Menu Pengaturan Awal Pelayanan

Menu Pengaturan Awal Pelayanan

Apply to: All Products


Menu Pengaturan Awal Pelayanan ini digunakan untuk melakukan pengaturan yang dibutuhkan saat melakukan proses pelayanan baik dalam penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan, menentukan data pelayanan, dan lain sebagainya. Langkah mudahnya adalah sebagai berikut :


Pertama, Anda dapat masuk ke modul Setting > Layanan dan Tarif > Pengaturan Awal Pelayanan

Kemudian tampilan informasi terdata akan menunjukkan beberapa daftar pengaturan yang telah tersedia seperti gambar berikut:

Keterangan masing - masing jenis pengaturan:

  1. Akses Askep dan Pelayanan Medis: untuk mengaktifkan dan menonaktifkan akses layanan Askep dan Pelayanan Medis pada menu pelayanan baik Rawat Jalan, Rawat Inap, dll. Apabila Akses Askep dipilih opsi Aktif maka akses fitur Askep pada menu pelayanan hanya dapat diakses oleh beberapa pegawai dengan profesi yang terpilih pada field Profesi. Begitupun hal tersebut berlaku untuk opsi Akses Pelayanan Medis. Berikut fitur askep dan pelayanan medis pada menu pelayanan yang akan berpengaruh dari pengaturan ini:

  1. Akses BHP Pelayanan: untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur BHP pada pelayanan yang hanya berlaku pada pelayanan kecantikan.

  1. COB: untuk mengaktifkan fitur admisi bisa dimana pasien dapat mendaftar menggunakan lebih dari satu penjamin (namun untuk saat ini fitur COB belum dikembangkan dan belum dapat digunakan)

  1. Departemen: untuk mengaktifkan opsi atau field departemen pada menu admisi dan filter laporan sehingga apabila terdapat pasien dengan jenis perusahaan maka detail informasi departemen dapat diisikan. Berikut tampilan pada pendaftaran apabila opsi pengaturan Departemen ini diaktifkan :

  1. History Rekam Medis Pasien (Migrasi Data): untuk mengaktifkan pengaturan fitur riwayat pelayanan lama yang didapatkan dari data migrasi. Berikut tampilan fitur Riwayat Pelayanan Lama pada sub menu Rekam Medis di menu pelayanan pasien, apabila fitur History Rekam Medis Pasien (Migrasi Data) diaktifkan:


  1. Komponen Tindakan dan Penunjang: untuk memilih opsi isian pada master tindakan dan tarif antara Default (Jasa Sarana) dan Detail 4 Komponen (Jasa Sarana, Jasa Medik, BHP, dan Cost). Berikut tampilan pada menu Tindakan dan Tarif Layanan apabila opsi pengaturan dipilih Default : Sementara apabila pengaturan dipilih opsi Detail 4 Komponen, maka akan seperti berikut:

  1. NIP: untuk memunculkan field filter NIP pada Laporan Pendapatan baik laporan Rawat Jalan, Rawat Inap, Rawat Darurat, dan lain sebagainya. Berikut tampilan Laporan Pendapat pada modul Dashboard setelah opsi NIP diaktifkan:

  1. Pemulangan Otomatis Pasien: untuk mengaktifkan fitur ubah otomatis status pasien menjadi dipulangkan sesuai dengan isian waktu pada field Waktu Pelayanan. Sehingga apabila pasien sudah berhasil melewati waktu pelayanan yang ditentukan maka statusnya akan berubah menjadi dipulangkan.

  1. Pemulangan Otomatis Pasien Penunjang:  untuk mengaktifkan fitur ubah otomatis status pasien laboratorium, radiologi, dan lain sebagainya menjadi dipulangkan sesuai dengan isian waktu pada field Waktu Pelayanan.

  1. Pengambilan Nilai Remunerasi: untuk mengatur opsi pengambilan nilai fee remunerasi dokter. Opsi pertama yaitu Setting Fee Remunerasi, apabila opsi ini diaktifkan maka nilai remunerasi akan diambil berdasarkan pengaturan pada menu Setting Fee Dokter. Sementara opsi kedua yaitu Komponen Tindakan, jika opsi ini dipilih maka nilai remunerasi akan diambil berdasarkan Jasa Medik pada tindakan yang telah diatur di menu Tindakan dan Tarif Layanan. Berikut menu Setting Fee Dokter yang akan menjadi referensi pengambilan nilai remunerasi apabila opsi yang dipilih adalah Setting Fee Remunerasi: Sedangkan apabila opsi yang dipilih adalah Komponen Tindakan, maka pengambilan nilai remunerasi berasal dari Jasa Medik di menu Tindakan dan Tarif Layanan berikut:

  1. Tampilkan Kelas Tarif dan Kelas Lokasi Rawat Inap: untuk mengaktifkan fitur kelas tarif yang akan muncul pada Rawat Inap dan juga OK atau Kamar Operasi. Fitur kelas tarif digunakan untuk memberikan pilihan tarif sesuai kelasnya kepada pasien sehingga tarif kamar, tindakan, obat, dan BHP yang ditagihkan akan mengikuti tarif ini. Berikut tampilan pada layanan Rawat Inap dan Kamar Operasi apabila pengaturan kelas tarif diaktifkan:


Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA



    • Related Articles

    • Menu Pengaturan Awal

      Apply To : All Products       Menu Pengaturan Awal ini digunakan untuk melakukan pengaturan yang dibutuhkan saat melakukan proses penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan, menentukan data pelayanan serta menentukan periode pembukuan. Langkah ...
    • Menu Pengaturan Awal Penggajian

      Apply To : All Product Menu Pengaturan Awal pada penggajian digunakan untuk mengatur beberapa kondisi yang nantinya akan berpengaruh ke modul Penggajian. Untuk mengakses menu Pengaturan Awal berikut ini langkahnya : Masuk ke menu Setting > Penggajian ...
    • Menu Pengaturan Awal Prodia

      Apply To : Trustmedis Lab, Trustmedis Suite Menu pengaturan awal rujukan prodia adalah menu yang digunakan untuk melakukan setting awal terkait rujukan laboratorium yang terintegrasi dengan Laboratorium Prodia. Untuk melakukan setting awal integrasi, ...
    • Menu Pengaturan Remunerasi

      Apply To : Trustmedis Beauty, Trustmedis Lab, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu pengaturan remunerasi digunakan untuk melakukan proses setting terkait perhitungan tanggal cut-off, PPH21 dan fee dokter yang nantinya akan digunakan pada Menu ...
    • Menu Pengaturan THR

      Apply To : All Product Menu Pengaturan THR digunakan untuk mengatur perhitungan THR karyawan di Faskes Anda. Berikut ini langkah untuk membuat pengaturan THR karyawan : Masuk ke menu Setting > Penggajian > Pengaturan THR Klik tombol Tambah  Isikan ...