Menu Kasir Tagihan

Menu Kasir Tagihan

Apply To : All Products


Menu Kasir Tagihan digunakan untuk proses pembayaran tagihan pasien yang dicover oleh BPJS, ASURANSI atau PERUSAHAAN. Terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan pada menu Kasir Tagihan, diantaranya adalah sebagai berikut  :

  1. Pembayaran Pelunasan Tagihan Pasien

  1. Silahkan masuk ke menu Kasir > Kasir > Kasir Tagihan.

  2. Pilih data pasien, kemudian klik 2x data pasien atau klik tombol Detail untuk melihat data detail tagihan pasien. Selanjutnya akan muncul tampilan detail tagihan pasien sebagai berikut :



  3. Selanjutnya checklist pada bagian tagihan yang akan Anda bayarkan, kemudian pada bagian Selesai klik opsi YA, dan akan muncul tombol Piutang.



    Klik tombol Piutang tersebut dan isikan nama penjamin yang mengcover tagihan pasien tersebut dan nominal tagihan yang dicover pada field Nilai. Jika sudah, maka klik Save & Cetak Kwitansi.



  4. Setelah menginputkan nilai piutang, silahkan kembali ke halaman detail tagihan pasien dan klik tombol Simpan & Cetak Kwitansi untuk melunasi tagihan pasien.



    Jika jumlah piutang yang diinputkan kurang dari nominal tagihan, maka sisa nominal tagihan yang tidak tercover oleh penjamin akan otomatis menjadi exes tagihan. Sebagai contoh pada transaksi berikut :



    Nominal cover yang diberikan oleh penjamin adalah 50.000, maka nominal 9.000 yang tidak dicover akan otomatis menjadi exes asuransi pada saat tagihan pasien dilunasi. Untuk melihat apakah proses pembayaran Anda sudah berhasil atau belum, silahkan dapat dicek melalui menu List Pembayaran Kasir Sentral



    Dan pada Laporan Penerimaan Kasir data laporannya akan menjadi sebagai berikut :



  5. Jika status transaksi sudah Lunas maka warna tagihan pasien akan berubah menjadi Merah dan detail tagihan juga akan berubah menjadi merah sebagai berikut :




  6. Jika pada saat proses pelunasan Anda hanya akan melunasi sebagian tagihan saja, maka Anda dapat checklist sebagian detail tagihan terlebih dahulu. Kemudian checklist ulang sisa tagihan saat tagihan pasien akan dilunasi.

  1. Fitur Biaya Non Layanan
    Fitur biaya non layanan digunakan untuk menambahkan, merubah dan menghapus data biaya tambahan yang bersifat non layanan. Contoh : Biaya Surat Sakit, Biaya Cetak Kartu dll. Untuk menggunakan fitur Biaya Non Layanan, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Silahkan masuk ke menu Kasir > Kasir Tagihan

  2. Klik 2x pada tagihan pasien, kemudian klik tombol Biaya Non Layanan > Klik Tambah



  3. Selanjutnya akan muncul form Biaya Non Layanan klik tombol Add. Pilih data Biaya Non Layanan yang akan ditambahkan dari dropdown yang tersedia. Daftar data Biaya Non Layanan berikut akan mengambil data dari menu Biaya Lain-Lain.



    Jika sudah memilih data maka klik tombol simpan, dan data Biaya Non Layanan akan otomatis muncul pada tagihan pasien.



  4. Untuk merubah data Biaya Non Layanan klik tombol Biaya Non Layanan > Edit kemudian akan muncul form Biaya Non Layanan untuk Anda ubah.

  5. Untuk Hapus Biaya Kartu klik Biaya Non Layanan kemudian klik opsi Hapus Kartu.

  6. Untuk Hapus Surat Medis klik Biaya Non Layanan kemudian klik opsi Surat Medis, kemudian akan muncul form Data Surat Medis berikut lalu klik tombol Delete.


  1. Fitur Diskon
    Fitur diskon pada kasir digunakan untuk memberikan diskon pada tagihan pasien, terdapat 2 jenis diskon yang dapat Anda gunakan, yaitu diskon global dan diskon per item.

  1. Diskon Global
    Diskon global adalah diskon yang akan memotong dari keseluruhan total tagihan pasien. Untuk menambahkan diskon global, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Checklist seluruh tagihan pasien, klik tombol Enable Diskon

  2. Masukkan username dan password untuk memberikan diskon.



  3. Klik pada kolom Diskon Tagihan dan akan muncul form Diskon Global



  4. Isikan nominal diskon pada kolom Diskon (%) atau Diskon (Rp) dan isikan alasan pemberian diskon, kemudian klik simpan. Jika diskon sudah berhasil tersimpan, maka nominal diskon akan muncul pada kolom Diskon Tagihan




  1. Diskon Per Item
    Diskon per item adalah diskon yang dapat digunakan untuk memberikan diskon khusus untuk item Tindakan dan Penunjang Medis saja. Untuk menambahkan diskon per item, Anda dapat mengikuti langkah berikut :

  1. Pilih data tindakan atau penunjang medis yang akan didiskon. Kemudian klik tombol diskon



  2. Masukkan username dan password untuk otorisasi pemberian diskon.

  3. Pada form Diskon Komponen Tindakan, isikan nominal diskon yang diberikan pada kolom Diskon (%) atau Potongan dan isikan alasan pemberian diskon. Selanjutnya klik simpan



  4. Untuk data diskon per item jika sudah berhasil ditambahkan maka nominal diskon akan muncul pada kolom diskon berikut


  1. Menghapus Diskon
    Untuk menghapus diskon, baik diskon global ataupun diskon tagihan untuk caranya sama dengan pada saat memberikan diskon, namun untuk nominal diskonnya diisikan sejumlah 0.

  1. Untuk diskon global checklist semua tagihan, klik field Diskon Tagihan kemudian akan muncul form Diskon Tagihan. Selanjutnya pada kolom nominal diskon silahkan diisi 0 lalu klik simpan.



    Jika Anda menchecklist kembali seluruh tagihan dan nominal pada kolom Diskon Tagihan sudah 0, maka diskon global Anda sudah berhasil terhapus.



  2. Untuk Diskon Per Item checklist data tindakan kemudian klik tombol diskon. Setelah muncul form Diskon Tindakan, isikan nominal diskon sejumlah 0 pada kolom Diskon (%) dan Potongan lalu klik simpan.



    Jika nominal diskon pada tindakan sudah 0 maka diskon per item sudah berhasil terhapus


  1. Fitur Voucher
    Fitur voucher digunakan untuk memberikan diskon berupa voucher, data voucher berikut diambil dari menu Master Voucher. Untuk menambahkan voucher, Anda dapat mengikuti langkah - langkah berikut :

  1. Checklist data yang akan diberikan diskon voucher. Anda dapat memilih salah satu data tagihan atau semua tagihan. Selanjutnya klik tombol Voucher dan akan muncul form voucher sebagai berikut :



  2. Pilih data voucher yang akan digunakan dari dropdown yang tersedia, setelah Anda pilih maka nominal nilai voucher akan otomatis muncul.



  3. Klik tombol Save Voucher untuk menyimpan data voucher yang ditambahkan.

  4. Untuk menghapus data voucher, Anda dapat buka kembali form voucher kemudian klik tombol Batalkan Voucher.

  1. Fitur Update Penjamin
    Fitur update penjamin digunakan untuk merubah penjamin pasien. Misalkan terdapat data pasien dengan penjamin awal ASURANSI kemudian diubah menjadi penjamin PERUSAHAAN, maka dapat dilakukan melalui fitur berikut. Untuk melakukan update penjamin Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu Kasir > Kasir Tagihan.

  2. Pilih data pasien yang akan diubah data penjaminnya, kemudian klik tombol Update Penjamin.



  3. Selanjutnya akan muncul form penjamin pasien, isikan penjamin baru dan perusahaan penanggung serta nomor asuransi baru milik pasien, kemudian klik simpan. Untuk data perusahaan penanggung, akan mengambil data dari menu Master Rekanan.



    Jika Anda melakukan update penjamin dari pasien dengan penjamin ke pasien UMUM, maka tagihan pasien akan otomatis berpindah ke Kasir Sentral.


  1. Fitur Biaya Naik Kelas
    Fitur biaya naik kelas digunakan untuk menaikkan hak kelas pasien BPJS saja. Untuk melakukan proses naik kelas Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke Menu Kasir > Kasir Tagihan

  2. Pilih data pasien kemudian klik tombol Biaya Naik Kelas.




  3. Selanjutnya akan muncul form untuk mengisikan nilai deposit pasien. Isikan nilai deposit pada field Total Deposit kemudian klik tombol + Deposit



  4. Selanjutnya klik tombol Simpan dan Cetak dan data deposit biaya naik kelas pasien akan muncul pada List Pembayaran Kasir Sentral dengan keterangan “Kasir Sentral Deposit Naik Kelas”





  1. Fitur Split/Merge
    Fitur split/merge digunakan untuk menggabungkan dan memisahkan tagihan pasien. Untuk tagihan yang dapat digabungkan adalah tagihan khusus RJ, IGD, RI dan LAB saja. Untuk menggabungkan atau memisahkan tagihan pasien, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu Kasir > Kasir Tagihan.

  2. Pilih data pasien kemudian klik tombol split/merge



  3. Inputkan username dan password untuk otorisasi user, kemudian akan muncul form split/merge sebagai berikut :



  4. Untuk menggabungkan tagihan pasien, silahkan dipilih data tagihan yang akan digabungkan kemudian klik 2x pada kolom No. Pendaftaran Asal. Selanjutnya pilih nomor pendaftaran mana yang akan dijadikan unit asal tagihan pasien.


Sebagai contoh adalah tagihan LAB berikut akan digabungkan dengan tagihan RJ, maka dari itu pada kolom nomor pendaftaran asal harus diisikan dengan nomor pendaftaran RJ nya. Jika sudah dipilih maka selanjutnya klik simpan dan tagihan LAB tersebut akan otomatis muncul pada tagihan nomor pendaftaran RJ tersebut.


  1. Sedangkan untuk memisahkan tagihan pasien dapat dilakukan dengan cara klik icon “x” pada kolom Kosongkan. Selanjutnya klik tombol simpan dan data tagihan yang awalnya tergabung akan otomatis menjadi terpisah.



Catatan: 

  • Untuk memberikan otorisasi user agar dapat memberikan diskon dan melakukan split/merge dapat disetting melalui menu Akun Operator dan klik aktif pada opsi Otorisasi Layanan.

  • Jika pasien sudah mengisikan piutang, maka untuk proses klaim dapat dilakukan melalui menu Pengajuan Klaim.


Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA

 



    • Related Articles

    • Menu Kasir Sentral

      Apply To : All Products Menu Kasir Sentral digunakan untuk proses pembayaran tagihan pasien yang tidak dicover oleh penjamin atau tipe pembayaran mandiri oleh pasien, khususnya untuk pasien UMUM. Terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan pada ...
    • Menu Laporan Penerimaan Kasir

      Apply To : All Products Menu laporan penerimaan kasir digunakan untuk melakukan proses penarikan data nominal yang diterima oleh bagian kasir baik dari Kasir Sentral (Cash/Tunai) atau dari Kasir Tagihan. Pada laporan penerimaan kasir, proses ...
    • Menu Surat Tagihan Pasien

      Apply To : All Products Menu Surat Tagihan Pasien merupakan menu untuk mencetak atau meng-export tagihan pasien yang masih memiliki tunggakan yang harus dibayar oleh pasien. Berikut langkah mudah dalam melakukan pencetakan surat tagihan pasien umum ...
    • Menu List Pembayaran Kasir Sentral

      Pada menu ini Anda dapat melakukan proses pembatalan pembayaran yang sudah pernah dilakukan serta mencetak ulang kuitansi pasien. Berikut langkah mudah untuk menjalankan beberapa fitur pada menu list pembayaran kasir sentral. Anda dapat mengakses ...
    • Menu Setting EDC

      Apply To : All Products Menu Setting EDC digunakan untuk menambahkan data EDC pada sistem. Data EDC berikut nantinya akan digunakan untuk opsi pembayaran DEBIT/KREDIT pada menu Kasir Sentral dan Kasir Tagihan. Untuk menambahkan data EDC, Anda dapat ...