Menu Penjualan Obat

Menu Penjualan Obat

Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic

Menu Penjualan Obat digunakan untuk melayani proses penjualan obat kepada pasien dengan atau tanpa resep. Selain penjualan obat kepada pasien pada menu ini juga dapat melakukan proses penjualan obat kepada non pasien dan karyawan. Anda dapat mengakses menu penjualan obat ini di modul Apotik > menu Penjualan > submenu Penjualan Obat.
Pada menu ini Anda juga dapat melihat daftar obat yang akan kadaluarsa, melihat seluruh data transaksi penjualan obat, melihat detail obat beserta harga pada katalog obat dan melakukan proses koreksi penjualan obat.
  1. Penjualan Bebas / Non Resep
    Pada fitur ini faskes Anda dapat melakukan proses penjualan obat bagi pasien yang tidak memiliki nomor RM maupun pasien yang tidak melakukan proses pelayanan dengan cara klik tombol "Bebas / Non Pasien.

    Kemudian Anda bisa isikan nomor RM untuk mencari pasien yang sudah terdaftar di faskes Anda, kemudian klik tombol "Cari" atau Anda cukup isikan data Pasien seperti "Nama Pembeli", "No Telp/HP" dan "Alamat" pembeli jika pasien tidak memiliki nomor RM. Kemudian tentukan jenis penjualan pada kolom "Opsi Penjualan" apakah termasuk penjualan "Bebas / Non Tebus Resep" atau "Tebus Resep".

    Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol Simpan.

  2. Penjualan Obat Pasien
    Pada fitur ini faskes dapat melakukan proses penjualan obat bagi pasien yang pernah melakukan pelayanan di faskes Anda. Anda bisa klik tombol "Cari Pasien".

    Kemudian Anda dapat mencari dan memanggil pasien yang pernah melakukan pelayanan di faskes Anda dengan menginputkan Nama / Nomor RM / Reg. Pasien (Nomor Pendaftaran Pasien).

    Setelah data yang Anda cari berhasil ditemukan pastikan tanggal kunjungan sesuai dengan kondisi pasien yang akan dilayani kemudian pilih, maka data pasien tersebut akan otomatis masuk ke form penjualan obat.

    Apabila pasien ingin mengganti penjamin Anda juga dapat melakukan proses ubah penjamin tanpa harus ke kasir terlebih dahulu. Anda bisa klik tombol "Ubah Penjamin" kemudian sistem akan meminta Anda mengisikan detail penjamin yang baru.


  3. Penjualan Obat Karyawan
    Pada fitur ini, faskes dapat melayani proses penjualan obat bagi karyawan yang bertugas di faskes Anda. Anda dapat mencari data karyawan dengan cara klik tombol "Cari Karyawan".

    Kemudian Anda bisa isikan nomor pegawai untuk mencari dan memanggil data pegawai yang bekerja di faskes Anda. Data pegawai yang muncul adalah data yang tersimpan pada master data pegawai. Setelah data berhasil ditemukan, kemudian lanjutkan dengan klik tombol "Simpan".

  4. Proses Penjualan Obat
    1. Penginputan Detail Obat
      1. Obat Non Racikan
        Dalam proses penginputan obat anda bisa klik tombol "Tambah" untuk menambahkan obat yang akan dijual ke pasien, klik tombol "Tambah Racikan" untuk menambahkan detail obat racikan yang akan dijual ke pasien.

        Saat menambahkan obat Anda dapat mencari obat pada kolom nama obat dengan menginputkan beberapa kata kunci atau klik tombol segitiga terbalik untuk memunculkan kemungkinan list obat yang dicari beserta jumlah stok yang tersedia sekaligus indikator warnanya. Jika obat sudah ditambahkan Anda bisa lanjutkan dengan klik tombol Update.

        Jika anda memilih obat yang tidak memiliki stok atau 0 (kosong), maka sistem akan menampilkan form yang berisi obat atau alkes yang serupa (jenis dan kategorinya sama). Anda dapat memilih obat atau alkes alternatif pengganti obat yang stoknya kosong, kemudian klik tombol Pilih.

        Pada sistem saat ini, jika Anda menginputkan data penjualan obat dengan penjamin BPJS dan pada menu Pengaturan Awal Farmasi untuk setting “Sembunyikan Obat Non JKN” tersetting Aktif, maka daftar obat yang muncul di penjualan adalah data Master Obat dan Alkes dengan status “Formularium Obat JKN” Aktif saja. Sehingga tidak semua data obat dan alkes ditampilkan.
        Jika Anda memilih obat dengan stok 0, dan muncul notif untuk menampilkan obat serupa, maka yang ditampilkan adalah obat dengan opsi Formularium Obat JKN “Tidak".
        Berikut gambar selanjutnya,

        Saat menambahkan obat racikan Anda diwajibkan menentukan terlebih dahulu satuan akhir obat racikan dan jumlah obat racikan yang akan diberikan kepada pasien dengan melakukan double klik pada list racikan yang muncul,

        Kemudian tambahkan detail obat racikan dengan klik tombol "Tambah Detail Racikan" lalu lanjutkan dengan menambahkan data obat pada kolom nama obat.

        Lalu lanjutkan dengan menentukan dosis yang diinginkan dengan menginputkan pada salah satu kolom yaitu "Dosis yang diinginkan" atau "Dosis yang diinginkan (Pecahan)". Jika proses pengisian sudah selesai, Anda dapat klik tombol "Update".
    2. Template Penjualan
      Fitur ini dapat digunakan oleh user untuk membuat template penjualan dengan obat tertentu. Sehingga user dapat melakukan proses penjualan dengan detail yang sudah ditentukan berdasarkan seringnya obat / resep tersebut dibeli oleh pasien maupun non pasien.

      Anda dapat menambahkan detail penjualan menggunakan template dengan cara klik tombol "Template Penjualan". Setelah itu sistem akan menampilkan pop up untuk memilih template yang sudah tersedia, lalu klik 2x untuk memilih template penjualan.

      Jika Template belum ada, Anda dapat klik tombol "Tambah" pada pop up template penjualan. Jika Anda ingin mengubah template Anda bisa klik tombol "Edit", kemudian untuk menghapus template Anda bisa klik tombol "Hapus".

      Jika Anda klik tombol tambah maka sistem akan menampilkan form template penjualan. Anda dapat menambahkan nama template yang ingin Anda Buat, kemudian pilih depo dan selanjutnya isikan detail obat non racikan maupun racikan pada template.

      Jika sudah selesai Anda bisa klik tombol "Simpan" untuk menyimpan template penjualan.
    3. E Tiket
      Fitur ini digunakan untuk menginputkan data seperti Aturan Pakai, Waktu Pakai, Cara Pakai, Jam, Tanggal Minum dan Keterangan untuk obat yang akan diberikan kepada pasien.

      Jam dan Tanggal Minum pasien didapatkan dari inputan resep pada pelayanan pasien. Anda bisa melakukan pengisian E Tiket ini dengan klik tombol E Tiket pada form pelayanan penjualan obat.

      Jika data E Tiket sudah diinputkan Anda bisa klik tombol "Simpan" untuk menyimpan, Simpan untuk Template digunakan untuk menyimpan isian menjadi template yang nantinya akan muncul di List Template.
    4. History Resep
      Fitur history resep digunakan untuk menampilkan informasi resep yang pernah diberikan pada pasien dari kunjungan sebelumnya. Dengan fitur ini Anda tidak hanya dapat melihat history resep, melainkan Anda juga dapat menggunakan data histori resep untuk penjualan obat yang akan dilakukan saat ini. Anda dapat menggunakan histori sebagai penjualan dengan cara double klik pada histori yang akan digunakan.

      Pada list histori resep ini Anda juga dapat mencetak resep sebelumnya pada pasien tersebut.
    5. Selesai Pelayanan
      Jika isian data penjualan obat sudah selesai anda bisa lanjutkan dengan melakukan penyimpanan dan mencetak bukti penjualan obat. Anda cukup klik tombol "Simpan & Cetak" dan apabila Anda ingin membatalkan proses penjualan bisa klik tombol "Reset".


  5. History Pembelian
    Tombol History Pembelian digunakan untuk menampilkan sejarah pembelian pasien terdaftar dengan menampilkan window Info History Pembelian Obat Pasien seperti gambar berikut.


  6. Alergi Pasien
    Tombol Alergi Pasien digunakan untuk menampilkan informasi pasien terkait alergi yang dimiliki pasien dengan menampilkan window informasi alergi.

    Anda dapat menambahkan detail alergi pasien dengan cara klik tombol "Tambah" atau klik tombol "Edit" untuk mengganti detail alergi yang ada.


  7. Katalog Obat / Alkes
    Tombol Katalog Obat/Alkes digunakan untuk menampilkan informasi tentang detail obat beserta harga obat atau alkes seperti gambar berikut,

    Data yang ditampilkan pada halaman katalog obat/alkes bisa di ambil datanya dalam bentuk excel atau di cetak. Proses menarik data di form katalog ini dibatasi 10.000 data.


  8. List Penjualan
    Tombol List Penjualan digunakan untuk menampilkan daftar penjualan yang pernah dilakukan di apotek. Dalam form list penjualan, Anda dapat melihat semua transaksi penjualan yang pernah dilakukan oleh pasien. Pada form list penjualan ini Anda juga bisa melakukan beberapa aksi seperti,
    1. Menambahkan penjualan, saat klik tombol Tambah Anda akan kembali ke form penjualan kembali.
    2. Membatalkan penjualan, saat klik tombol Batal Penjualan maka transaksi yang Anda Select (pilih) akan dibatalkan secara sistem.
    3. Melihat detail transaksi, Anda bisa pilih transaksi yang ada pada list kemudian klik tombol Lihat.
    4. Mencetak kembali bukti penjualan apotek, Anda bisa pilih transaksi yang ada pada list kemudian klik tombol Cetak Bukti.
    5. Mencetak copy resep untuk diberikan ke pasien, Anda bisa pilih transaksi yang ada pada list kemudian klik tombol Copy Resep.
    6. Mencetak nomor antrian pasien untuk mengambil obat, Anda bisa pilih transaksi yang ada pada list kemudian klik tombol Cetak Antrian.
    7. Tombol Display Antrian digunakan untuk menampilkan nomor antrian pada tv display.
    8. Tombol Kirim Data IHS digunakan untuk,
    9. Tombol dengan icon speaker digunakan untuk memanggil nomor antrian berjalan.
    10. Pada bagian Selesai jika bagian tersebut di klik maka transaksi yang terpilih akan ditandai oleh sistem sebagai proses yang sudah selesai.

  9. E-Resep
    Tombol E-Resep digunakan untuk menampilkan daftar e-resep yang dapat diproses oleh user apotek agar menjadi transaksi penjualan. Data yang ditampilkan adalah semua resep yang sudah diinputkan melalui pelayanan, user cukup memilih eResep dengan melakukan double klik pada salah satu list resep.

    Pada saat proses penebusan E-resep pada halaman penjualan akan muncul kolom tambahan yaitu terkait kolom Tagihan KIE seperti berikut:

    Untuk kolom tagihan KIE ini nominalnya akan otomatis mengikuti nilai nominal yang sudah disetting pada
    menu Pengaturan Awal Farmasi.

  10. ODD & UDD
    Tombol ODD dan UDD digunakan untuk melakukan penebusan resep dengan tipe ODD dan UDD. Dimana perbedaan ke-2 tipe resep tersebut adalah sebagai berikut,
    1. ODD (One Day Dose)
      Resep tipe ODD adalah resep yang akan selalu muncul pada list ODD setiap hari, sampai dengan status pasiennya dipulangkan pada sistem. Penebusan obat ODD dapat dilakukan 1x per harinya dan e-tiket obat juga akan muncul 1x. Berikut adalah tampilan e-tiket untuk resep ODD,
    2. UDD (Unit Day Dose)
      Resep tipe UDD adalah resep yang dalam proses penebusannya akan otomatis mencetak e-tiket obat secara bersamaan sampai dengan dosis obat yang diberikan habis. Sebagai contoh misal pasien mendapatkan resep tipe UDD dengan obat Amoxicillin dengan jumlah 10 tablet dengan dosis 1x per hari. Maka saat ditebus dan cetak e-tiket akan muncul sejumlah 10 e-tiket sesuai dosis dan jumlah yang diberikan sampai obat tersebut habis. Berikut adalah tampilan cetak e-tiket untuk resep UDD.


  11. Obat Kadaluarsa
    Tombol Obat Kadaluarsa digunakan untuk menampilkan daftar obat yang akan kadaluarsa di faskes Anda. Sistem akan memunculkan form yang berisi obat yang akan kadaluarsa. Pada form ini juga ada fitur-fitur pendukung seperti "
    Pembuangan", "Opname" dan "Retur Pembelian".

    Jika fitur pendukung "Pembuangan" di klik maka sistem akan mengarahkan pada menu pembuangan dan pengalihan. Jika fitur pendukung "Opname" di klik maka sistem akan mengarahkan pada menu stok opname. Jika fitur pendukung "Retur Pembelian" di klik maka sistem akan mengarahkan pada menu retur obat dan alkes.

  12. Rekening Pasien
    Fitur rekening pasien dapat digunakan oleh user untuk menampilkan total tagihan pasien  secara keseluruhan. Hal ini dapat memfasilitasi user jika ada permintaan dari pasien yang ingin mengetahui tagihannya selama berobat di faskes Anda.

    Data yang ditampilkan pada fitur rekening ini beracuan pada
    menu kasir tagihan dan kasir sentral. Pada fitur ini Anda juga dapat mencetak rekening pasien jika pasien membutuhkannya.


  13. Koreksi Penjualan
    Tombol Koreksi Penjualan digunakan untuk menampilkan list penjualan yang bisa dilakukan koreksi atas penjualan. Saat melakukan proses koreksi user akan diwajibkan mengisi otorisasi atasan untuk melakukan koreksi penjualan atau hak akses koreksi penjualan.

    Setelah permintaan otorisasi selesai diinputkan maka akan muncul form yang menampilkan list penjualan yang dapat dilakukan proses koreksi.

CATATAN:
  1. Obat yang muncul pada penjualan apotek berdasarkan data master obat.
  2. Harga yang muncul pada penjualan apotek berdasarkan data master harga jual obat. Nominal yang muncul pada embalase dan tuslah berdasarkan master embalase dan tuslah.
  3. Fitur koreksi penjualan dapat digunakan jika fitur tersebut di aktifkan. Anda dapat mengaktifkan fitur koreksi dengan cara masuk ke menu Pengaturan Awal Farmasi kemudian masukkan kata kunci "koreksi" pada kolom pencarian.
  4. Otorisasi pada penjualan farmasi dapat disetting pada menu master depo dan unit serta pada menu data pegawai pastikan pegawai tersebut menjadi penanggung jawab.
  5. Stok yang muncul pada penjualan obat adalah stok yang ada pada depo masing-masing unit di instalasi farmasi (secara sistem), Anda juga dapat melakukan pengecekan stok dengan masuk ke menu stok obat dan alkes.
  6. Agar e-Tiket dapat dicetak, Anda dapat lakukan setting cetak e-tiket terlebih dahulu dengan aplikasi pihak ketiga Qz-Tray di menu Setting E-Tiket.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.

    • Related Articles

    • Menu Laporan Penjualan

      Apply To: All Products Menu Laporan Penjualan digunakan untuk melihat laporan data penjualan obat baik yang dari penebusan resep atau penjualan bebas pada modul Apotek/Farmasi. Dalam menu laporan ini Anda dapat mencetak laporan atau mengekspor ...
    • Menu List Penjualan

      Apply To: All Products Menu List Penjualan menampilkan daftar transaksi penjualan yang terjadi di apotek atau farmasi. Anda dapat mengakses menu ini pada Menu Penjualan Obat dan Anda juga bisa mengaksesnya pada menu Apotek > Penjualan > List ...
    • Menu Pengaturan Awal Farmasi

      Apply To : All Products Menu Pengaturan Awal Farmasi ini digunakan untuk melakukan pengaturan awal yang akan dibutuhkan pada saat pelayanan di unit farmasi. baik dalam penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan dan lain sebagainya. Anda dapat ...
    • Menu Data Farmasi

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Data Farmasi digunakan untuk melihat data statistik transaksi farmasi pada sistem. Pada menu berikut, Anda dapat melakukan penarikan data statistik untuk ...
    • Menu Ubah Penjamin Farmasi

      Apply To : Trustmedis Beauty, Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Ubah Penjamin Farmasi digunakan untuk melakukan proses perubahan penjamin untuk transaksi penjualan farmasi yang dilakukan pada menu Penjualan Obat. Untuk ...