Menu Retur Obat dan Alkes

Menu Retur Obat dan Alkes

Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite

Menu Retur Obat dan Alkes dapat digunakan untuk melakukan proses retur pada suplier obat dan alkes. Anda dapat melakukan proses retur obat dan alkes dengan mengikuti langkah - langkah berikut,
  1. Masuk ke menu Purchasing > Pembelian Medis > Retur Obat dan Alkes kemudian sistem akan menampilkan form yang akan berisi list data retur. Kemudian lanjutkan dengan klik tombol "Tambah".

  2. Isikan tanggal kapan retur pembelian dilakukan, lalu pada isian nomor faktur klik tombol pencarian untuk mencari nomor faktur mana yang akan diretur.
  3. Double klik pada list data nomor faktur yang akan Anda retur, kemudian data detail penerimaan stok obat dan alkes seperti data nama supplier, metode pembayaran, alamat supplier dan unit penerimaan obat akan muncul secara otomatis.
  4. Pilih isian opsi retur (alasan kenapa dilakukan retur) pada dropdown yang disediakan. Terdapat 3 pilihan opsi retur yang dapat Anda gunakan yaitu sebagai berikut
    1. Ganti Barang
      Ganti barang adalah opsi retur dimana terdapat proses pergantian barang antara barang yang telah diterima, kemudian dikembalikan kembali kepada pihak supplier untuk digantikan dengan barang yang lain.
    2. Ganti Bayar
      Ganti bayar adalah opsi retur dimana terdapat proses pergantian metode pembayaran yang digunakan pada proses penerimaan sebelumnya, dan digantikan dengan metode pembayaran yang lain.
    3. Nota Kredit (CN)
      Nota kredit adalah opsi retur berupa berkas atau dokumen yang membuktikan terjadi pengurangan piutang usaha karena adanya pengembalian barang dagangan dikarenakan penurunan harga. Untuk opsi retur nota kredit, sistem akan men-generate nomor nota kredit secara otomatis.
  5. Kemudian isikan detail barang yang akan dilakukan proses retur, pastikan nama dan jumlah barang yang akan diretur sudah sesuai.
  6. Selanjutnya Anda dapat melakukan proses penyimpanan transaksi retur dengan 2 opsi pilihan, yaitu penyimpanan dengan status DRAFT dimana data transaksi retur masih dapat dilakukan proses edit kembali atau jika Anda sudah yakin dengan data yang telah Anda isikan maka Anda dapat langsung klik pada tombol simpan dan cetak.
  7. Jika Anda menyimpan transaksi retur dalam status DRAFT maka untuk merubah statusnya dari DRAFT menjadi SELESAI, maka Anda cukup klik tombol edit kemudian klik simpan dan cetak.
  8. Jika status transaksi retur sudah SELESAI maka akan muncul data cetakan surat retur pembelian sebagai berikut.
  9. Kemudian untuk memastikan stok barang sudah berhasil dilakukan retur atau belum, Anda dapat melakukan pengecekan pada menu Kartu Stok Farmasi.
  10. Pada menu ini selain Anda bisa menambahkan dan merubah data retur, Anda juga dapat menghapus data retur yang ada pada list retur. Anda dapat melakukan hapus dengan cara pilih data yang akan dihapus kemudian klik tombol "Hapus".

    Fitur hapus ini hanya bisa dilakukan pada data retur yang masih berstatus "Draft", jika data berstatus "Selesai" maka sistem akan memunculkan notifikasi bahwa data sudah dapat dihapus.

    Proses hapus hanya bisa dilakukan pada user yang di menu data pegawai user tersebut menjadi penanggung jawab, kemudian memiliki hak akses menghapus yang ada di menu akun operator dan menjadi penanggung jawab di menu penanggung jawab.

CATATAN:
  • Jika user yang digunakan untuk login tidak dapat melihat data transaksi retur obat dan alkes mohon cek terlebih dahulu unit kerja user apakah sudah diberikan akses ke unit kerja Gudang Farmasi pada menu Akun Operator. Selain itu mohon cek apakah data user sudah ditambahkan sebagai penanggungjawab pada menu Master Depo dan Unit. 
  • Untuk opsi retur Nota Kredit (CN) nomor nota akan otomatis muncul jika status retur sudah SELESAI dan tidak akan muncul jika status transaksi retur adalah DRAFT.
  • Untuk transaksi retur dalam status DRAFT data stok barang masih belum terjadi pengurangan. Pengurangan stok terjadi jika status transaksi retur adalah SELESAI.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.


    • Related Articles

    • Menu Laporan Retur Pembelian

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Laporan Retur Pembelian adalah menu yang menampilkan data retur pembelian yang telah ditambahkan pada Menu Retur Pembelian. Untuk mengakses menu Laporan Retur ...
    • Menu Rencana Pengadaan Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu ini digunakan untuk melakukan perencanaan pembelian obat dan alkes di fasilitas kesehatan Anda. Anda dapat membuat data transaksi rencana pengadaan obat dan ...
    • Menu Surat Pesanan Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Surat Pesanan Obat dan Alkes dapat digunakan untuk membuat surat pesanan secara langsung maupun menarik data secara otomatis dari Rencana Pengadaan Obat dan ...
    • Menu Laporan Surat Pesanan Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Laporan Surat Pesanan Obat dan Alkes menampilkan data surat pemesanan obat dan Alkes yang telah ditambahkan sebelumnya pada Menu Surat Pesanan Obat dan Alkes. ...
    • Menu Stok Obat dan Alkes

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Lab, Trustmedis Beauty, Trustmedis Pharmacy Menu stok obat dan alkes selain memiliki fungsi sebagai menu yang bisa melihat ketersediaan stok menu ini juga bisa mencetak dan menarik data obat dan alkes dalam ...