Menu Pengaturan Awal Pelayanan

Menu Pengaturan Awal Pelayanan

Apply to: All Products

Menu Pengaturan Awal Pelayanan ini digunakan untuk melakukan pengaturan yang dibutuhkan saat melakukan proses pelayanan baik dalam penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan, menentukan data pelayanan, dan lain sebagainya. Langkah mudahnya adalah pertama, Anda dapat masuk ke modul Setting > Layanan dan Tarif > Pengaturan Awal Pelayanan.
Kemudian tampilan informasi terdata akan menunjukkan beberapa daftar pengaturan yang telah tersedia seperti gambar berikut:
Keterangan Beberapa Jenis Pengaturan,
  1. Akses Askep dan Pelayanan Medis
    Pengaturan ini digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan akses layanan Askep dan Pelayanan Medis pada menu pelayanan seperti Rawat Darurat, Rawat Jalan, Rawat Inap, dan layanan Bedah.

    Apabila Akses Askep dipilih opsi Aktif maka akses fitur Askep pada menu pelayanan hanya dapat diakses oleh beberapa pegawai dengan profesi yang terpilih pada field Profesi. Begitupun hal tersebut berlaku untuk opsi Akses Pelayanan Medis. Berikut fitur askep dan pelayanan medis pada menu pelayanan dari pengaturan ini,
  2. Akses BHP Pelayanan
    Pengaturan ini digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur BHP pada pelayanan yang hanya berlaku pada pelayanan kecantikan.
  3. COB
    Pengaturan ini digunakan untuk mengaktifkan fitur admisi bisa dimana pasien dapat mendaftar menggunakan lebih dari satu penjamin (namun untuk saat ini fitur COB belum dikembangkan dan belum dapat digunakan).
  4. Departemen
    Pengaturan ini digunakan untuk mengaktifkan opsi atau field departemen pada menu admisi dan filter laporan sehingga apabila terdapat pasien dengan jenis perusahaan maka detail informasi departemen dapat diisikan. Berikut tampilan pada pendaftaran apabila opsi pengaturan Departemen ini diaktifkan:
  5. History Rekam Medis Pasien (Migrasi Data)
    Pengaturan ini digunakan untuk mengaktifkan pengaturan fitur riwayat pelayanan lama yang didapatkan dari data migrasi.

    Berikut tampilan fitur Riwayat Pelayanan Lama pada sub menu Rekam Medis di menu pelayanan pasien, apabila fitur History Rekam Medis Pasien (Migrasi Data) diaktifkan,
  6. Komponen Tindakan dan Penunjang
    Pengaturan ini digunakan untuk memilih opsi isian pada master tindakan dan tarif antara Default (Jasa Sarana) dan Detail 4 Komponen (Jasa Sarana, Jasa Medik, BHP, dan Cost).

    Berikut tampilan pada
    menu Tindakan dan Tarif Layanan apabila opsi pengaturan dipilih Default,

    Sementara apabila pengaturan dipilih opsi Detail 4 Komponen, maka akan seperti berikut:
  7. NIP
    Pengaturan ini digunakan untuk memunculkan field filter NIP pada Laporan Pendapatan baik laporan Rawat Jalan, Rawat Inap, Rawat Darurat, dan lain sebagainya.

    Berikut tampilan Laporan Pendapat pada modul Dashboard setelah opsi NIP diaktifkan,
  8. Pemulangan Otomatis Pasien
    Pengaturan ini digunakan untuk mengaktifkan fitur ubah otomatis status pasien menjadi dipulangkan sesuai dengan isian waktu pada field Waktu Pelayanan. Sehingga apabila pasien sudah berhasil melewati waktu pelayanan yang ditentukan maka statusnya akan berubah menjadi dipulangkan.
  9. Pemulangan Otomatis Pasien Penunjang
    Pengaturan ini digunakan untuk mengaktifkan fitur ubah otomatis status pasien laboratorium, radiologi, dan lain sebagainya menjadi dipulangkan sesuai dengan isian waktu pada field Waktu Pelayanan.
  10. Pengambilan Nilai Remunerasi
    Pengaturan ini digunakan untuk mengatur opsi pengambilan nilai fee remunerasi dokter. Opsi pertama yaitu Setting Fee Remunerasi, apabila opsi ini diaktifkan maka nilai remunerasi akan diambil berdasarkan pengaturan pada
    menu Setting Fee Dokter. Sementara opsi kedua yaitu Komponen Tindakan, jika opsi ini dipilih maka nilai remunerasi akan diambil berdasarkan Jasa Medik pada tindakan yang telah diatur di menu Tindakan dan Tarif Layanan.



    Berikut
    menu Setting Fee Dokter yang akan menjadi referensi pengambilan nilai remunerasi apabila opsi yang dipilih adalah Setting Fee Remunerasi:

    Sedangkan apabila opsi yang dipilih adalah Komponen Tindakan, maka pengambilan nilai remunerasi berasal dari Jasa Medik di
    menu Tindakan dan Tarif Layanan berikut:
  11. Tampilkan Kelas Tarif dan Kelas Lokasi Rawat Inap
    Pengaturan ini digunakan untuk mengaktifkan fitur kelas tarif yang akan muncul pada Rawat Inap dan juga OK atau Kamar Operasi. Fitur kelas tarif digunakan untuk memberikan pilihan tarif sesuai kelasnya kepada pasien sehingga tarif kamar, tindakan, obat, dan BHP yang ditagihkan akan mengikuti tarif ini.

    Berikut tampilan pada layanan Rawat Inap dan Kamar Operasi apabila pengaturan kelas tarif diaktifkan:
  12. Pembatalan Order Penunjang oleh Unit
    Pengaturan ini digunakan untuk melakukan setting proses pembatalan order penunjang oleh semua unit pelayanan. Jika setting berikut dipilih opsi aktif, maka user dari semua unit pelayanan tidak bisa membatalkan order penunjang yang sudah dibuat.
  13. Antrian Pelayanan Penunjang Medis
    Pengaturan ini digunakan untuk melakukan setting terkait nomor antrian penunjang medis. Untuk default setting adalah “Tidak Aktif”. Jika setting diaktifkan maka pasien akan mendapatkan nomor antrian setelah pasien selesai Didaftarkan,
  14. Pelaksana Tindakan Selain DPJP
    Pengaturan ini digunakan untuk melakukan setting terkait penginputan nama dokter lain selain dokter DPJP di kolom pelaksana. Pengaturan ini digunakan digunakan agar dokter selain dokter DPJP melakukan pelayanan pada pasien atas sepengetahuan dokter DPJP. Pengaturan berfungsi pada pelayanan Rawat Jalan dan Rawat Darurat. Anda dapat mengaktifkan pengaturan ini dengan memilih aktif pada pelayanan yang diinginkan.

    Jika sudah diaktifkan maka pengaturan ini akan berpengaruh di pelayanan rawat jalan maupun rawat darurat pada tab menu "Billing" > tab "Tindakan" > kolom "Pelaksana".
  15. Informasi Wali Pasien di Admisi
    Pengaturan ini digunakan untuk melakukan setting terkait informasi wali pasien pada modul Admisi. Jika pengaturan ini diaktifkan, maka daftar wali pasien akan muncul pada form pendaftaran pasien. Daftar wali pasien yang tampil didapatkan dari
    menu master Data Pasien pada tab Wali Pasien, dan yang statusnya Aktif.

    Jika sudah diaktifkan maka pengaturan ini akan berpengaruh di pendaftaran Rawat Jalan, Rawat Darurat, Rawat Inap, Bedah dan MCU.
  16. Format Nomor Antrian Poli
    Pengaturan format nomor antrian poli digunakan untuk melakukan setting nomor antrian poli pada modul Antrian. Pengaturan format nomor antrian untuk saat ini hanya berlaku pada pasien BPJS karena akan terhubung dengan nomor antrian di JKN Mobile dengan pendaftaran pasien melalui e-Kios, Booking Online, dan juga pasien BPJS yang dipulangkan secara kontrol ulang.

    Terdapat dua pilihan format yang tersedia yaitu berupa Angka atau Angka & Kode. Jika Anda pilih Angka, maka nomor antrian poli hanya berupa angka saja, jika Anda pilih Angka & Kode maka nomor antrian poli berupa rangkaian kode dan angka.
    Berikut contoh perbedaan tampilan cetakan untuk format Angka,

    Sementara untuk tampilan cetakan format Angka & Kode seperti berikut,

    Sehingga pada pelayanannya untuk tampilan nomor antrian juga menyesuaikan format penomoran antrian seperti pada gambar berikut,

    Format penulisan Angka & Kode adalah sebagai berikut :
    [Kode Antrian Unit][Kode Antrian Pegawai][Kode Jam Praktek]-[Nomor Antrian Pasien]
    Contoh format nomor antrian Angka dan Kode : OBNH1-10
    Keterangan:
    1. Kode antrian unit didapat dari menu Unit dan Tarif Masuk
    2. Kode antrian unit didapat dari menu Data Pegawai.
    3. Kode jam praktek didapat dari jam praktek dokter yang bersangkutan, misalnya akan didapatkan angka 1 untuk jam praktek pagi, angka 2 untuk jam praktek sore.
    4. Nomor antrian pasien berdasarkan nomor urut pendaftaran pasien.
  17. Isian Pelayanan Askep
    Setting ini digunakan untuk mengatur template isian pada pelayanan Askep. Terdapat pilihan yang tersedia seperti gambar dibawah,

    Ketika Anda memilih Default, maka tampilan Askep pada pelayanan akan seperti berikut,

    Ketika Anda memilih Master EMR, maka tampilan Askep pada pelayanan akan menyesuaikan dengan data pada
    menu Setting Formulir Rekam Medis.
  18. Kasir Memulangkan Pasien
    Setting ini digunakan untuk mengatur apakah user kasir bisa memulangkan pasien melalui menu kasir atau tidak.

    Jika Anda memilih Ya, maka ketika pasien belum dipulangkan, akan muncul pop-up konfirmasi memulangkan pasien.

    Jika Anda memilih Tidak, maka pop-up konfirmasi tidak akan dimunculkan


Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.
    • Related Articles

    • Menu Pengaturan Awal

      Apply To : All Products Menu Pengaturan Awal ini digunakan untuk melakukan pengaturan yang dibutuhkan saat melakukan proses penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan, menentukan data pelayanan serta menentukan periode pembukuan. Anda dapat ...
    • Menu Pengaturan Awal

      Apply To : Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu pengaturan awal pada modul BPJS adalah fitur penting yang dapat membantu Anda mengatur beberapa fungsi integrasi dengan BPJS secara tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang ...
    • Menu Pengaturan Awal Farmasi

      Apply To : All Products Menu Pengaturan Awal Farmasi ini digunakan untuk melakukan pengaturan awal yang akan dibutuhkan pada saat pelayanan di unit farmasi. baik dalam penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan dan lain sebagainya. Anda dapat ...
    • Menu Pengaturan Awal Qontak

      Apply to: All Products Menu Pengaturan Awal Qontak adalah menu yang digunakan untuk melakukan setting awal terkait integrasi dengan Qontak. Untuk melakukan setting awal integrasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: Klik tombol Integrasi ...
    • Menu Pengaturan Awal Penggajian

      Apply To : All Product Menu Pengaturan Awal pada penggajian digunakan untuk mengatur beberapa kondisi yang nantinya akan berpengaruh ke modul Penggajian. Untuk mengakses menu Pengaturan Awal berikut ini langkahnya : Masuk ke menu Setting > Penggajian ...