Menu Tindakan dan Tarif Layanan

Menu Tindakan dan Tarif Layanan

Apply To : All Products

Menu tindakan dan tarif layanan digunakan untuk menambahkan, merubah dan menghapus data master tindakan beserta tarif tindakannya. Pada sistem saat ini proses setting master tindakan dan tarif harus disesuaikan per cara bayar dan per kelas pelayanan pasien. Terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan pada menu Tindakan dan Tarif Layanan, yaitu sebagai berikut:
  1. Menambahkan Data Tindakan dan Tarif Pelayanan
    Anda dapat menambahkan data master tindakan dan tarif layanan dengan mengikuti langkah - langkah sebagai berikut,
    1. Masuk ke menu Setting > Layanan dan Tarif > Tindakan dan Tarif Layanan lalu klik tombol "Tambah".
    2. Selanjutnya akan muncul form untuk menambahkan data tindakan dan tarif sebagai berikut :

      Keterangan:
      1. Jenis Tindakan : Pilih jenis tindakan yang akan ditambahkan dari dropdown yang disediakan. Terdapat 4 jenis tindakan yang dapat ditambahkan pada sistem yaitu:
        1. NON OPERATIF, JASA, VISITE
          Jenis tindakan berikut digunakan untuk mengkategorikan jenis tindakan khusus pelayanan RJ, IGD dan RI.
        2. OPERATIF
          Jenis tindakan berikut digunakan untuk mengkategorikan jenis tindakan khusus pelayanan OK dan VK. Khusus untuk tindakan jenis operatif sistem akan memunculkan opsi tambahan untuk Tarif COB.

          Jika opsi tarif COB dipilih "Aktif", maka Anda perlu mengisikan detail Komponen OK pada Tab Data Tarif COB seperti berikut,

          Kemudian sistem akan menampilkan form untuk mengisikan detail komponen,

      2. Kode Tindakan : Isikan data kode tindakan,
        Contoh : T-0001. Untuk kode tindakan berikut harus unique sehingga tidak boleh sama dengan kode tindakan lain.

      3. Kategori : Isikan data kategori tindakan, Contoh : Tindakan Medis. Untuk kategori tindakan berikut hanya bersifat sebagai pencatatan saja pada sistem dan tidak berpengaruh pada pelayanan.
      4. Nama Tindakan : Isikan data nama tindakan,
        Contoh : Active Exercise / Ringan.
      5. Unit : Pilih data unit dari dropdown yang disediakan. Untuk data unit akan mengambil data dari menu Unit dan Tarif Masuk dengan kategori PELAYANAN.
      6. Urutan : Isikan nomor urut dari data tindakan yang ditambahkan. Untuk nomor urut berikut jika diisikan, maka akan berpengaruh pada urutan tindakan pada saat pelayanan. Namun jika faskes tidak menggunakan urutan tindakan, untuk nomor urutan dapat diisikan dengan angka 0.
      7. Keterangan : Isikan data keterangan terkait data tindakan yang akan ditambahkan.
      8. Opsi Aktif : Pilih opsi aktif / tidak aktif data tindakan yang akan ditambahkan. Jika Anda memilih status aktif maka data tindakan akan muncul pada pelayanan, namun jika Anda memilih opsi tidak aktif maka data tindakan tidak akan muncul pada pelayanan.
      9. Opsi PPN : Pilih opsi PPN data tindakan yang akan ditambahkan, jika Anda memilih opsi YA maka di tagihan pasien untuk tarif tindakan akan ditambahkan PPN.
      10. Opsi Tarif COB : Pilih opsi Tarif COB pada tindakan yang akan ditambahkan, jika Anda memilih opsi "YA" maka detail isian yang muncul akan menampilkan form isian untuk detail tarif COB.
    3. Selanjutnya isikan data tarif pelayanan pada tab Data Tarif. Untuk data tarif ini baru dapat diisikan setelah Anda memilih data unit.

      Pada tab Data Tarif pilih tombol Add, dan selanjutnya isikan data kelas pelayanan, jenis bayar dan nominal tarifnya.

      Terdapat 3 jenis data tarif yang dapat Anda isikan, yaitu:
      1. Tarif Jasa Sarana : Tarif jasa sarana adalah tarif yang ditentukan sebagai pembagian jasa untuk Faskes. Untuk rekap datanya dapat Anda cek pada menu Laporan Tindakan (RJ, IGD dan RI).
      2. Tarif Jasa Pelayanan : Tarif jasa pelayanan adalah tarif yang ditentukan untuk fee Dokter. Untuk datanya nanti akan muncul pada saat proses Hitung Jasa Dokter pada modul Remunerasi.
      3. Tarif: Tarif adalah tarif yang ditentukan sebagai harga tindakan yang ditambahkan. Nominal tarif berikut adalah nominal harga yang akan ditagihkan pada tagihan pasien.
    4. Jika Anda sudah selesai mengisikan data tarif maka klik tombol "Update".
    5. Pada jenis tindakan OPERATIF Anda dapat menambahkan data Komponen OK yang digunakan untuk pengisian otomatis data komponen pada saat pasien dilayani di ruang OK/VK. Untuk penambahan komponen OK, form pengisian akan muncul secara otomatis setelah penambahan tarif baru. Contohnya jika menambahkan kelas Non Kelas dengan jenis pembayaran Umum seperti berikut.

      Setelah klik Save maka akan muncul form pengisian Komponen tindakan operasi yang juga akan menentukan nilai tarif dari tindakan seperti berikut,

      Pada form komponen OK ini isikan data komponen dengan cara klik tombol Add. Untuk data yang muncul pada list komponen akan mengambil data dari
      menu Master Komponen. Selanjutnya isikan nominal tarif dari komponen OK pada kolom tarif, jika sudah maka klik tombol update. Apabila sudah semua komponen terisi Anda juga bisa klik tombol "Simpan".
    6. Anda dapat menambahkan data BHP pada data tindakan yang akan ditambahkan. Untuk data BHP ini akan otomatis muncul pada pelayanan RJ, IGD, RI dan OK/VK secara otomatis pada saat tindakan ditambahkan pada pelayanan. Untuk menambahkan data BHP silahkan pilih data tarif terlebih dahulu, kemudian klik Tab BHP dan klik tombol "Add".

      Pilih data obat dari list barang, untuk data barang berikut akan mengambil data dari
      Master Obat dan Alkes, kemudian klik tombol "Update".
    7. Pada jenis tindakan NON OPERATIF Anda dapat menambahkan tarif Jasa Medis dimana tarif berikut akan digunakan untuk menghitung data fee staf medis (Perawat, Bidan, Apoteker dll) di modul Remunerasi. Untuk fee jasa medis ini sifatnya adalah per tindakan, silahkan pilih data tarif terlebih dahulu kemudian klik Tab Jasa Medis.

      Pada Tab Jasa Medis klik tombol Add, isikan data profesi staf yang akan ditambahkan jasa medisnya. Untuk data pada list profesi akan mengambil data dari
      menu Master Profesi. Selanjutnya pilih opsi jasa medis yang diberikan apakah dalam bentuk persentase atau dalam bentuk nominal yang fix (fix rate). Kemudian isikan nominal jasa medis yang diberikan pada kolom nominal. Untuk kolom “Dari ?” adalah opsi pilihan yang diberikan kepada user, apakah nominal jasa medis diambil dari Tarif Tindakan atau Jasa Pelayanan.
    8. Jika Anda sudah mengisikan seluruh data pada form, maka Anda dapat klik tombol Simpan dan data tindakan yang ditambahkan akan otomatis tersimpan pada sistem.

  2. Fitur Copy Tarif
    Pada menu Tindakan dan Tarif Layanan terdapat fitur Copy Tarif yang memungkinkan Anda untuk menyalin data tarif, dari 1 unit ke unit yang lain. Hal berikut bertujuan untuk memudahkan user saat menambahkan unit baru pada
    menu Unit dan Tarif Masuk agar tidak menginputkan ulang data tarif satu persatu. Untuk melakukan proses copy tarif Anda dapat mengikuti langkah - langkah berikut:
    1. Klik tombol Copy Tarif
    2. Kolom "Dari" adalah data tarif tindakan dari unit yang akan disalin. Kemudian untuk opsi pada kolom "Ke" adalah data unit tujuan penyalinan data tarif tindakan.

      Proses copy tarif berikut dapat dilakukan untuk semua/per kelas dan untuk semua tindakan/per tindakan. Jika Anda memilih opsi per kelas dan per tindakan, maka Anda harus memilih data kelas dan tindakan pada kolom yang disediakan.
    3. Jika Anda sudah selesai mengisikan data pada form klik tombol Copy, dan data tarif tindakan akan otomatis dicopykan pada unit tujuan. 

CATATAN:
  1. Field dengan tanda bintang merah (*) wajib diisi.
  2. Jenis tindakan NON OPERATIF, JASA, VISITE dan OPERATIF adalah data default yang bersifat paten, dimana user tidak bisa menambahkan secara mandiri.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.
    • Related Articles

    • Menu Paket dan Tarif Layanan

      Apply To : All Products Menu paket dan tarif layanan digunakan untuk membuat data master paket pelayanan yang berisi tindakan dan penunjang medis yang ada pada sistem. Sehingga mempermudah Faskes pada saat melayani pasien yang akan mengambil beberapa ...
    • Menu Penunjang dan Tarif Layanan

      Apply To : Trustmedis Lab, Trustmedis Suite Menu penunjang dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif tarif pemeriksaan, parameter nilai, template resume dan BHP untuk pelayanan Penunjang Medis (Lab, Radiologi, Hemodialisa, MCU). Untuk ...
    • Menu Unit dan Tarif Masuk

      Apply To : All Products Menu unit dan tarif masuk digunakan untuk membuat data sebuah unit/poli baru pada sistem. Pada menu unit dan tarif, Anda juga dapat menentukan setting tarif administrasi, mengatur depo pengambilan BHP untuk unit pelayanan dan ...
    • Menu Kamar dan Tarif Layanan

      Apply To : Trustmedis Suite Menu kamar dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif kamar untuk pelayanan Rawat Inap (RI). Pada sistem saat ini proses setting data tarif kamar disesuaikan berdasarkan unit/ruang dan kelas pelayanan. Sebelum ...
    • Menu Laporan Tindakan Operasi

      Apply To : Trustmedis Suite Pada menu Laporan Tindakan Kamar Operasi ini, Anda dapat mencetak data tindakan yang diberikan kepada pasien. Dalam menu laporan ini Anda juga dapat mencetak laporan atau menyimpan laporan dalam bentuk excel. Anda dapat ...