Menu Kasir Tagihan

Menu Kasir Tagihan

Apply To : All Products

Menu Kasir Tagihan digunakan untuk proses pembayaran tagihan pasien yang dicover oleh BPJS, ASURANSI atau PERUSAHAAN. Terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan pada menu Kasir Tagihan, diantaranya adalah sebagai berikut,
  1. Pembayaran Pelunasan Tagihan Pasien
    1. Anda dapat masuk ke menu Kasir > Kasir > Kasir Tagihan
    2. Saat pertama kali masuk ke menu Kasir Tagihan, Anda harus memilih opsi Kasir yang akan digunakan pada dropdown berikut.

      Data kasir akan mengambil dari menu Master Kasir.
    3. Gunakan Filter untuk mencari data pasien.

      Filter yang tersedia adalah sebagai berikut:

      Keterangan:
      1. Filter Data Pasien
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan Nama Pasien, Nomor Rekam Medis dan Nomor Pendaftaran.
      2. Filter Unit
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan unit pasien didaftarkan. Cukup klik dropdown maka akan muncul pilihan unit yang aktif.
      3. Filter Pembayaran
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan pembayaran pasien apakah menggunakan asuransi atau umum.
      4. Filter Penanggung
        Pilih penjamin penanggung asuransi pasien. Data yang muncul berdasarkan data penjamin yang ada di sistem.
      5. Filter Dipulangkan
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan status pasien apakah sudah dipulangkan atau belum.
      6. Filter Piutang
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan filter piutang pasien apakah sudah diinputkan atau belum piutang penjaminnya.
      7. Filter Periode MRS
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan tanggal pasien didaftarkan.
      8. Filter Periode KRS
        Anda bisa menggunakan pencarian berdasarkan tanggal pasien dipulangkan. Jika filter sudah diterapkan, klik tombol Cari Data, maka sistem akan memunculkan daftar pasien sesuai filter yang Anda gunakan.
    4. Pilih data pasien, kemudian klik 2x data pasien atau klik tombol Detail untuk melihat data detail tagihan pasien. Selanjutnya akan muncul tampilan detail tagihan pasien sebagai berikut,
    5. Pada detail tagihan pasien di kasir tagihan Anda dapat melakukan perubahan lama perawatan pasien dengan cara klik 2x pada detail tagihan kamar pasien sebagai berikut,
      Setelah mengisi data lama perawatan klik tombol update dan isikan username dan password user yang Anda gunakan untuk melakukan proses otorisasi perubahan yang Anda lakukan.
    6. Selanjutnya checklist pada bagian tagihan yang akan Anda bayarkan, kemudian pada bagian Selesai klik opsi "YA", dan akan muncul tombol Piutang.

      Klik tombol Piutang tersebut dan isikan nama penjamin yang mengcover tagihan pasien tersebut dan nominal tagihan yang dicover pada field "Nilai". Jika sudah, maka klik tombol "Save & Cetak Kwitansi".

      Jika pada menu Master Rekanan Anda memilih opsi aktif untuk nilai materai, maka saat klik tombol “Ya” akan muncul kolom materai sebagai berikut:
    7. Setelah menginputkan nilai piutang, silahkan klik tombol "Tutup" untuk kembali ke halaman detail tagihan pasien. Pada bagian cara bayar Anda dapat memilih opsi cara pembayaran yang akan Anda gunakan, khusus untuk cara bayar transfer maka Anda harus memilih data Bank Faskes dan Nomor Rekening Faskes. Untuk data rekening faskes akan mengambil data dari menu Rekening Bank.

      Jika jumlah piutang yang diinputkan kurang dari nominal tagihan, maka sisa nominal tagihan yang tidak tercover oleh penjamin akan otomatis menjadi exes tagihan. Sebagai contoh pada transaksi berikut,
      Nominal cover yang diberikan oleh penjamin adalah 50.000, maka nominal 9.000 yang tidak dicover akan otomatis menjadi exes asuransi pada saat tagihan pasien dilunasi. Jika Anda hanya akan melunasi sebagian tagihan, Anda cukup checklist sebagian tagihan terlebih dahulu kemudian lakukan proses pelunasan seperti yang sudah disebutkan diatas.
    8. Jika proses sudah selesai Anda dapat klik tombol "Simpan & Cetak Kwitansi" untuk melunasi tagihan pasien dan mengakhiri proses pembayaran di kasir tagihan. Selain langsung cetak Kwitansi, Anda juga dapat melakukan Cetak Rekening Pasien dengan beberapa opsi model cetakan seperti berikut.
    9. Untuk opsi Cetakan Rekening Pasien Detail, sebelumnya harus dilakukan pengaturan status aktif atau nonaktifnya pada menu Pengaturan Awal Pelayanan dan pengaturan tampilan cetakannya di menu Master Jenis Cetakan Keuangan dan Setting Cetakan Keuangan.
    10. Jika status transaksi sudah Lunas maka warna tagihan pasien pada list pasien kasir tagihan akan berubah menjadi warna Merah,

      dan detail tagihan juga akan berubah menjadi warna Merah.
    11. Anda juga dapat melihat apakah proses pembayaran pasien sudah berhasil atau belum, Anda dapat cek melalui menu List Pembayaran Kasir Sentral dan menu Laporan Penerimaan Kasir.


  2. Fitur Biaya Non Layanan
    Fitur biaya non layanan digunakan untuk menambahkan, merubah dan menghapus data biaya tambahan yang bersifat non layanan.
    Contoh: Biaya Surat Sakit, Biaya Cetak Kartu dll. Untuk menggunakan fitur Biaya Non Layanan, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut,
    1. Pada tampilan detail pasien, Anda dapat klik tombol Biaya Non Layanan kemudian pilih dan klik Tambah.
    2. Setelah itu sistem akan memunculkan form Biaya Non Layanan. Pada form ini Anda dapat mengklik tombol "Add", kemudian pilih data Biaya Non Layanan yang akan ditambahkan dari dropdown yang tersedia. Daftar data Biaya Non Layanan berikut akan mengambil data dari menu Biaya Lain-Lain.

      Jika sudah memilih data maka klik tombol simpan, dan data Biaya Non Layanan akan muncul pada tagihan pasien,
    3. Anda juga dapat merubah data Biaya Non Layanan dengan cara klik tombol Biaya Non Layanan kemudian pilih "Edit",

      Lalu sistem akan memunculkan form Biaya Non Layanan untuk Anda ubah. Klik 2x pada data yang akan di edit kemudian Update dan Simpan Kembali.
      Anda juga dapat menghapus Biaya Non Layanan dengan cara klik tombol "Delete" pada form "Biaya Non Layanan", jika sudah klik tombol "Simpan".
    4. Anda dapat menghapus biaya kartu pada tagihan yang sudah termasuk saat proses pendaftaran dengan cara klik tombol Biaya Non Layanan kemudian pilih "Hapus Biaya Kartu".
    5. Anda juga dapat menghapus biaya Surat Medis yang dibuat saat proses pelayanan dengan cara klik tombol Biaya Non Layanan kemudian pilih dan klik opsi Surat Medis.
      Kemudian sistem akan memunculkan form Data Surat Medis, selanjutnya Anda dapat memilih biaya surat medis mana yang akan di hapus dengan mengklik tombol "Delete".


  3. Fitur Diskon
    Fitur diskon pada kasir digunakan untuk memberikan diskon pada tagihan pasien, terdapat 2 jenis diskon yang dapat Anda gunakan, yaitu diskon global dan diskon per item.
    1. Diskon Global
      Diskon global adalah diskon yang akan memotong dari keseluruhan total tagihan pasien. Anda dapat menambahkan diskon global, dengan cara sebagai berikut:
      1. Checklist seluruh tagihan pasien, kemudian klik tombol Enable Diskon
      2. Kemudian sistem akan meminta otorisasi dengan cara memasukkan username dan password untuk memberikan diskon.
      3. Klik pada kolom Diskon Tagihan, setelah itu sistem akan memunculkan form Diskon Global.
      4. Isikan nominal diskon pada kolom Diskon (%) atau Diskon (Rp) dan isikan alasan pemberian diskon, kemudian klik simpan. Jika diskon sudah berhasil tersimpan, maka nominal diskon akan muncul pada kolom Diskon Tagihan.
    2. Diskon Per Item
      Diskon per item adalah diskon yang dapat digunakan untuk memberikan diskon khusus untuk item Tindakan dan Penunjang Medis saja. Untuk menambahkan diskon per item, Anda dapat mengikuti langkah berikut,
      1. Pilih data tindakan atau penunjang medis yang akan didiskon. Kemudian klik tombol diskon.
      2. Kemudian sistem akan meminta otorisasi dengan cara memasukkan username dan password untuk memberikan diskon.
      3. Kemudian sistem akan menampilkan form "Diskon Komponen Tindakan". Lalu isikan nominal diskon yang akan diberikan pada kolom Diskon (%) atau Potongan. Selanjutnya Anda diwajibkan menuliskan alasan pemberian diskon. Jika sudah selesai klik tombol “simpan”.
      4. Data diskon per item yang berhasil ditambahkan akan muncul pada kolom diskon di detail tagihan pasien.
    3. Menghapus Diskon
      Menghapus diskon global maupun diskon per item dapat Anda lakukan dengan cara yang sama seperti saat memberikan diskon, hanya saja untuk nominal diskonnya Anda isikan dengan jumlah 0.
      1. Hapus Diskon Global
        Anda dapat menghapus diskon global dengan cara checklist semua tagihan, kemudian klik field "Diskon Tagihan". Setelah itu pada kolom nominal diskon silahkan isi dengan jumlah 0 lalu klik "Simpan".

        Jika Anda menchecklist kembali seluruh tagihan dan nominal pada kolom Diskon Tagihan sudah 0, maka diskon global Anda sudah berhasil terhapus.
      2. Hapus Diskon Per Item
        Anda dapat menghapus diskon per item dengan cara checklist data tindakan yang akan dihapus diskonnya kemudian klik tombol diskon.

        Setelah muncul form Diskon Tindakan, isikan nominal diskon sejumlah 0 pada kolom Diskon (%) dan Potongan lalu klik simpan. Jika nominal diskon pada tindakan sudah 0 maka diskon per item sudah berhasil terhapus.


  4. Fitur Voucher
    Fitur voucher digunakan untuk memberikan diskon berupa voucher, data voucher berikut diambil dari
    menu Master Voucher. Anda dapat menambahkan voucher dengan cara sebagai berikut,
    1. Pilih salah satu data tagihan atau semua tagihan dengan menchecklist data yang akan diberikan diskon voucher. Selanjutnya klik tombol Voucher dan akan muncul form voucher sebagai berikut,
    2. Pilih data voucher yang akan digunakan dari dropdown yang tersedia, setelah Anda pilih maka nominal nilai voucher akan otomatis muncul.

      Kemudian Klik tombol "Save Voucher" untuk menyimpan data voucher yang ditambahkan.
    3. Lalu Anda juga dapat menghapus data voucher yang sudah ditambahkan dengan cara, buka kembali form voucher dengan klik tombol "Voucher", kemudian klik tombol "Batalkan Voucher".


  5. Fitur Update Penjamin
    Fitur update penjamin digunakan untuk merubah penjamin pasien. Misalkan terdapat data pasien dengan penjamin awal ASURANSI kemudian diubah menjadi penjamin PERUSAHAAN, maka dapat dilakukan melalui fitur berikut.
    1. Pilih data pasien yang akan diubah data penjaminnya pada "List Tagihan Pasien", kemudian klik tombol Update Penjamin.
    2. Selanjutnya sistem akan memunculkan form penjamin pasien, isikan penjamin baru dan perusahaan penanggung serta nomor asuransi baru milik pasien, kemudian klik simpan. Untuk data perusahaan penanggung, akan mengambil data dari menu Master Rekanan.
    3. Jika Anda melakukan update penjamin dari pasien dengan penjamin ke pasien UMUM, maka data tagihan pasien akan otomatis berpindah ke list tagihan pasien yang ada di menu Kasir Sentral.

  6. Fitur Biaya Naik Kelas
    Fitur biaya naik kelas digunakan untuk menaikkan hak kelas pasien BPJS saja. Anda dapat melakukan proses naik kelas ini dengan cara sebagai berikut,
    1. Pilih data pasien yang akan diubah kelasnya pada "List Tagihan Pasien", kemudian klik tombol Biaya Naik Kelas.
    2. Selanjutnya sistem akan memunculkan form untuk pasien naik kelas. Kemudian isikan nilai deposit pasien pada field Total Deposit kemudian klik tombol + Deposit.
    3. Jika Anda menggunakan cara bayar transfer saat proses pembayaran deposit naik kelas, maka Anda harus mengisi detail informasi seperti Tanggal Transfer (akan otomatis terisi tanggal dan jam hari ini) beserta Bank milik faskes seperti berikut,
    4. Selanjutnya klik tombol Simpan dan Cetak dan data deposit biaya naik kelas pasien akan muncul pada menu List Pembayaran Kasir Sentral dengan keterangan “Kasir Sentral Deposit Naik Kelas”.


  7. Fitur Split/Merge
    Fitur split/merge digunakan untuk menggabungkan dan memisahkan tagihan pasien. Untuk tagihan yang dapat digabungkan adalah tagihan khusus RJ, IGD, RI dan LAB saja. Untuk menggabungkan atau memisahkan tagihan pasien, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut,
    1. Pilih data pasien yang akan Anda split/merge dari "List Tagihan Pasien", kemudian klik tombol split/merge.
    2. Kemudian sistem akan meminta authorisasi dengan cara memasukkan username dan password agar proses dapat dilanjutkan, kemudian sistem akan memunculkan form split/merge.

      Pada form ini Anda dapat menggabungkan tagihan pelayanan, penunjang dan tagihan farmasi (khusus penjualan bebas) saja. Kemudian tersedia juga fitur opsi ODC (One Day Care) yang berfungsi untuk menggabungkan tagihan jika pelayanan pasien termasuk pelayanan ODC.
    3. Kemudian untuk menggabungkan tagihan pasien, silahkan pilih data tagihan yang akan digabungkan kemudian klik 2x pada kolom No. Pendaftaran Asal. Selanjutnya pilih nomor pendaftaran mana yang akan dijadikan unit asal tagihan pasien.
      Sebagai contoh adalah tagihan Farmasi berikut akan digabungkan dengan tagihan RJ, maka dari itu pada kolom nomor pendaftaran asal harus diisikan dengan nomor pendaftaran RJ nya. Jika sudah dipilih maka selanjutnya klik simpan dan tagihan Farmasi tersebut akan otomatis muncul pada tagihan nomor pendaftaran RJ tersebut.
    4. Sedangkan untuk memisahkan tagihan pasien dapat dilakukan dengan cara klik icon “x” pada kolom Kosongkan. Selanjutnya klik tombol simpan dan data tagihan yang awalnya tergabung akan otomatis menjadi terpisah.


  8. Fitur Consent to Payment
    Fitur Consent to Payment digunakan untuk mencetak surat persetujuan pembayaran oleh pasien atau wali pasien. Anda dapat mencetak Consent to Payment dengan cara berikut,
    1. Pilih data pasien yang akan Anda cetak surat persetujuan pembayaran dengan klik tombol "Consent to Payment".
    2. Selanjutnya akan muncul cetakan dan Anda bisa mencetak surat tersebut untuk ditanda tangani oleh pasien atau wali pasien. Berikut bentuk cetakan dari Consent to Payment,

CATATAN:
  1. Otorisasi user untuk memberikan diskon dan melakukan split/merge dapat disetting melalui menu Akun Operator dan pilih "Aktif" pada opsi "Otorisasi Layanan".
  2. Jika pasien sudah mengisikan piutang, maka untuk proses klaim dapat dilakukan melalui menu Pengajuan Klaim.
Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.
    • Related Articles

    • Menu Master Kasir

      Apply to: All Products Menu Master Kasir merupakan menu yang digunakan untuk menambahkan opsi data kasir yang nantinya akan muncul di menu Kasir Sentral dan menu Kasir Tagihan, seperti pada gambar berikut, Anda dapat menambahkan data master kasir ...
    • Menu Kasir Sentral

      Apply To : All Products Menu Kasir Sentral digunakan untuk proses pembayaran tagihan pasien yang tidak dicover oleh penjamin atau tipe pembayaran mandiri oleh pasien, khususnya untuk pasien UMUM. Terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan pada ...
    • Menu Laporan Penerimaan Kasir

      Apply To : All Products Menu laporan penerimaan kasir digunakan untuk melakukan proses penarikan data nominal yang diterima oleh bagian kasir baik dari Kasir Sentral (Cash/Tunai) atau dari Kasir Tagihan. Pada laporan penerimaan kasir, proses ...
    • Menu Surat Tagihan Pasien

      Apply To : All Products Menu Surat Tagihan Pasien merupakan menu untuk mencetak atau meng-export tagihan pasien yang masih memiliki tunggakan yang harus dibayar oleh pasien. Berikut langkah mudah dalam melakukan pencetakan surat tagihan pasien umum ...
    • Menu List Pembayaran Kasir Sentral

      Pada menu ini Anda dapat melakukan proses pembatalan pembayaran yang sudah pernah dilakukan serta mencetak ulang kuitansi pasien. Berikut langkah mudah untuk menjalankan beberapa fitur pada menu list pembayaran kasir sentral. Anda dapat mengakses ...