Menu Penjualan Obat

Menu Penjualan Obat

Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic

Menu Penjualan Obat digunakan untuk melayani proses penjualan obat kepada pasien dengan atau tanpa resep. Selain penjualan obat kepada pasien pada menu ini juga dapat melakukan proses penjualan obat kepada non pasien dan karyawan. Anda dapat mengakses menu penjualan obat ini di modul Apotek > menu Penjualan > submenu Penjualan Obat.

Pada menu ini Anda juga dapat melihat daftar obat yang akan kadaluarsa, melihat seluruh data transaksi penjualan obat, melihat detail obat beserta harga pada katalog obat dan melakukan proses koreksi penjualan obat.

Penjualan Bebas / Non Resep
Pada fitur ini faskes bisa melakukan proses penjualan obat bagi pasien yang tidak ada pelayanan maupun yang tidak memiliki nomor RM di faskes Anda. Anda bisa klik tombol Bebas / Non Pasien.
Kemudian Anda bisa isikan nomor RM untuk mencari memanggil pasien yang sudah terdaftar di faskes Anda dan memiliki nomor RM, setelah itu bisa klik tombol cari atau tekan Enter. Maka data dibawahnya akan otomatis terisi. Jika Pasien tidak memiliki nomor RM Anda cukup isikan data Pasien di Kolom Nama Pembeli. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol Simpan.

Penjualan Obat Pasien
Pada fitur ini faskes bisa melakukan proses penjualan obat bagi pasien yang pernah melakukan pelayanan dan memiliki nomor RM di faskes Anda. Anda bisa klik tombol Cari Pasien.


Kemudian Anda bisa isikan nomor RM untuk mencari dan memanggil pasien yang pernah melakukan pelayanan di faskes Anda. Saat menemukan pasien yang Anda cari pastikan tanggal kunjungan sesuai dengan obat yang akan diinputkan. Maka data pasien tersebut akan otomatis terisi.

Apabila pasien ingin mengganti penjamin Anda juga dapat melakukan proses ubah penjamin tanpa harus ke kasir terlebih dahulu. Anda bisa klik tombol ubah Penjamin kemudian sistem akan meminta Anda mengisikan detail penjamin yang baru.


Penjualan Obat Karyawan
Pada fitur ini faskes bisa melakukan proses penjualan obat bagi pasien yang pernah melakukan pelayanan dan memiliki nomor RM di faskes Anda. Anda bisa klik tombol Cari Karyawan.

Kemudian Anda bisa isikan nomor pegawai untuk mencari dan memanggil pegawai yang bekerja di faskes Anda, dan data pegawai akan otomatis terisi.
  1. Penambahan Obat
    Dalam proses penambahan obat anda bisa klik tombol Tambah untuk menambahkan obat yang akan dijual ke pasien, klik tombol Tambah Racikan untuk menambahkan obat racikan yang akan dijual ke pasien. Saat menambahkan obat Anda bisa mencari obat di kolom nama obat dengan menginputkan beberapa kata kunci atau klik tombol segitiga terbalik untuk memunculkan
     
    kemungkinan list obat yang dicari beserta jumlah stok yang tersedia sekaligus indikator warnanya. Jika obat sudah ditambahkan Anda bisa lanjutkan dengan klik tombol Update.

    Jika anda memilih obat yang tidak memiliki stok atau 0 (kosong), maka sistem akan menampilkan form yang berisi obat atau alkes yang serupa (jenis dan kategorinya sama). Anda dapat memilih obat atau alkes alternatif pengganti obat yang stoknya kosong, kemudian klik tombol Pilih.
    Saat menambahkan obat racikan Anda bisa tentukan terlebih dahulu satuan akhir obat racikan dan jumlah obat racikan yang akan diberikan kepada pasien dengan melakukan double klik pada list racikan yang muncul, jika sudah ditentukan bisa dilanjutkan dengan klik tombol Update.

    Selanjutnya Anda bisa lanjutkan proses pengisian detail Racikan dengan klik tombol Plus dan klik tombol Tambah Detail Racikan,
    Selanjutnya Anda bisa tambahkan detail obat racikan dengan mencari obat di kolom nama obat dengan menginputkan beberapa kata kunci atau klik tombol segitiga terbalik untuk memunculkan list obat. Jika obat sudah ditambahkan Anda bisa lanjutkan dengan klik tombol Update.
    Jika isian data penjualan obat sudah selesai anda bisa lanjutkan dengan melakukan penyimpanan dan mencetak bukti penjualan obat. Anda cukup klik tombol Simpan & Cetak.
  2. E Tiket
    Fitur ini digunakan untuk menginputkan data seperti Aturan Pakai, Waktu Pakai, Cara Pakai dan Keterangan untuk obat yang akan diberikan kepada pasien. Anda bisa melakukan pengisian E Tiket ini dengan klik tombol E Tiket pada form pelayanan penjualan obat.

    Jika data E Tiket sudah diinputkan Anda bisa klik Simpan untuk menyimpan saja, Simpan untuk Template digunakan untuk menyimpan isian menjadi template yang nantinya akan muncul di List Template.
  3. History Pembelian
    Tombol History Pembelian digunakan untuk menampilkan sejarah pembelian pasien terdaftar dengan menampilkan window Info History Pembelian Obat Pasien seperti gambar berikut.
  4. Alergi Pasien
    Tombol Alergi Pasien digunakan untuk menampilkan informasi pasien terkait alergi yang dimiliki pasien terdaftar dengan menampilkan window
    seperti gambar berikut.


  5. Katalog Obat / Alkes
    Tombol Katalog Obat/Alkes digunakan untuk menampilkan informasi tentang detail obat beserta harga obat atau alkes seperti gambar berikut.

    Data yang ditampilkan pada halaman katalog obat/alkes bisa di ambil datanya dalam bentuk excel atau di cetak. Proses menarik data di form katalog ini dibatasi 10.000 data.
  6. List Penjualan
    Tombol List Penjualan digunakan untuk menampilkan daftar penjualan yang pernah dilakukan di apotek seperti yang ada pada gambar berikut ini.

    Dalam form list penjualan, Anda dapat melihat semua transaksi penjualan yang pernah dilakukan oleh pasien. Pada form list penjualan ini Anda juga bisa melakukan beberap aksi seperti,
    1. Menambahkan penjualan, saat klik tombol Tambah Anda akan kembali ke form penjualan kembali.
    2. Membatalkan penjualan, saat klik tombol Batal Penjualan maka transaksi yang Anda Select (pilih) akan dibatalkan secara sistem.
    3. Melihat detail transaksi, Anda bisa pilih transaksi yang ada pada list kemudian klik tombol Lihat.
    4. Mencetak kembali bukti penjualan apotek, Anda bisa pilih transaksi yang ada pada list kemudian klik tombol Cetak Bukti.
    5. Mencetak copy resep untuk diberikan ke pasien, Anda bisa pilih transaksi yang ada pada list kemudian klik tombol Copy Resep.
    6. Mencetak nomor antrean pasien untuk mengambil obat, Anda bisa pilih transaksi yang ada pada list kemudian klik tombol Cetak Antrean.
    7. Tombol Display Antrean digunakan untuk menampilkan nomor antrean pada tv display.
    8. Tombol Kirim Data IHS digunakan untuk,
    9. Tombol dengan icon speaker digunakan untuk memanggil nomor antrean berjalan.
    10. Pada bagian Selesai jika bagian tersebut di klik maka transaksi yang terpilih akan ditandai oleh sistem sebagai proses yang sudah selesai.

  7. E-Resep
    Tombol E-Resep digunakan untuk menampilkan daftar e-resep yang dapat diproses oleh user apotek agar menjadi transaksi penjualan. Data yang ditampilkan adalah semua resep yang sudah di inputkan melalui pelayanan, user cukup memilih eResep dengan melakukan double klik pada salah satu list resep.
  8. Obat Kadaluarsa
    Tombol Obat Kadaluarsa digunakan untuk menampilkan daftar obat yang akan kadaluarsa di faskes Anda. Sistem akan memunculkan form yang berisi obat yang akan kadaluarsa. Pada form ini juga ada fitur fitur pendukung seperti Pembuangan, Opname dan Retur Pembelian.
  9. Koreksi Penjualan
    Tombol Koreksi Penjualan digunakan untuk menampilkan list penjualan yang bisa dilakukan koreksi atas penjualan. Saat melakukan proses koreksi user akan diwajibkan mengisi authorisasi atasan untuk melakukan koreksi penjualan atau hak akses koreksi penjualan.

    Setelah permintaan authorisasi selesai diinputkan maka akan muncul form yang menampilkan list penjualan yang dapat dilakukan proses koreksi.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA


    • Related Articles

    • Menu Stok Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Lab, Trustmedis Beauty, Trustmedis Pharmacy Menu stok obat dan alkes selain memiliki fungsi sebagai menu yang bisa melihat ketersediaan stok menu ini juga bisa mencetak dan menarik data obat dan alkes dalam ...
    • Menu Setting Cetakan Farmasi

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu setting cetakan farmasi berguna untuk melakukan proses setting versi ukuran cetakan yang akan digunakan untuk cetakan Etiket, Label, Nota Penjualan dan Nota ...
    • Menu Stok Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Lab, Trustmedis Beauty, Trustmedis Pharmacy Menu stok obat dan alkes selain memiliki fungsi sebagai menu yang bisa melihat ketersediaan stok menu ini juga bisa mencetak dan menarik data obat dan alkes dalam ...
    • Menu Kartu Stok

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Pada menu Kartu Stok Anda dapat melihat seluruh rekap penggunaan transaksi obat dan alkes mulai dari penerimaan obat, penjualan di apotek, stock opname, mutasi ...
    • Menu Kendali Stok Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite  Menu kendali stok obat dan alkes berguna untuk mengatur jumlah stok minimal dan stok maksimal obat yang dapat disimpan pada sistem. Untuk melakukan setting ...