Menu Booking Online

Menu Booking Online

Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Clinic


Menu Booking Online digunakan untuk memfasilitasi pasien yang melakukan proses pendaftaran secara mandiri dan online. Pada menu ini pasien juga dapat melihat jadwal praktek dokter sebelum melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan.

Dalam menu Booking Online, jadwal dokter yang tampil adalah jadwal dokter yang sudah dilakukan proses Generate Jadwal Dokter.  Pastikan Anda sudah melakukan pengaturan agar poli pemeriksaan dapat tampil pada menu Booking Online.

A. PENGATURAN POLI

Agar poli yang ada di faskes Anda muncul di menu booking online, Anda perlu melakukan pengaturan tambahan di menu Unit dan Tarif Masuk. Pengaturan tambahannya adalah sebagai berikut :

Masuk ke menu Setting > Layanan dan Tarif > Unit dan Tarif Masuk

  1. Setelah Anda masuk ke menu Unit dan Tarif Masuk anda bisa pilih poli yang akan ditampilkan di form Booking Online kemudian klik Edit.

  2. Pastikan parent dan jenis pelayanan adalah Rawat Jalan.

  3. Kemudian scroll kebagian tengah pengaturan, untuk menampilkan Poli pada form booking online Klik Ya pada bagian Booking Online

  4. Jika ada Poli Kecantikan yang akan ditampilkan Anda perlu memilih Ya pada bagian Unit Perawatan

  5. Jika bagian Pasien Memilih Rencana Tindakan dipilih Ya akan mempengaruhi estimasi waktu pelayanan selanjutnya jika ada pasien yang mendaftar melalui booking online dan pasien tersebut memiliki pelayanan ekstra

  6. Klik tombol Simpan

B. BOOKING ONLINE UNTUK PASIEN YANG MEMILIKI NOMOR RM

Untuk masuk ke menu Booking Online, Anda bisa akses ke modul Booking Online > Booking Online lalu klik submenu Booking Online. Anda akan diarahkan ke laman yang menampilkan halaman depan Booking Online. Pada bagian ini pasien akan diberikan pilihan, yaitu Login (untuk pasien lama) dan Daftar Sekarang (untuk pasien baru).

Kemudian Anda dapat membagikan link Booking Online faskes Anda kepada pasien melalui fasilitas yang Anda miliki. Agar pasien dapat mengakses laman Booking Online Anda, cukup salin link pada laman Booking Online yang sudah tersedia. 

Jika pasien sudah mendapatkan link laman booking online, pasien dapat melakukan pendaftaran secara online. Fitur Booking Online dapat melayani pendaftaran pasien yang sudah memiliki nomor rekamedis maupun yang belum memiliki nomor rekamedis di faskes Anda.

Berikut kami akan sampaikan langkah-langkah melakukan pendaftaran melalui fitur Booking Online.

  1. Setelah tampilan awal form booking online terbuka pasien akan diberikan 2 pilihan, yaitu yaitu Login (untuk pasien lama) dan Daftar Sekarang (untuk pasien baru).

  2. Jika pasien memilih Login maka pasien harus mengisikan NIK dan Tanggal Lahir.

  3. Jika data pasien sudah diisikan secara benar sistem akan meminta verifikasi lanjutan dengan mencentang "Saya Bukan Robot" sebelum klik Tombol Cari

  4. Jika point pertama sampai point ketiga sudah dilakukan pasien bisa klik tombol Masuk

  5. Setelah klik tombol Masuk, maka Anda akan diarahkan ke halaman promo dan penawaran. Untuk melanjutkan proses booking, silahkan klik tombol Pendaftaran.

  6. Selanjutnya Anda dapat memilih data poli/unit pelayanan yang akan Anda kunjungi

  7. Kemudian silahkan pilih nama Dokter yang akan Anda kunjungi dan klik tombol Daftar.

    Pilih tanggal booking yang Anda inginkan dan perhatikan informasi yang muncul pada kotak di samping kanan tanggal. Jika Dokter tidak memiliki jadwal pada tanggal yang Anda pilih, maka akan muncul informasi pada kotak tersebut sebagai berikut :

  1. Jadwal Dokter Tersedia

  2. Jadwal Dokter Tidak Tersedia

Saat pasien memilih dokter sistem akan memberikan pilihan jadwal yang tersedia. Jadwal yang tersedia sesuai dengan jadwal yang sudah melalui proses Generate Jadwal Dokter. Jika Anda sudah memilih tanggal, selanjutnya klik tombol Daftar.

  1. Setelah klik tombol Daftar pasien akan dibawa ke halaman selanjutnya untuk menentukan cara bayar apa yang akan digunakan Umum atau Asuransi. Jika pasien memilih cara bayar Asuransi, maka pasien akan diwajibkan memilih asuransi yang tersedia di Faskes Anda (Data Asuransi yang muncul berdasarkan data dari Master Rekanan.

  2. Setelah memilih pembayaran, silahkan Anda lakukan proses verifikasi 1x lagi pada form berikut dengan mengisi data Rekam Medis dan Tanggal Lahir. Jika Anda sudah mengisikan data maka klik tombol Cari



  3. Sebelum proses booking online selesai, sistem memberikan informasi terkait data pasien, poli yang dipilih, dokter yang dipilih, hari & tanggal pelayanan yang dipilih dan cara bayar yang dipilih

  4. Jika data yang diisikan sudah benar pasien bisa melanjutkan dengan klik tombol BOOKING SEKARANG

  5. Jika pasien menginginkan ada perubahan jadwal, pasien bisa klik tombol UBAH JADWAL



  6. Jika pasien sudah klik tombol booking sekarang maka proses booking online selesai, dan pasien dapat mencetak bukti booking atau pasien juga bisa menyalin kode booking atau bukti bisa dikirim via email (jika email sudah diisikan sebelumnya)

C. BOOKING ONLINE UNTUK PASIEN YANG TIDAK MEMILIKI NOMOR RM

Bagi pasien yang belum atau tidak memiliki nomor rekam medis di faskes Anda, pasien masih bisa melakukan proses booking online. Berikut kami akan sampaikan langkah-langkah melakukan pendaftaran melalui fitur Booking Online untuk pasien baru.

  1. Pasien bisa klik tombol Daftar Pasien Baru kemudian pasien akan diarahkan oleh sistem ke halaman dimana pasien diperintahkan untuk memasukkan data pasien seperti Nomor Rekam Medis dan Tanggal Lahir. Hanya saja untuk pasien baru bisa klik tombol Menjadi pasien baru.



  2. Selanjutnya pasien diperintahkan untuk mengisi data diri, seperti NIK, Nama Pasien, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan No. Telp/HP

  3. Kemudian lanjutkan dengan mencentang "Saya Bukan Robot" sebagai verifikasi lanjutan dari sistem, kemudian klik tombol Lanjut



  4. Kemudian pasien bisa melanjutkan prosesnya seperti yang ada pada point B.

Jika semua proses diatas sudah dilakukan sesuai dengan alur yang ada, Anda sebagai pemilik fasilitas kesehatan bisa memverifikasi pendaftaran pasien melalui booking online ini dari menu Pendaftaran Rawat Jalan.

Dari informasi yang sudah kami sampaikan di atas tentang proses booking online kami menyarankan agar pihak fasilitas kesehatan bisa mengedukasi kepada pasien terkait proses booking online. 


Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.


    • Related Articles

    • Menu Pengaturan Awal RS Online

      Apply To : All Products Menu Pengaturan Awal RS Online digunakan untuk setting Kode dan Password yang sudah dimiliki Fasilitas Layanan Kesehatan agar sistem RS Online Kemenkes dapat terkoneksi dengan sistem Trustmedis (RME). Anda dapat melakukan ...
    • Menu Laporan Antrean Per Kode Booking

      Apply To : Trustmedis Suite Menu Laporan Antrean Per Kode Booking digunakan untuk menampilkan data Status Pelayanan pada pasien BPJS berdasarkan kode booking pasien. Untuk melakukan pengecekan data antrian per kode booking Anda dapat mengikuti ...
    • Menu Jadwal Dokter

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Clinic Pada menu Jadwal Dokter Anda bisa menambah jadwal baru, merubah jadwal maupun  menghapus jadwal yang sudah ada. Pastikan nama dokter Anda sudah ditambahkan pada menu Data Pegawai, dan pastikan dokter ...
    • Menu Cuti Dokter

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Clinic Pada menu Cuti Dokter ini Anda bisa menambah, merubah maupun menghapus tanggal cuti dokter. Menu Cuti Dokter akan terhubung dengan pendaftaran, baik untuk pendaftaran pasien di front office maupun di ...
    • Menu Pengaturan Awal Pelayanan

      Apply to: All Products Menu Pengaturan Awal Pelayanan ini digunakan untuk melakukan pengaturan yang dibutuhkan saat melakukan proses pelayanan baik dalam penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan, menentukan data pelayanan, dan lain ...