Menu Unit dan Tarif Masuk

Menu Unit dan Tarif Masuk

Apply To : All Products

Menu unit dan tarif masuk digunakan untuk membuat data sebuah unit/poli baru pada sistem. Pada menu unit dan tarif, Anda juga dapat menentukan setting tarif administrasi, mengatur depo pengambilan BHP untuk unit pelayanan dan mengatur kondisi aktif/non aktif unit/poli pada beberapa modul.
Untuk menambahkan data unit dan tarif masuk, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut:
  1. Masuk ke modul Setting > Layanan dan Tarif > Unit dan Tarif Masuk > Klik Tombol Tambah.
  2. Isikan data sesuai dengan field yang sudah disediakan.

    Keterangan masing - masing field:
    1. Kode Unit : Isikan kode unit/poli yang akan ditambahkan. Contoh : APT untuk unit Apotek.
    2. Kode Antrian : Isikan kode antrian yang akan ditambahkan. Kode antrian berikut nantinya akan digunakan sebagai kode antrian pasien yang digunakan pada proses pendaftaran pasien di pelayanan rawat jalan.
    3. Parent : Isikan data parent dari unit/poli yang akan ditambahkan. Jika data yang ditambahkan berada pada pelayanan Rawat Jalan, maka pilih parent Rawat Jalan. Namun jika data unit/poli tidak memiliki parent atau tidak terikat dengan unit/poli lain maka untuk field parent dapat dikosongkan.
    4. Nama Unit : Isikan data nama unit/poli yang akan ditambahkan. Contoh : POLI UMUM.
    5. Urutan : Isikan data urutan unit/poli yang akan ditambahkan. Untuk field urutan berikut hanya bersifat informasi saja dan tidak berpengaruh pada pelayanan.
    6. Gedung : Isikan data lokasi unit/poli yang akan ditambahkan.
    7. Lantai : Isikan data lantai lokasi unit/poli yang akan ditambahkan.
    8. Kategori : Pilih kategori unit/poli yang akan ditambahkan dari dropdown yang telah disediakan. Terdapat beberapa kategori unit pada sistem dengan fungsi yang berbeda-beda yaitu sebagai berikut :


      Kategori Unit/Poli
      Keterangan
      PELAYANAN
      Opsi kategori untuk unit yang digunakan pada modul pelayanan (RJ, IGD, RI, MCU, LAB dll)
      PENDUKUNG
      Opsi kategori untuk unit yang digunakan sebagai pendukung (diluar pelayanan). Contoh : Unit IPSRS (Sarana dan Prasarana)
      INVENTORY
      Opsi kategori untuk unit yang digunakan pada modul Inventory
      FARMASI
      Opsi kategori untuk unit yang digunakan pada modul Apotek dan Farmasi
      DEPO
      Opsi kategori untuk unit yang digunakan sebagai DEPO pengambilan BHP
    9. Kepala Unit : Isikan data kepala unit/poli yang akan ditambahkan dari dropdown yang telah disediakan. Untuk data yang ditampilkan mengambil data dari menu Data Pegawai.
    10. Jenis Pelayanan : Isikan data jenis pelayanan dari unit/poli yang akan ditambahkan dari dropdown yang telah disediakan. Jika Anda memilih jenis pelayanan selain PENJUALAN, maka Anda harus menginputkan Depo Tujuan Resep, agar pada saat menginputkan e-resep pada pelayanan dapat ditebus di Farmasi. Data depo tujuan resep akan mengambil data unit/poli dengan kategori FARMASI saja.
    11. Pengkondisian BHP : Isikan data pengkondisian BHP dari unit/poli yang akan ditambahkan.
    12. Tindakan Awal : Isikan data tindakan awal dari unit/poli yang ditambahkan. Data tindakan awal ini akan otomatis muncul pada pelayanan pada saat pasien berobat pada unit/poli tersebut.
    13. Cabang Faskes : Isikan data cabang faskes dari dropdown yang telah disediakan.
    14. Upload Icon : Upload icon dari unit/poli yang akan ditambahkan.
    15. Alamat Cabang : Isikan data alamat cabang Faskes.
    16. Organisasi Pengurus : Pilih data organisasi pengurus dari dropdown yang disediakan. Untuk data organisasi pengurus ini akan mengambil data dari Menu Organisasi berikut.
    17. ID IHS : Untuk ID IHS ini akan muncul otomatis setelah Anda memilih Organisasi Pengurus dan klik tombol Kirim Data IHS. Setelah klik tombol Kirim Data IHS nanti data akan otomatis terkirim ke platform IHS Kemenkes dan field ID IHS otomatis terisi.
    18. Opsi Unit Kehamilan :  Opsi unit kehamilan berikut jika dipilih aktif, maka akan berpengaruh pada saat proses input pada pelayanan. Misalnya untuk POLI OBGYN.
    19. Opsi Unit Perawatan : Opsi unit perawatan berikut jika dipilih aktif, maka data unit/poli akan tampil modul Kecantikan.
    20. Opsi Aktif/Non Aktif : Pilih opsi aktif/non aktif pada sistem, jika Anda memilih data aktif maka unit/poli yang ditambahkan akan otomatis aktif pada sistem.
    21. Opsi Integrasi Pasien Baru : Opsi integrasi pasien baru berikut digunakan untuk penambahan tombol pendaftaran pasien baru untuk unit penunjang medis (Lab, Radiologi, Hemodialisa)
    22. Opsi Booking Online : Opsi booking online berikut digunakan untuk menampilkan unit/poli pada menu Booking Online.
  3. Jika Anda sudah selesai mengisikan seluruh data, maka selanjutnya adalah mengisikan data tarif pada tab yang telah disediakan kemudian klik tombol “Add”.
  4. Pilih data pembayaran dan kelas dari dropdown yang telah disediakan. Kemudian isikan data tarif terkait administrasi pada kolom tarif yang telah disediakan seperti berikut.
  5. Jika Anda sudah mengisi semua data yang diperlukan, klik tombol "Simpan" dan data unit/poli yang ditambahkan akan otomatis muncul pada sistem.

CATATAN:
Hanya field dengan tanda bintang (*) yang wajib diisi.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.

    • Related Articles

    • Menu Kamar dan Tarif Layanan

      Apply To : Trustmedis Suite Menu kamar dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif kamar untuk pelayanan Rawat Inap (RI). Pada sistem saat ini proses setting data tarif kamar disesuaikan berdasarkan unit/ruang dan kelas pelayanan. Sebelum ...
    • Menu Penunjang dan Tarif Layanan

      Apply To : Trustmedis Lab, Trustmedis Suite Menu penunjang dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif tarif pemeriksaan, parameter nilai, template resume dan BHP untuk pelayanan Penunjang Medis (Lab, Radiologi, Hemodialisa, MCU). Untuk ...
    • Menu Tindakan dan Tarif Layanan

      Apply To : All Products Menu tindakan dan tarif layanan digunakan untuk menambahkan, merubah dan menghapus data master tindakan beserta tarif tindakannya. Pada sistem saat ini proses setting master tindakan dan tarif harus disesuaikan per cara bayar ...
    • Menu Paket dan Tarif Layanan

      Apply To : All Products Menu paket dan tarif layanan digunakan untuk membuat data master paket pelayanan yang berisi tindakan dan penunjang medis yang ada pada sistem. Sehingga mempermudah Faskes pada saat melayani pasien yang akan mengambil beberapa ...
    • Menu Unit

      Apply To : Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu unit digunakan untuk proses mapping (pemetaan) data unit pada Faskes yang melakukan proses Bridging BPJS. Untuk melakukan proses mapping data unit, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai ...