Menu Pengajuan Klaim

Menu Pengajuan Klaim

Apply To : All Products


Menu Pengajuan Klaim digunakan untuk melakukan pencatatan data pengajuan klaim dari Faskes ke Instansi penjamin tagihan berobat pasien (Perusahaan, Asuransi, BPJS, dll). Untuk menambahkan data pengajuan klaim, silahkan ikuti langkah - langkah sebagai berikut :
  1. Silahkan masuk ke menu Keuangan > Umum > Pengajuan Klaim > Klik tombol Tambah.

  2. Pilih unit pelayanan yang akan ditambahkan data pengajuan klaim dari dropdown yang tersedia. Jika Anda akan melakukan proses pengajuan klaim beserta transaksi lain pada unit pelayanan tersebut, maka silahkan checklist pada transaksi tambahan yang muncul.

  3. Kemudian pilih data nama penjamin baik ASURANSI/PERUSAHAAN pada dropdown penjamin berikut. Data penjamin akan mengambil data dari menu Master Rekanan dengan kategori Penanggung Asuransi.

  4. Isikan data rekening milik Faskes yang digunakan untuk menerima dana klaim yang akan dikirimkan oleh pihak penjamin. Data bank yang muncul pada dropdown akan mengambil dari menu Rekening Bank.

  5. Selanjutnya isikan data nama pegawai yang melakukan proses pengajuan klaim pada kolom penanggung jawab berikut :

  6. Pada bagian detail klaim jaminan Anda harus memasukkan periode data pelayanan yang akan Anda ambil dan selanjutnya silahkan klik tombol Ambil Data.
    **
    Note : Hanya transaksi pasien yang sudah diinputkan piutang pada Kasir Tagihan saja yang akan muncul pada saat penarikan data.

  7. Setelah Anda selesai seluruh data maka klik tombol Simpan Draft jika Anda masih akan melakukan perubahan data pengajuan klaimnya atau pilih tombol Simpan & Cetak jika data pengajuan klaim sudah sesuai.

  8. Berikut adalah tampilan cetakan pada menu pengajuan klaim.

  9. Anda juga dapat menambahkan daftar informasi lampiran apa saja yang akan dilampirkan di cetakan pengajuan klaim, dengan memilih datanya melalui tombol Checklist, Kemudian akan muncul form Kelengkapan Pengajuan Klaim, Anda bisa pilih Ada jika dalam pengajuan klaim ada berkas lain yang akan di lampirkan,
    Jika Anda sudah memilih ada pada kelengkapan pengajuan klaim, saat Anda mencetak surat pengajuan klaim maka daftar lampiran akan muncul di cetakan seperti pada gambar berikut :

  10. Anda juga dapat melampirkan data pasien dengan mencetak daftar pasiennya melalui tombol Lampiran Pasien dan mencetak invoice tagihan pengajuan klaim melalui Cetak Invoice.

CATATAN

  • Menu pengajuan klaim hanya akan menampilkan data pengajuan klaim untuk 30 hari kebelakang saja. Jika sudah lebih dari 30 hari maka data tidak akan muncul dan harus dilakukan proses pencarian data terlebih dahulu.

  • Data pengajuan klaim dengan status KLAIM akan otomatis muncul pada menu Pelunasan Klaim.



Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.

    • Related Articles

    • Menu Laporan Pengajuan Klaim

      Apply To : All Product Pada menu Laporan Pengajuan Klaim ini, Anda dapat mencetak data yang sudah dilakukan pengajuan klaim. Anda dapat mengakses menu Laporan Pengajuan Klaim ini dengan cara masuk ke menu Keuangan > Laporan > Laporan Pengajuan Klaim. ...
    • Menu Pengajuan Klaim INA-CBG

      Apply To : All Product Menu Pengajuan Klaim INA-CBG ini digunakan untuk mempersiapkan data pasien sebelum dilakukan pengajuan klaim. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pengajuan klaim menggunakan INA-CBG : Masuk ke menu Integrasi BPJS ...
    • Menu Pelunasan Klaim

      Apply To : All Products Menu Pelunasan Klaim digunakan untuk melakukan pencatatan pada sistem terkait proses pelunasan pembayaran klaim oleh pihak penjamin (ASURANSI, BPJS, PERUSAHAAN) kepada pihak Faskes. Untuk menambahkan data pelunasan klaim, ...
    • Menu Klaim Penunjang Medis

      Apply To : Trustmedis Laboratorium, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Klaim Penunjang Medis digunakan untuk melihat list pasien penunjang medis (Laboratorium, Radiologi, Patologi Anatomi) yang proses pembayarannya ditanggung oleh penjamin ...
    • Menu Klaim Penunjang Medis

      Apply To : Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Klaim Penunjang Medis digunakan untuk melihat list pasien penunjang medis (Laboratorium, Radiologi, Patologi Anatomi) yang proses pembayarannya ditanggung oleh penjamin asuransi/perusahaan. Pada ...