Menu Tindakan dan Tarif Layanan

Menu Tindakan dan Tarif Layanan

Apply To : All Products


Menu Tindakan dan Tarif Layanan

Menu tindakan dan tarif layanan digunakan untuk menambahkan, merubah dan menghapus data master tindakan beserta tarif tindakannya. Pada sistem saat ini proses setting master tindakan dan tarif harus disesuaikan per cara bayar dan per kelas pelayanan pasien. Terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan pada menu Tindakan dan Tarif Layanan, yaitu sebagai berikut : 

  1. Menambahkan Data Tindakan dan Tarif Pelayanan

    Untuk menambahkan data master tindakan dan tarif layanan , Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu Setting > Layanan dan Tarif > Tindakan dan Tarif Layanan > Klik tombol tambah

  2. Selanjutnya akan muncul form untuk menambahkan data tindakan dan tarif sebagai berikut :


    Keterangan :

  1. Jenis Tindakan : Pilih jenis tindakan yang akan ditambahkan dari dropdown yang disediakan. Terdapat 4 jenis tindakan yang dapat ditambahkan pada sistem yaitu :

  • NON OPERATIF, JASA, VISITE
    Untuk jenis tindakan berikut digunakan untuk mengkategorikan jenis tindakan khusus pelayanan RJ, IGD dan RI.

  • OPERATIF
    Untuk jenis tindakan berikut digunakan untuk mengkategorikan jenis tindakan khusus pelayanan OK dan VK

Untuk 4 jenis tindakan berikut sudah default dari sistem dan tidak dapat ditambahkan manual oleh user.

  1. Kode Tindakan : Isikan data kode tindakan, Contoh : T-0001. Untuk kode tindakan berikut harus unique sehingga tidak boleh sama dengan kode tindakan lain.

  2. Kategori : Isikan data kategori tindakan, Contoh : Tindakan Medis. Untuk kategori tindakan berikut hanya bersifat sebagai pencatatan saja pada sistem dan tidak berpengaruh pada pelayanan.

  3. Nama Tindakan : Isikan data nama tindakan, Contoh : Active Exercise / Ringan.

  4. Unit : Pilih data unit dari dropdown yang disediakan. Untuk data unit akan mengambil data dari menu Unit dan Tarif Masuk dengan kategori PELAYANAN.

  5. Urutan : Isikan nomor urut dari data tindakan yang ditambahkan. Untuk nomor urut berikut jika diisikan, maka akan berpengaruh pada urutan tindakan pada saat pelayanan. Namun jika faskes tidak menggunakan urutan tindakan, untuk nomor urutan dapat diisikan dengan angka 0.

  6. Keterangan : Isikan data keterangan terkait data tindakan yang akan ditambahkan.

  7. Opsi Aktif : Pilih opsi aktif / tidak aktif data tindakan yang akan ditambahkan. Jika Anda memilih status aktif maka data tindakan akan muncul pada pelayanan, namun jika Anda memilih opsi tidak aktif maka data tindakan tidak akan muncul pada pelayanan.

  8. Opsi PPN : Pilih opsi PPN data tindakan yang akan ditambahkan, jika Anda memilih opsi YA maka di tagihan pasien untuk tarif tindakan akan ditambahkan PPN. 

**Note : Field dengan tanda bintang wajib diisi.

  1. Selanjutnya isikan data tarif pelayanan pada tab Data Tarif. Untuk data tarif ini baru dapat diisikan setelah Anda memilih data unit.

    Pada tab Data Tarif pilih tombol
    Add, dan selanjutnya isikan data kelas pelayanan, jenis bayar dan nominal tarifnya

    Terdapat 3 jenis data tarif yang dapat Anda isikan, yaitu :

  • Tarif Jasa Sarana : Tarif jasa sarana adalah tarif yang ditentukan sebagai pembagian jasa untuk Faskes. Untuk rekap datanya dapat Anda cek pada menu Laporan Tindakan (RJ, IGD dan RI).

  • Tarif Jasa Pelayanan : Tarif jasa pelayanan adalah tarif yang ditentukan untuk fee Dokter. Untuk datanya nanti akan muncul pada saat proses Hitung Jasa Dokter pada modul Remunerasi.

  • Tarif : Tarif adalah tarif yang ditentukan sebagai harga tindakan yang ditambahkan. Nominal tarif berikut adalah nominal harga yang akan ditagihkan pada tagihan pasien.

Jika Anda sudah selesai mengisikan data tarif maka klik tombol update.

  1. Untuk jenis tindakan OPERATIF Anda dapat menambahkan data Komponen OK yang digunakan untuk pengisian otomatis data komponen pada saat pasien dilayani di ruang OK/VK. Untuk penambahan komponen OK, silahkan dipilih terlebih dahulu data tarif yang akan disetting. Contoh : Kelas VIP jenis bayar UMUM

    Pada tab komponen OK isikan data komponen dengan cara klik tombol
    Add. Untuk data yang muncul pada list komponen akan mengambil data dari menu Master Komponen. Selanjutnya isikan nominal tarif dari komponen OK pada kolom tarif, jika sudah maka klik tombol update.



  2. Anda dapat menambahkan data BHP pada data tindakan yang akan ditambahkan. Untuk data BHP ini akan otomatis muncul pada pelayanan RJ, IGD, RI dan OK/VK secara otomatis pada saat tindakan ditambahkan pada pelayanan.
    Untuk menambahkan data BHP silahkan pilih data tarif terlebih dahulu, kemudian klik Tab BHP dan klik tombol
    Add.


    Pilih data obat dari
    list barang, untuk data barang berikut akan mengambil data dari Master Obat dan Alkes, kemudian klik tombol update



  3. Untuk jenis tindakan NON OPERATIF Anda dapat menambahkan tarif Jasa Medis dimana tarif berikut akan digunakan untuk menghitung data fee staf medis (Perawat, Bidan, Apoteker dll) di modul Remunerasi.
    Untuk fee jasa medis ini sifatnya adalah per tindakan, silahkan pilih data tarif terlebih dahulu kemudian klik Tab Jasa Medis


    Pada Tab Jasa Medis klik tombol
    Add, isikan data profesi staf yang akan ditambahkan jasa medisnya. Untuk data pada list profesi akan mengambil data dari menu Master Profesi. Selanjutnya pilih opsi jasa medis yang diberikan apakah dalam bentuk persentase atau dalam bentuk nominal yang fix (fix rate). Kemudian isikan nominal jasa medis yang diberikan pada kolom nominal. Untuk kolom “Dari ?” adalah opsi pilihan yang diberikan kepada user, apakah nominal jasa medis diambil dari Tarif Tindakan atau Jasa Pelayanan.


  4. Jika Anda sudah mengisikan seluruh data pada form, maka Anda dapat klik tombol Simpan dan data tindakan yang ditambahkan akan otomatis tersimpan pada sistem.

  1. Fitur Copy Tarif

    Pada menu Tindakan dan Tarif Layanan terdapat fitur
    Copy Tarif yang memungkinkan Anda untuk menyalin data tarif, dari 1 unit ke unit yang lain. Hal berikut bertujuan untuk memudahkan user saat menambahkan unit baru pada menu Unit dan Tarif Masuk agar tidak menginputkan ulang data tarif satu persatu. Untuk melakukan proses copy tarif Anda dapat mengikuti langkah - langkah berikut  :

  1. Klik tombol Copy Tarif



  2. Untuk opsi Dari adalah data tarif tindakan dari unit yang akan disalin. Kemudian untuk opsi Ke adalah data unit tujuan penyalinan data tarif tindakan.



    Untuk proses copy tarif berikut dapat dilakukan untuk semua/per kelas dan untuk semua tindakan/per tindakan. Jika Anda memilih opsi per kelas dan per tindakan, maka Anda harus memilih data kelas dan tindakan pada kolom yang disediakan

  3. Jika Anda sudah selesai mengisikan data pada form klik tombol Copy, dan data tarif tindakan akan otomatis dicopykan pada unit tujuan. 


Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.

 


    • Related Articles

    • Menu Paket dan Tarif Layanan

      Apply To : All Products Menu paket dan tarif layanan digunakan untuk membuat data master paket pelayanan yang berisi tindakan dan penunjang medis yang ada pada sistem. Sehingga mempermudah Faskes pada saat melayani pasien yang akan mengambil beberapa ...
    • Menu Penunjang dan Tarif Layanan

      Apply To : Trustmedis Lab, Trustmedis Suite Menu penunjang dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif tarif pemeriksaan, parameter nilai, template resume dan BHP untuk pelayanan Penunjang Medis (Lab, Radiologi, Hemodialisa, MCU). Untuk ...
    • Menu Unit dan Tarif Masuk

      Apply To : All Products Menu unit dan tarif masuk digunakan untuk membuat data sebuah unit/poli baru pada sistem. Pada menu unit dan tarif, Anda juga dapat menentukan setting tarif administrasi, mengatur depo pengambilan BHP untuk unit pelayanan dan ...
    • Menu Tindakan Rawat Jalan

      Apply To : Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Setelah pasien Anda daftarkan di menu Pendaftaran Rawat Jalan, Anda bisa melanjutkan proses pelayanan pasien di menu Tindakan Rawat Jalan ini. Berikut langkah mudah untuk melayani pasien rawat jalan : ...
    • Menu Mapping Tindakan PCare

      Menu ini digunakan untuk menyesuaikan data tindakan yang ada di sistem HIS trustmedis dengan data tindakan yang ada di sistem BPJS PCare. Anda dapat mengakses menu ini dengan masuk ke menu Integrasi, Kemudian klik tombol BPJS PCare selanjutnya Anda ...