Menu Pengaturan Awal Farmasi

Menu Pengaturan Awal Farmasi

Apply To : All Products

Menu Pengaturan Awal Farmasi ini digunakan untuk melakukan pengaturan awal yang akan dibutuhkan pada saat pelayanan di unit farmasi. baik dalam penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan dan lain sebagainya.
Anda dapat masuk ke modul Setting > Farmasi > Pengaturan Awal Farmasi, Kemudian sistem akan menampilkan list daftar pengaturan yang telah tersedia. Anda dapat mencari dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian, lalu pilih pengaturan kemudian klik tombol "Edit" untuk melakukan proses pengaturan awal. 

Berikut beberapa pengaturan awal yang perlu Anda sesuaikan di awal,
  1. Informasi Formularium Resep Pelayanan
    Pengaturan ini digunakan untuk menampilkan pilihan obat formularium termasuk ke dalam formularium Nasional atau Rumah Sakit.

    Jika Anda memilih "Tampil" kemudian klik tombol "Simpan", maka pada Master Data Obat dan Alkes akan ada pilihan terkait formularium.
  2. Koreksi Penjualan
    Pengaturan ini digunakan untuk menampilkan tombol koreksi obat pada form penjualan. Anda dapat memilih "Aktif" pada radio button "Status" maka tombol "Koreksi" pada Penjualan Obat di farmasi akan muncul.

    Jika Anda memilih "Aktif" pada radio button "Otoritas Koreksi Penjualan" maka saat proses koreksi penjualan, sistem akan meminta Authorisasi. User yang dapat melakukan proses Koreksi dengan authorisasi bisa Anda inputkan pada kolom "User Koreksi Penjualan".
  3. Notif Suara Farmasi
    Pengaturan ini digunakan untuk memunculkan notifikasi dalam bentuk suara pada form penjualan ketika Ada E-Resep aktif dan Obat Kadaluarsa. Anda dapat memilih aktif pada radio button "E-Resep" dan "Obat Kadaluarsa". Anda juga dapat mengatur nada yang akan digunakan sebagai nada dering pada bagian "Nada Notifikasi".
  4. Opsi Pemotongan Stok Racikan
    Pengaturan ini digunakan untuk proses pemotongan stok obat pada saat penjualan obat racikan. Anda dapat memilih "Bulat" atau "Desimal" pada radio button "Opsi".

    Setelah Anda klik tombol "Simpan" maka proses penjualan obat racikan, stok yang akan digunakan mengikuti pengaturan awal, yaitu terpotong satuan atau pecahan.
  5. Opsi Hitung Harga Racikan
    Pengaturan ini digunakan untuk menghitung harga yang akan dikonversi saat ada penjualan obat racikan. Anda dapat memilih "Bulat" atau "Desimal" pada radio button "Opsi".

    Setelah Anda klik tombol "Simpan" maka proses penjualan obat racikan, harga yang akan digunakan mengikuti pengaturan awal, yaitu harga satuan atau harga yang sudah terkonversi dari nilai pecahan yang digunakan.
  6. Penerimaan Angka Koma
    Pengaturan ini digunakan agar pada saat proses penerimaan di menu Penerimaan Obat dan Alkes, dapat menghitung satuan desimal.
  7. Penerimaan Barang PKP/Non PKP
    Pengaturan ini digunakan agar perhitungan pajak saat proses penerimaan di menu Penerimaan Obat dan Alkes, disesuaikan dengan status faskes PKP atau Non PKP.

    Anda dapat memilih "PKP" atau "Non PKP" atau "Master Supplier" pada radio button "Setting PKP", setelah itu Anda dapat melanjutkan dengan klik tombol "Simpan" untuk menyimpan perubahan.
  8. Tagihan Layanan KIE
    Pengaturan ini digunakan untuk menampilkan tagihan layanan KIE pada penjualan farmasi dan pada cetakan nota penjualan farmasi.

    Isikan nilai tagihan KIE pada kolom Besaran Tagihan, maka nilai tersebut akan muncul pada window penjualan obat dan juga cetakan nota apabila pengaturan ini diaktifkan.
  9. Sembunyikan Obat Non-JKN
    Pengaturan ini digunakan pada menu Penjualan Obat yang ada di modul Apotek. Fitur ini ditujukan untuk menampilkan pilihan obat dengan penjamin selain BPJS.

    Anda dapat mencari setting pada pengaturan awal farmasi ini dengan menggunakan keyword yang berhubungan dengan "Sembunyikan Obat Non-JKN". Jika Anda memilih "Aktif" pada radio button "Status", maka pada saat proses penjualan akan muncul tombol "Tambah Obat Non JKN" yang berfungsi menampilkan data obat dengan status Obat JKN "Tidak" pada menu Master Obat dan Alkes .

    Dengan demikian tombol "Tambah" yang ada pada penjualan hanya akan menampilkan data obat dengan status Obat JKN "Ya" pada menu Master Obat dan Alkes jika pasien berpenjamin BPJS.

    Jika Anda memilih Tidak Aktif, maka semua obat akan dimunculkan pada tombol "Tambah".
  10. Harga Jual
    Setting ini digunakan untuk mengatur setting penghitungan rumus harga jual berdasarkan dari HNA, HPP Average atau HPP (Per ED),
    1. HNA : Setting perhitungan rumus berdasarkan HNA
    2. HPP Average : Setting perhitungan berdasarkan rata-rata HPP
      Contoh perhitungan :
      PO 1 = obat Y → 10 item ; Harga Rp 1000/item ; HPP 1000
      PO 2 = obat Y → 3 item ; Harga Rp 1000/item ; HPP 1000
      PO 3 = obat Y → 2 item ; Rp 500/item ; HPP 500
      PO 4 = obat Y → 10 item ; Rp 1000/item ; HPP 1000
      PO 5 = obat Y → 5 item ; Rp 500/item ; HPP 500
      Total item = 30 ( HPP 1000 = 23 item dan HPP 500 = 7 item )
      HPP average = (500x7)+(1000x23)/30 = 883.33
    3. HPP (Per ED) : Setting perhitungan berdasarkan HPP per tanggal kadaluarsa

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.

    • Related Articles

    • Menu Pengaturan Awal

      Apply To : All Products Menu Pengaturan Awal ini digunakan untuk melakukan pengaturan yang dibutuhkan saat melakukan proses penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan, menentukan data pelayanan serta menentukan periode pembukuan. Anda dapat ...
    • Menu Pengaturan Awal Qontak

      Apply to: All Products Menu Pengaturan Awal Qontak adalah menu yang digunakan untuk melakukan setting awal terkait integrasi dengan Qontak. Untuk melakukan setting awal integrasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: Klik tombol Integrasi ...
    • Menu Pengaturan Awal Penggajian

      Apply To : All Product Menu Pengaturan Awal pada penggajian digunakan untuk mengatur beberapa kondisi yang nantinya akan berpengaruh ke modul Penggajian. Untuk mengakses menu Pengaturan Awal berikut ini langkahnya : Masuk ke menu Setting > Penggajian ...
    • Menu Pengaturan Awal Pelayanan

      Apply to: All Products Menu Pengaturan Awal Pelayanan ini digunakan untuk melakukan pengaturan yang dibutuhkan saat melakukan proses pelayanan baik dalam penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan, menentukan data pelayanan, dan lain ...
    • Menu Pengaturan Awal

      Apply To : Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu pengaturan awal pada modul BPJS adalah fitur penting yang dapat membantu Anda mengatur beberapa fungsi integrasi dengan BPJS secara tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang ...