Menu Unit dan Tarif Masuk

Menu Unit dan Tarif Masuk

Apply To : All Products

Menu unit dan tarif masuk digunakan untuk membuat data sebuah unit/poli baru pada sistem. Pada menu unit dan tarif, Anda juga dapat menentukan setting tarif administrasi, mengatur depo pengambilan BHP untuk unit pelayanan dan mengatur kondisi aktif/non aktif unit/poli pada beberapa modul.

Untuk menambahkan data unit dan tarif masuk, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke modul Setting > Layanan dan Tarif > Unit dan Tarif Masuk > Klik Tombol Tambah.

  2. Isikan data sesuai dengan field yang sudah disediakan.



    Keterangan masing - masing field :

    - Field Kode Unit : Isikan kode unit/poli yang akan ditambahkan. Contoh : APT untuk unit Apotek.

    - Field Parent : Isikan data parent dari unit/poli yang akan ditambahkan. Jika data yang ditambahkan berada pada pelayanan Rawat Jalan, maka pilih parent Rawat Jalan. Namun jika data unit/poli tidak memiliki parent atau tidak terikat dengan unit/poli lain maka untuk field parent dapat dikosongkan.

    - Field Nama Unit : Isikan data nama unit/poli yang akan ditambahkan. Contoh : POLI UMUM.

    - Field Urutan : Isikan data urutan unit/poli yang akan ditambahkan. Untuk field urutan berikut hanya bersifat informasi saja dan tidak berpengaruh pada pelayanan.

    - Field Gedung : Isikan data lokasi unit/poli yang akan ditambahkan.

    - Field Lantai : Isikan data lantai lokasi unit/poli yang akan ditambahkan.

    - Field Kategori : Pilih kategori unit/poli yang akan ditambahkan dari dropdown yang telah disediakan. Terdapat beberapa kategori unit pada sistem dengan fungsi yang berbeda-beda yaitu sebagai berikut :




Kategori Unit/Poli

Keterangan

PELAYANAN

Opsi kategori untuk unit yang digunakan pada modul pelayanan (RJ, IGD, RI, MCU, LAB dll)

PENDUKUNG

Opsi kategori untuk unit yang digunakan sebagai pendukung (diluar pelayanan). Contoh : Unit IPSRS (Sarana dan Prasarana)

INVENTORY

Opsi kategori untuk unit yang digunakan pada modul Inventory

FARMASI

Opsi kategori untuk unit yang digunakan pada modul Apotek dan Farmasi

DEPO

Opsi kategori untuk unit yang digunakan sebagai DEPO pengambilan BHP

- Field Kepala Unit : Isikan data kepala unit/poli yang akan ditambahkan dari dropdown yang telah disediakan. Untuk data yang ditampilkan mengambil data dari menu Data Pegawai.

- Field Jenis Pelayanan : Isikan data jenis pelayanan dari unit/poli yang akan ditambahkan dari dropdown yang telah disediakan. Jika Anda memilih jenis pelayanan selain PENJUALAN, maka Anda harus menginputkan Depo Tujuan Resep, agar pada saat menginputkan e-resep pada pelayanan dapat ditebus di Farmasi. Data depo tujuan resep akan mengambil data unit/poli dengan kategori FARMASI saja.



- Field Pengkondisian BHP : Isikan data pengkondisian BHP dari unit/poli yang akan ditambahkan.


- Field Tindakan Awal : Isikan data tindakan awal dari unit/poli yang ditambahkan. Data tindakan awal ini akan otomatis muncul pada pelayanan pada saat pasien berobat pada unit/poli tersebut

- Field Cabang Faskes : Isikan data cabang faskes dari dropdown yang telah disediakan.

- Field Upload Icon : Upload icon dari unit/poli yang akan ditambahkan.

- Field Alamat Cabang : Isikan data alamat cabang Faskes.

- Field Organisasi Pengurus : Pilih data organisasi pengurus dari dropdown yang disediakan. Untuk data organisasi pengurus ini akan mengambil data dari Menu Organisasi berikut

- Field ID IHS : Untuk ID IHS ini akan muncul otomatis setelah Anda memilih Organisasi Pengurus dan klik tombol Kirim Data IHS. Setelah klik tombol Kirim Data IHS nanti data akan otomatis terkirim ke platform IHS Kemenkes dan field ID IHS otomatis terisi.



- Opsi Unit Kehamilan :  Opsi unit kehamilan berikut jika dipilih aktif, maka akan berpengaruh pada saat proses input pada pelayanan. Misalnya untuk POLI OBGYN.

- Opsi Unit Perawatan : Opsi unit perawatan berikut jika dipilih aktif, maka data unit/poli akan tampil modul Kecantikan.

- Opsi Aktif/Non Aktif : Pilih opsi aktif/non aktif pada sistem, jika Anda memilih data aktif maka unit/poli yang ditambahkan akan otomatis aktif pada sistem.

- Opsi Integrasi Pasien Baru : Opsi integrasi pasien baru berikut digunakan untuk penambahan tombol pendaftaran pasien baru untuk unit penunjang medis (Lab, Radiologi, Hemodialisa)

- Opsi Booking Online : Opsi booking online berikut digunakan untuk menampilkan unit/poli pada menu Booking Online.

Note : Hanya field dengan tanda bintang (*) yang wajib diisi.

  1. Jika Anda sudah selesai mengisikan seluruh data, maka selanjutnya adalah mengisikan data tarif pada tab yang telah disediakan kemudian klik tombol “Add”


Pilih data pembayaran dan kelas dari dropdown yang telah disediakan. Kemudian isikan data tarif terkait administrasi pada kolom tarif yang telah disediakan seperti berikut


  1. Jika Anda sudah mengisi semua data yang diperlukan, klik tombol simpan dan data unit/poli yang ditambahkan akan otomatis muncul pada sistem.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.



    • Related Articles

    • Menu Paket dan Tarif Layanan

      Apply To : All Products Menu paket dan tarif layanan digunakan untuk membuat data master paket pelayanan yang berisi tindakan dan penunjang medis yang ada pada sistem. Sehingga mempermudah Faskes pada saat melayani pasien yang akan mengambil beberapa ...
    • Menu Unit

      Apply To : Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu unit digunakan untuk proses mapping (pemetaan) data unit pada Faskes yang melakukan proses Bridging BPJS. Untuk melakukan proses mapping data unit, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai ...
    • Menu Penunjang dan Tarif Layanan

      Apply To : Trustmedis Lab, Trustmedis Suite Menu penunjang dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif tarif pemeriksaan, parameter nilai, template resume dan BHP untuk pelayanan Penunjang Medis (Lab, Radiologi, Hemodialisa, MCU). Untuk ...
    • Menu Kamar dan Tarif Layanan

      Apply To : Trustmedis Suite Menu kamar dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif kamar untuk pelayanan Rawat Inap (RI). Pada sistem saat ini proses setting data tarif kamar disesuaikan berdasarkan unit/ruang dan kelas pelayanan. Sebelum ...
    • Menu Unit Struktural

      Menu Master Unit Struktural ini digunakan untuk menambahkan data unit struktural bagi karyawan Data Master Unit Struktural ini akan terhubung dengan kolom isian Unit Struktural pada menu Data Pegawai Untuk menambahkan data master unit struktural, ...