Menu Kasir Sentral

Menu Kasir Sentral

Apply To : All Products

Menu Kasir Sentral digunakan untuk proses pembayaran tagihan pasien yang tidak dicover oleh penjamin atau tipe pembayaran mandiri oleh pasien, khususnya untuk pasien UMUM. Terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan pada menu Kasir Tagihan, diantaranya adalah sebagai berikut,
  1. Pembayaran Pelunasan Tagihan Pasien
    1. Silahkan masuk ke menu Kasir > Kasir > Kasir Sentral.
    2. Saat pertama kali masuk ke menu Kasir Sentral maka Anda harus memilih opsi Kasir yang akan digunakan pada dropdown berikut.

      Data kasir akan mengambil dari menu Master Kasir.
    3. Gunakan Filter untuk mencari data pasien dengan klik tombol filter.

      Filter yang tersedia adalah sebagai berikut:

      Keterangan:
      1. Data Pasien
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan Nama Pasien, Nomor Rekam Medis dan Nomor Pendaftaran.
      2. Unit
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan unit pasien didaftarkan. Cukup klik dropdown maka akan muncul pilihan unit yang aktif.
      3. Dipulangkan
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan status pasien apakah sudah dipulangkan atau belum.
      4. Status
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan status pembayaran pasien, apakah sudah lunas, belum lunas atau belum dilakukan transaksi.
      5. Periode MRS
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan tanggal pasien didaftarkan.
      6. Periode KRS
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan tanggal pasien dipulangkan.
    4. Jika filter sudah diterapkan, klik tombol Cari Data, maka akan muncul daftar pasien sesuai filter yang Anda gunakan.
    5. Pilih data pasien, kemudian klik 2x data pasien atau klik tombol Detail untuk melihat data detail tagihan pasien. Selanjutnya akan muncul tampilan detail tagihan pasien sebagai berikut,

      Pada detail tagihan pasien di kasir sentral Anda dapat melakukan perubahan lama perawatan pasien dengan cara klik 2x pada detail tagihan kamar pasien sebagai berikut,

      Setelah mengisi data lama perawatan klik tombol update dan isikan username dan password user yang Anda gunakan untuk melakukan proses otorisasi perubahan yang Anda lakukan.
    6. Selanjutnya checklist pada bagian tagihan yang akan Anda bayarkan. Kemudian pada bagian cara bayar Anda dapat memilih opsi cara pembayaran yang akan Anda gunakan.

      Khusus untuk cara bayar transfer maka Anda harus memilih data Bank Faskes dan Nomor Rekening Faskes. Untuk data rekening faskes akan mengambil data dari
      Menu Rekening Bank.

      Lalu pada bagian selesai pilih "Ya" untuk menutup bill pelayanan atau pilih "Tidak" jika pasien masih memiliki rangkaian pemeriksaan yang lain, Jika sudah, maka klik tombol Simpan & Cetak Kwitansi.

      Jika Anda memilih opsi “Ya” dan pada menu Master Rekanan sudah diatur untuk tarif materai maka akan muncul kolom materai pada bagian berikut:

      Dan biaya materai akan otomatis di kalkulasikan pada total biaya yang harus dibayarkan oleh pasien. 
      Selain langsung cetak Kwitansi, Anda juga dapat melakukan Cetak Rekening Pasien dengan beberapa opsi model cetakan seperti berikut,

      Untuk opsi Cetakan Rekening Pasien Detail, sebelumnya harus dilakukan pengaturan status aktif atau nonaktifnya pada menu
      Pengaturan Awal Pelayanan dan pengaturan tampilan cetakannya di menu Master Jenis Cetakan Keuangan dan Setting Cetakan Keuangan.
    7. Anda dapat melihat apakah proses pembayaran Anda sudah berhasil atau belum, silahkan dapat dicek melalui menu List Pembayaran Kasir Sentral.

      Dan pada Laporan Penerimaan Kasir data laporannya akan menjadi sebagai berikut.
    8. Jika status transaksi sudah Lunas maka warna tagihan pasien akan berubah menjadi Hijau dan detail tagihan juga akan berubah menjadi Merah sebagai berikut,

      Dan detail pada kasir akan berwarna merah,

      Jika pada saat proses pelunasan Anda hanya akan melunasi sebagian tagihan saja, maka Anda dapat checklist sebagian detail tagihan terlebih dahulu. Kemudian checklist ulang sisa tagihan saat tagihan pasien akan dilunasi.

  2. Fitur Biaya Non Layanan
    Fitur biaya non layanan digunakan untuk menambahkan, merubah dan menghapus data biaya tambahan yang bersifat non layanan.
    Contoh:
    Biaya Surat Sakit, Biaya Cetak Kartu dll. Untuk menggunakan fitur Biaya Non Layanan, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut,
    1. Silahkan masuk ke menu Kasir > Kasir Sentral
    2. Klik 2x pada tagihan pasien, kemudian klik tombol Biaya Non Layanan > Klik Tambah.
    3. Selanjutnya akan muncul form Biaya Non Layanan klik tombol Add. Pilih data Biaya Non Layanan yang akan ditambahkan dari dropdown yang tersedia. Daftar data Biaya Non Layanan berikut akan mengambil data dari menu Biaya Lain-Lain.

      Jika sudah memilih data maka klik tombol simpan, dan data Biaya Non Layanan akan otomatis muncul pada tagihan pasien.
    4. Anda dapat merubah data Biaya Non Layanan dengan klik tombol Biaya Non Layanan > Edit kemudian akan muncul form Biaya Non Layanan untuk Anda ubah.
    5. Sedangkan untuk menghapus Biaya Kartu klik Biaya Non Layanan kemudian klik opsi Hapus Kartu.
    6. Hapus Surat Medis klik Biaya Non Layanan kemudian klik opsi Surat Medis, kemudian akan muncul form Data Surat Medis berikut lalu klik tombol Delete.


  3. Fitur Diskon
    Fitur diskon pada kasir digunakan untuk memberikan diskon pada tagihan pasien, terdapat 2 jenis diskon yang dapat Anda gunakan, yaitu diskon global dan diskon per item.
    1. Diskon Global
      Diskon global adalah diskon yang akan memotong dari keseluruhan total tagihan pasien. Untuk menambahkan diskon global, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut,
      1. Checklist seluruh tagihan pasien, klik tombol Enable Diskon
      2. Masukkan username dan password untuk memberikan diskon.
      3. Klik pada kolom Diskon Tagihan dan akan muncul form Diskon Global.
      4. Isikan nominal diskon pada kolom Diskon (%) atau Diskon (Rp) dan isikan alasan pemberian diskon, kemudian klik simpan. Jika diskon sudah berhasil tersimpan, maka nominal diskon akan muncul pada kolom Diskon Tagihan.
    2. Diskon Per Item
      Diskon per item adalah diskon yang dapat digunakan untuk memberikan diskon khusus untuk item Tindakan dan Penunjang Medis saja. Untuk menambahkan diskon per item, Anda dapat mengikuti langkah berikut,
      1. Pilih data tindakan atau penunjang medis yang akan didiskon. Kemudian klik tombol diskon,
      2. Masukkan username dan password untuk otorisasi pemberian diskon.
      3. Pada form Diskon Komponen Tindakan, isikan nominal diskon yang diberikan pada kolom Diskon (%) atau Potongan dan isikan alasan pemberian diskon. Selanjutnya klik simpan.
      4. Untuk data diskon per item jika sudah berhasil ditambahkan maka nominal diskon akan muncul pada kolom diskon berikut,
    3. Menghapus Diskon
      Anda dapat menghapus diskon, baik diskon global ataupun diskon tagihan untuk caranya sama dengan pada saat memberikan diskon, namun untuk nominal diskonnya diisikan sejumlah 0.
      1. Untuk diskon global checklist semua tagihan, klik field Diskon Tagihan kemudian akan muncul form Diskon Tagihan. Selanjutnya pada kolom nominal diskon silahkan diisi 0 lalu klik simpan.
      2. Jika Anda menchecklist kembali seluruh tagihan dan nominal pada kolom Diskon Tagihan sudah 0, maka diskon global Anda sudah berhasil terhapus.
      3. Untuk Diskon Per Item checklist data tindakan kemudian klik tombol diskon. Setelah muncul form Diskon Tindakan, isikan nominal diskon sejumlah 0 pada kolom Diskon (%) dan Potongan lalu klik simpan.
      4. Jika nominal diskon pada tindakan sudah 0 maka diskon per item sudah berhasil terhapus.


  4. Fitur Deposit
    Fitur deposit digunakan untuk menambahkan data deposit pasien. Untuk menambahkan data deposit, Anda dapat mengikuti langkah - langkah berikut,
    1. Klik tombol Deposit pada detail tagihan pasien dan selanjutnya akan muncul form deposit, kemudian pada bagian Nominal silahkan diisikan nominal deposit yang akan diinputkan pada sistem.
      Jika Anda menggunakan cara bayar transfer saat proses pembayaran deposit, maka Anda harus mengisi detail informasi seperti Tanggal Transfer (akan otomatis terisi tanggal dan jam hari ini) beserta Bank milik faskes seperti berikut,

      Jika sudah diinputkan, maka klik tombol Simpan dan Cetak Kwitansi dan nilai deposit pasien akan otomatis tersimpan pada sistem. Untuk melakukan pengecekan apakah nilai deposit sudah tercatat atau belum, Anda dapat masuk ke
      menu List Pembayaran Kasir Sentral.
    2. Kemudian untuk membatalkan nilai deposit dapat dilaku kan dengan cara klik tombol depositnya kembali, kemudian klik tombol Delete berikut.
      Nilai deposit pasien juga akan otomatis muncul pada bagian deposit berikut.

  5. Fitur Refund
    Fitur refund digunakan untuk mengembalikan kelebihan pembayaran deposit yang lebih besar dari total tagihan pasien. Untuk menambahkan data refund deposit, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut,
    1. Klik tombol Refund pada detail tagihan kemudian akan muncul form refund sebagai berikut,

      Untuk bagian Bayar Refund ini akan otomatis terisi dari hasil kalkulasi sistem, sehingga Anda tidak perlu mengisikan kembali.
    2. Selanjutnya klik tombol Simpan dan Cetak Kwitansi dan nominal refund deposit akan otomatis tersimpan pada sistem.
    3. Untuk melakukan pengecekan apakah nilai refund sudah tercatat atau belum, Anda dapat masuk ke menu List Pembayaran Kasir Sentral.

      Nilai refund juga akan otomatis muncul pada detail tagihan pasien sebagai berikut,


  6. Fitur Voucher
    Fitur voucher digunakan untuk memberikan diskon berupa voucher, data voucher berikut diambil dari
    menu Master Voucher. Untuk menambahkan voucher, Anda dapat mengikuti langkah - langkah berikut:
    1. Checklist data yang akan diberikan diskon voucher. Anda dapat memilih salah satu data tagihan atau semua tagihan. Selanjutnya klik tombol Voucher dan akan muncul form voucher sebagai berikut,
    2. Pilih data voucher yang akan digunakan dari dropdown yang tersedia, setelah Anda pilih maka nominal nilai voucher akan otomatis muncul.
    3. Klik tombol Save Voucher untuk menyimpan data voucher yang ditambahkan.
    4. Untuk menghapus data voucher, Anda dapat buka kembali form voucher kemudian klik tombol Batalkan Voucher.

  7. Fitur Hutang
    Fitur hutang digunakan untuk mencatat hutang tagihan pasien. Untuk memasukkan tagihan pasien sebagai hutang Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut,
    1. Jika Anda hanya akan memasukkan sebagian tagihan pasien sebagai hutang, maka mohon melunaskan terlebih dahulu tagihan pasien yang tidak termasuk ke dalam hutang.
    2. Checklist tagihan yang akan dimasukkan ke dalam hutang, lalu klik tombol hutang dan akan muncul pop-up konfirmasi sebagai berikut,
    3. Jika sudah dihutangkan maka akan muncul informasi bahwa tagihan hutang pasien akan masuk ke menu Pelunasan Piutang Pasien dan proses pelunasan hutang dapat dilakukan menu tersebut.


  8. Fitur Update Penjamin
    Fitur update penjamin digunakan untuk merubah penjamin pasien. Misalkan terdapat data pasien dengan penjamin awal UMUM kemudian diubah menjadi penjamin ASURANSI, maka dapat dilakukan melalui fitur berikut. Untuk melakukan update penjamin Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut,
    1. Masuk ke menu Kasir > Kasir Sentral.
    2. Pilih data pasien yang akan diubah data penjaminnya, kemudian klik tombol Update Penjamin.
    3. Selanjutnya akan muncul form penjamin pasien, isikan penjamin baru dan perusahaan penanggung serta nomor asuransi baru milik pasien, kemudian klik simpan. Untuk data perusahaan penanggung, akan mengambil data dari menu Master Rekanan.

      Jika Anda melakukan update penjamin dari pasien dengan penjamin ke pasien UMUM, maka tagihan pasien akan otomatis berpindah ke
      Kasir Tagihan.

  9. Fitur Split/Merge
    Fitur split/merge digunakan untuk menggabungkan dan memisahkan tagihan pasien. Untuk tagihan yang dapat digabungkan adalah tagihan khusus RJ, IGD, RI dan LAB saja. Untuk menggabungkan atau memisahkan tagihan pasien, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut,
    1. Masuk ke menu Kasir > Kasir Sentral.
    2. Pilih data pasien kemudian klik tombol split/merge
    3. Inputkan username dan password untuk otorisasi user, kemudian akan muncul form split/merge sebagai berikut,

      Terdapat 3 jenis tagihan yang dapat Anda gabungkan yaitu tagihan pelayanan medis (RJ, RI, IGD), penunjang dan farmasi. Kemudian tersedia juga fitur opsi ODC (One Day Care) yang berfungsi untuk menggabungkan tagihan jika pelayanan pasien termasuk pelayanan ODC.
    4. Untuk menggabungkan tagihan pasien, silahkan dipilih data tagihan yang akan digabungkan kemudian klik 2x pada kolom No. Pendaftaran Asal. Selanjutnya pilih nomor pendaftaran mana yang akan dijadikan unit asal tagihan pasien,

      Sebagai contoh adalah tagihan Apotek berikut akan digabungkan dengan tagihan RJ, maka dari itu pada kolom nomor pendaftaran asal harus diisikan dengan nomor pendaftaran RJ nya. Jika sudah dipilih maka selanjutnya klik simpan dan tagihan Apotek tersebut akan otomatis muncul pada tagihan nomor pendaftaran RJ tersebut.
    5. Sedangkan untuk memisahkan tagihan pasien dapat dilakukan dengan cara klik icon “x” pada kolom Kosongkan. Selanjutnya klik tombol simpan dan data tagihan yang awalnya tergabung akan otomatis menjadi terpisah.


  10. Fitur Consent to Payment
    Fitur Consent to Payment digunakan untuk mencetak surat persetujuan pembayaran oleh pasien atau wali pasien. Untuk mencetak Consent to Payment,, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut:
    1. Masuk ke menu Kasir > Kasir Sentral
    2. Pilih data pasien kemudian klik tombol Consent to Payment
    3. Selanjutnya akan muncul cetakan dan Anda bisa mencetak surat tersebut untuk ditanda tangani oleh pasien atau wali pasien.

CATATAN:
Memberikan otorisasi pada user agar bisa memberikan diskon dan melakukan split/merge, Anda dapat setting melalui menu Akun Operator dan klik aktif pada opsi Otorisasi Layanan.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.

    • Related Articles

    • Menu List Pembayaran Kasir Sentral

      Pada menu ini Anda dapat melakukan proses pembatalan pembayaran yang sudah pernah dilakukan serta mencetak ulang kuitansi pasien. Berikut langkah mudah untuk menjalankan beberapa fitur pada menu list pembayaran kasir sentral. Anda dapat mengakses ...
    • Menu Master Kasir

      Apply to: All Products Menu Master Kasir merupakan menu yang digunakan untuk menambahkan opsi data kasir yang nantinya akan muncul di menu Kasir Sentral dan menu Kasir Tagihan, seperti pada gambar berikut, Anda dapat menambahkan data master kasir ...
    • Menu Kasir Tagihan

      Apply To : All Products Menu Kasir Tagihan digunakan untuk proses pembayaran tagihan pasien yang dicover oleh BPJS, ASURANSI atau PERUSAHAAN. Terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan pada menu Kasir Tagihan, diantaranya adalah sebagai berikut, ...
    • Menu Laporan Penerimaan Kasir

      Apply To : All Products Menu laporan penerimaan kasir digunakan untuk melakukan proses penarikan data nominal yang diterima oleh bagian kasir baik dari Kasir Sentral (Cash/Tunai) atau dari Kasir Tagihan. Pada laporan penerimaan kasir, proses ...
    • Menu Setting EDC

      Apply To : All Products Menu Setting EDC digunakan untuk menambahkan data EDC pada sistem. Data EDC berikut nantinya akan digunakan untuk opsi pembayaran DEBIT/KREDIT pada menu Kasir Sentral dan Kasir Tagihan. Untuk menambahkan data EDC, Anda dapat ...