Menu Master Obat dan Alkes

Menu Master Obat dan Alkes

Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite


Menu Master Obat dan Alkes digunakan untuk menambahkan data obat dan alkes baru yang belum tercatat secara sistem, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :
  1. Masuk ke menu Setting > Farmasi > Master Obat dan Alkes > Klik Tambah.

  2. Isikan data isian sesuai dengan field yang tersedia dan pastikan field yang bersifat mandatory sudah Anda isi. Keterangan masing - masing field :

  • Barcode : Isikan data barcode dari obat yang akan ditambahkan. Barcode ini nantinya akan digunakan sebagai parameter pencarian obat pada menu Penjualan Obat.

  • Kode : Untuk isian kode akan terisi secara otomatis dengan format kode yang telah ditentukan oleh sistem, sehingga Anda tidak perlu mengisikan data pada field isian tersebut.

  • Nama : Isikan nama obat yang akan ditambahkan.

  • Satuan Default : Untuk isian satuan default adalah satuan terkecil obat yang akan ditambahkan. Sebagai contoh jika dalam proses order obat ke supplier, Anda memesan obat Milanta 500ML dengan jumlah 1 BOX, dimana dalam 1 BOX berisi 50 BOTOL, maka satuan terkecil dari obat Milanta 500ML adalah 1 BOTOL. Pada sistem Anda cukup menambahkan data satuan BOX dengan jumlah konversi 50 dengan satuan terkecil adalah BOTOL, dimana artinya adalah 1 BOX akan dikonversikan nilainya menjadi 50 BOTOL oleh sistem.

  • Opsi Obat Kronis : Untuk opsi obat kronis digunakan untuk proses integrasi pasien BPJS terkait pemisahan obat kronis.

  • Opsi Vaksin : Untuk opsi vaksin digunakan untuk proses integrasi dengan program IHS (Indonesia Satu Sehat) Kementrian Kesehatan, yang jika dipilih opsi YA, maka data obatnya akan muncul pada Tab Imunisasi di menu Tindakan Rawat Jalan.

  • E-Catalog : Untuk isian e-catalog adalah opsi yang Anda pilih apakah ingin menampilkan data obat pada e-catalog atau tidak pada modul Penjualan Obat. Jika Anda sudah mengatur opsi pilihan e-catalog YA, namun nama obat belum muncul pada e-catalog maka pastikan data obat sudah ditambahkan data marginnya pada modul Master Harga Jual Obat dan alkes.

  • Produksi/Repack : Untuk isian produksi/repack adalah opsi yang Anda pilih apakah data obat dapat dilakukan proses repackaging (pengemasan ulang namun dengan nama obat yang berbeda). Data obat yang opsi produksi/repack nya dipilih YA akan muncul pada data obat di modul Produksi/Repack Obat. Selain itu, jika Anda memilih opsi produksi/repack adalah IYA maka Anda harus menambahkan data bahan baku pembuatan obat yang dapat di-repack dengan klik tombol bahan baku.

  • Integrasi IHS : Pada menu master obat dan alkes terdapat beberapa form tambahan yang kedepannya digunakan untuk proses integrasi IHS (Indonesia Satu Sehat) yang berkorelasi dengan program dari Kementrian Kesehatan sebagai berikut :
    Untuk data ini cukup diisikan saja atau bisa Anda kosongkan jika saat ini belum terdapat data yang diisikan, karena untuk datanya akan digunakan untuk pengiriman data ke sistem IHS dan tidak berpengaruh pada transaksional obat pada sistem.

  1. Jika Anda sudah selesai mengisi data obat dan alkes yang akan ditambahkan, maka Anda dapat klik tombol simpan, dan data obat dan alkes baru yang anda tambahkan akan otomatis tersimpan pada sistem.

  2. Pada menu master obat dan alkes, Anda juga dapat mengecek data perubahan nama obat dengan klik tombol Riwayat Nama

  3. Pada menu master obat dan alkes, Anda juga dapat melakukan setting kandungan Zat Aktif pada data obat yang akan ditambahkan. Untuk informasi data zat aktif ini nantinya akan digunakan sebagai informasi tambahan yang ditampilkan pada cetakan Surat Pesanan Obat dan Alkes.
    Data zat aktif dan ukuran yang ditampilkan adalah data yang sudah disediakan dari pihak Kementrian Kesehatan dan tidak dapat diubah dan ditambahkan kembali.

  4. Pada menu master obat dan alkes, Anda juga dapat melakukan proses mapping lokasi obat yang akan ditambahkan berada pada rak mana melalui Tab Lokasi Obat berikut
    Data lokasi rak akan mengambil data dari menu Master Rak.

  5. Pada menu master obat dan alkes Anda juga dapat menambahkan data lain (indikasi obat, efek samping, dll) dan data CVX Group pada tab yang telah disediakan.

  6. Pada menu master obat dan alkes, Anda juga dapat melakukan proses export data master obat dan alkes dengan cara klik tombol Cetak untuk langsung mencetak data atau klik tombol export excel jika Anda ingin mendownload data master obat dan alkes dalam bentuk excel.



CATATAN : 

  • Proses import data obat dan alkes hanya dibatasi 10.000 data obat pada sistem. Kami sarankan untuk melakukan proses import per kategori obat agar mengurangi waktu durasi proses penarikan data sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama. 

  • Data satuan terkecil obat tidak dapat diubah jika obat sudah memiliki riwayat transaksi pada sistem.

  • Data obat tidak dapat dihapus jika obat sudah memiliki riwayat transaksi pada sistem karena dapat menyebabkan kecacatan data (fraud) pada laporan dan riwayat pemakaian obat.

  • Untuk data Integrasi dengan IHS digunakan untuk proses pengiriman data saja ke Kementrian Kesehatan dan tidak berpengaruh pada transaksional obat pada sistem.


Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.


 


    • Related Articles

    • Menu Stok Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Lab, Trustmedis Beauty, Trustmedis Pharmacy Menu stok obat dan alkes selain memiliki fungsi sebagai menu yang bisa melihat ketersediaan stok menu ini juga bisa mencetak dan menarik data obat dan alkes dalam ...
    • Menu Stok Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Lab, Trustmedis Beauty, Trustmedis Pharmacy Menu stok obat dan alkes selain memiliki fungsi sebagai menu yang bisa melihat ketersediaan stok menu ini juga bisa mencetak dan menarik data obat dan alkes dalam ...
    • Menu Rencana Pengadaan Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu ini digunakan untuk melakukan perencanaan pembelian obat dan alkes di fasilitas kesehatan Anda. Anda dapat membuat data transaksi rencana pengadaan obat dan ...
    • Menu Kendali Stok Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite  Menu kendali stok obat dan alkes berguna untuk mengatur jumlah stok minimal dan stok maksimal obat yang dapat disimpan pada sistem. Untuk melakukan setting ...
    • Menu Master Rekanan

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu master rekanan digunakan untuk menambahkan data rekanan, baik untuk penanggung asuransi, supplier farmasi atau supplier umum. Data rekanan berikut nantinya ...