombol Add pada form ADIME.
      4. Menambahkan SBAR, pada field ini juga terdapat fitur yang dapat digunakan untuk mengisi data informasi terpadu seperti kondisi terkini pasien dengan mengisi SBAR. Pengisiannya sama seperti SOAP dengan tombol ADD, SBAR Template atau SBAR History.
      5. Menambahkan Diagnosa Keperawatan Anda bisa mengisi data tersebut pada Tab menu ASKEP dengan klik tombol Add.

        Selanjutnya Anda bisa menambahkan rencana keperawatan dengan klik tombol Rencana Keperawatan,

        Pada kolom isian ini, Anda bisa mengisi rencana keperawatan pasien sesuai kebutuhan Anda.

        Pada setiap tab ini, Anda dapat mengambil data diagnosa keperawatan (SDKI), luaran dan kriteria hasil (SLKI) dan intervensi keperawatan (SIKI)  dengan klik tombol "Ambil data",

        Kemudian sistem akan menampilkan form untuk melakukan pengisian data,
    3. Tab menu Pelayanan Medis
      Tab ini digunakan untuk menginputkan detail pelayanan pasien seperti berikut,
      1. SOAP, Anda dapat melakukan pengisian SOAP dengan cara klik tombol "Add" untuk menambahkan data, lalu klik tombol "Edit" untuk mengedit data SOAP yang sudah di inputkan dan klik tombol "Delete" untuk menghapus data SOAP yang sudah di inputkan.

        Pengisian SOAP juga bisa diisi melalui fitur SOAP History. Anda cukup melihat History yang sudah pernah digunakan.
      2. Anda dapat mengisikan data Diagnosa (ICD 10) pada tab menu Pelayanan Medis dengan klik tombol Add.

        Jika Anda input diagnosa yang sama lebih dari satu data, maka akan muncul notifikasi seperti berikut,
      3. Anda dapat mengisikan data Prosedur (ICD 9 ICM) pada tab menu Pelayanan Medis dengan klik tombol Add.
      4. Jika ada file tambahan, Anda dapat menambahan pada tab File kemudian klik tombol Add.
      5. Tab Gambar Anatomi, merupakan form yang dapat digunakan untuk menambahkan informasi tambahan terkait kondisi tubuh si pasien dalam bentuk gambar. Tab pengisian gambar anatomi akan muncul sesuai dengan setting yang dilakukan pada menu Pengaturan awal pelayanan, apakah tab tersebut akan muncul di “Tab Askep” atau “Pelayanan Medis” ataukah keduanya.

        Anda dapat menambahkan data Anatomi dengan klik tombol Add, setelah klik tombol Add maka akan muncul pop up untuk memilih Gambar Anatomi.

        Kemudian sistem akan menampilkan pilihan anatomi mana yang akan digunakan,

        Setelah Anda selesai memilih, sistem akan menampilkan form anatomi sesuai dengan pilihan dan Anda dapat memberikan informasi yang diperlukan pada gambar anatomi yang ada dengan tools pada form,

        Jika sudah selesai Anda dapat klik tombol “Save” dan sistem akan menampilkan pop up yang digunakan untuk mengatur nama berkas dan kualitas gambar saat disimpan.

        Kemudian klik “Save” kembali jika sudah sesuai. Setelah klik tombol “Save” sistem akan kembali menampilkan pop up yang digunakan untuk memberikan nama pada data yang akan disimpan pada data si pasien.

        Isikan nama hasil anatomi dan berikan keterangan anatomi, setelah itu klik tombol “Simpan”. Dan data sudah melekat pada detail pasien.

        Jika sudah disesuaikan Anda bisa klik tombol “Simpan”.
    4. Tab Billing
      Tab ini digunakan untuk melakukan pengisian data yang berkaitan dengan tindakan yang memiliki unsur biaya / tagihan pasien. Berikut detailnya.
      1. Isikan data tindakan yang diberikan kepada pasien pada tab menu Billing (Data Tindakan didapatkan dari Tindakan dan Tarif Layanan) dengan kategori Non- Operatif.  Selain itu pada saat pendaftaran di menu Pendaftaran Bedah apabila opsi COB dipilih Ya maka tarif tindakan akan mengikuti Data Tarif COB pada master Tindakan dan Tarif Layanan.
      2. Isikan Tindakan Operasi yang diberikan kepada pasien pada tab menu Billing (Data Tindakan didapatkan dari Tindakan dan Tarif Layanan dengan kategori Operatif.
      3. Isikan BHP jika ada inputan bahan habis pakai (Data mengambil stok dari depo pengambilan BHP yang ada di unit RI pada master Unit dan Tarif Masuk) dengan klik tombol Add,


        Apabila pasien merupakan pasien BPJS, kemudian fitur Sembunyikan Obat Non JKN statusnya aktif di Pengaturan Awal Farmasi. Maka untuk penginputan BHP akan terdapat opsi Add Obat Non JKN seperti berikut,


        Anda dapat memilih depo pengambilan BHP dengan klik Edit di kolom Lokasi Pengambilan BHP Anda juga bisa menggunakan template BHP yang tersedia. Template BHP didapatkan dari menu 
        Master Template BHP.
      4. Isikan data Resep jika ada peresepan dari dokter pada tab menu Billing (Data obat diambil dari data Master Obat dan Alkes yang memiliki stok dan sesuai dengan harga obat di Master Harga Jual sesuai unit dan pembayaran pasien) dengan klik tombol Add,

        Setelah klik tombol add, sistem akan memunculkan pop up untuk pengisian data obat racikan maupun non-racikan.


        Apabila pasien merupakan pasien BPJS, kemudian fitur Sembunyikan Obat Non JKN statusnya aktif di Pengaturan Awal Farmasi. Maka untuk penginputan resep akan terdapat opsi Tambah Obat/Alkes Non JKN seperti berikut,


        Pada bagian ini Anda juga bisa menentukan resep yang diberikan kepada klien termasuk resep ODD (One Day Dose) atau bukan dan Anda juga dapat menentukan obat yang diberikan kepada pasien termasuk obat kronis atau bukan dengan memilih "Ya" atau "Tidak" pada Tab "Dosis 1 Bulan Anda juga bisa menggunakan template resep yang tersedia.
      5. Isikan data order penunjang pada tab menu Billing jika pasien membutuhkan pemeriksaan penunjang medis pada tab Penunjang (Data penunjang didapat dari Penunjang dan Tarif Layanan) dengan klik tombol Add.

        Pada saat penambahan penunjang saat ini sudah ditambahkan informasi Dokter Perujuk, dimana defaultnya adalah Dokter DPJP.
      6. Tab Nilai Kritis adalah Tab yang digunakan untuk melihat hasil Pemeriksaan Laboratorium yang memiliki parameter Nilai Kritis pada master parameter nilainya. Setting Nilai Kritis Lab dapat ditentukan melalui menu Penunjang dan Tarif Layanan. Jika pemeriksaan lab memiliki Nilai Kritis, maka pada pelayanan VK akan muncul Tab Nilai Kritis dan akan berkedip-kedip merah.

        Anda dapat melihat nilai kritis dengan cara pilih data lab yang memiliki nilai kritis lalu klik tombol "Lihat",

        Setelah itu sistem akan menampilkan data nilai kritis pada pemeriksaan laborat yang sudah dilakukan.

        Pada fitur ini user hanya dapat melihat hasilnya saja dan tidak dapat melakukan proses edit. Jika pada parameter nilai lab tidak terdapat nilai kritis maka Tab Nilai Kritis berikut tidak akan muncul pada layanan VK.

  2. Memindahkan Kamar Pasien
    1. Memindahkan pasien menuju kamar lain, berikut langkahnya.
      1. Masuk ke tab menu "Selesai Pelayanan" kemudian pilih "Ya" pada bagian "Selesai?" lalu pilih "Jenis Keluar" > "Pindah Kamar".
      2. Pilih Kelas, Ruang, Kamar tujuan pasien (Daftar kamar yang tersedia mengambil dari menu Kamar dan Tarif Layanan).

        Pilihan tarif antara tarif lokasi kamar dan tarif hak kelas dapat ditampilkan atau tidak dengan melakukan setting pada
        Pengaturan Awal Pelayanan, kemudian masukan keyword pada kolom pencarian “Tampilkan Kelas Tarif dan Lokasi” lalu klik tombol edit lalu rubah statusnya menjadi aktif.

        Jika sudah aktif maka sistem akan menampilkan kolom tarif lokasi kamar dan tarif hak kelas,
      3. Kemudian lanjutkan dengan memilih Bed yang akan ditempati dengan klik tombol "Pilih Kamar".

      4. Setelah itu lanjutkan dengan klik tombol "Simpan".

        Setelah klik tombol "Simpan" maka indikator warna pada list pasien akan berubah menjadi biru (Pindah Kamar).
    2. Proses Mengembalikan Pasien, berikut langkah mudah untuk mengembalikan pasien,
      1. Masuk ke tab menu "Selesai Pelayanan" kemudian pilih "Ya" pada bagian "Selesai?" lalu pilih "Jenis Keluar" > "Kembali",
      2. Pastikan tanggal keluar kamar, waktu keluar kamar dan jumlah lama perawatan sudah sesuai. Jika tidak sesuai Anda dapat melakukan perubahan pada kolom tersebut.
      3. Jika sudah sesuai Anda bisa lanjutkan dengan klik tombol Simpan.


  3. Menjadwalkan Pasien Operasi
    Anda dapat menjadwalkan pasien yang akan melakukan tindakan operasi. Berikut langkah mudah untuk menjadwalkan operasi untuk pasien.
    1. Klik tombol Penjadwalan Operasi pada tab menu Pelayanan Medis.
    2. Setelah klik tombol tersebut Anda akan masuk ke new tab penjadwalan operasi, kemudian lanjutkan proses dengan klik tombol Tambah.
    3. Jika semua data sudah diisi, klik tombol Simpan untuk menyimpan pelayanan pasien Anda.


  4. Proses Memulangkan Pasien
    Berikut langkah mudah untuk memulangkan pasien,
    1. Masuk ke tab menu "Selesai Pelayanan" kemudian pilih "Ya" pada bagian "Selesai?" lalu pilih "Jenis Keluar" > "Pulang". Pastikan waktu masuk dan keluar kamar, serta jumlah lama perawatan sudah sesuai.

      Default lama perawatan secara sistem memiliki rumus : KRS - MRS + 1 hari (Silahkan edit lama perawatan jika lama perawatan tidak sesuai).
    2. Kemudian isikan Cara Keluar dan Kondisi Keluar pasien.
    3. Jika sudah selesai, klik tombol Simpan. Maka indikator warna pada list pasien akan berubah menjadi merah.

CATATAN:
  1. Pilihan "Kembali" pada Jenis keluar saat menyelesaikan pelayanan Pasien hanya bisa digunakan pada modul bedah (OK dan VK) atau pada pasien yang dipindahkan ke ruang yang dimana setting ruangannya adalah kamar sementara. Anda bisa cek setting tersebut pada Menu Ruangan Faskes.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.
    • Related Articles

    • Menu Laporan Layanan Kamar Bersalin

      Apply To : Trustmedis Suite Pada menu Laporan Layanan Kamar Bersalin ini, Anda dapat mencetak data pasien yang sudah dilayani pada kamar Bersalin. Dalam menu laporan ini Anda juga dapat mencetak laporan atau menyimpan laporan dalam bentuk excel. Anda ...
    • Menu Pembatalan Layanan Kamar Bersalin

      Apply To : Trustmedis Suite Menu Pembatalan Layanan Kamar Bersalin digunakan untuk melakukan proses pembatalan pada pasien yang berkunjung ke unit VK. Dalam hal ini user hanya bisa melakukan proses Batal Pulang dan Batal Pindah kamar saja. Berikut ...
    • Menu Layanan Kamar Operasi

      Apply To : Trustmedis Suite Setelah pasien Anda daftarkan di menu Pendaftaran Bedah, Anda bisa melanjutkan proses pelayanan pasien di menu Layanan Kamar Operasi ini. Berikut langkah mudah untuk melayani pasien Bedah pada modul OK. I. DETAIL PASIEN ...
    • Menu Laporan Layanan Kamar Operasi

      Apply To : Trustmedis Suite Pada menu Laporan Layanan Kamar Operasi ini, Anda dapat mencetak data pasien yang sudah dilayani pada kamar operasi. Dalam menu laporan ini Anda juga dapat mencetak laporan atau menyimpan laporan dalam bentuk excel. Anda ...
    • Menu Kamar dan Tarif Layanan

      Apply To : Trustmedis Suite Menu kamar dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif kamar untuk pelayanan Rawat Inap (RI). Pada sistem saat ini proses setting data tarif kamar disesuaikan berdasarkan unit/ruang dan kelas pelayanan. Sebelum ...