Menu Pelunasan Klaim

Menu Pelunasan Klaim

Apply To : All Products


Menu Pelunasan Klaim digunakan untuk melakukan pencatatan pada sistem terkait proses pelunasan pembayaran klaim oleh pihak penjamin (ASURANSI, BPJS, PERUSAHAAN) kepada pihak Faskes. Untuk menambahkan data pelunasan klaim, silahkan ikuti langkah - langkah sebagai berikut :
  1. Silahkan masuk ke menu Keuangan > Umum > Pelunasan Klaim > Klik tombol Tambah.

  2. Pilih data nomor tagihan pengajuan klaim yang akan dilunaskan. Data nomor tagihan ini akan mengambil data dari menu Pengajuan Klaim yang belum dilakukan pelunasan.

  3. Selanjutnya pilih data jenis pembayaran pelunasan klaim yang diinginkan apakah Global atau Detail

  1. Tipe Pembayaran Global : Jika Anda memilih tipe pembayaran global maka data detail klaim akan otomatis terblokir (read only) sehingga tidak dapat diedit.

  2. Tipe Pembayaran Detail : Jika Anda memilih tipe pembayaran detail maka data detail klaim tidak akan terblokir dan masih bisa Anda edit. Jika proses pelunasan hanya dilakukan pada sebagian tagihan, maka Anda dapat menggunakan opsi detail berikut.

  1. Berikutnya silahkan Anda memilih cara pembayaran yang digunakan oleh pihak penjamin untuk membayarkan data klaimnya. Pada bagian ini Anda juga harus mengisikan data  nomor rekening dan nama rekening penjamin untuk cara pembayaran selain tunai.

  2. Jika Anda sudah mengisikan data pelunasan klaim, maka silahkan Anda cek pada bagian detail klaim jaminan untuk memastikan data pasien yang sudah dilakukan pelunasan klaim sudah sesuai. Jika Anda menggunakan jenis pembayaran Detail maka Anda dapat mengedit nominal pelunasan klaim yang dibayarkan pada kolom Tarif Dibayar dan nanti status pelunasan klaim akan otomatis berubah menjadi Dibayar Sebagian.
    Anda juga dapat menambahkan data file pelunasan melalui tombol Add File.

  3. Anda juga dapat memberikan penambahan atau pengurangan nominal pada total pelunasan klaim melalui Tab Tambahan dan Pengurangan Biaya
    Klik tombol Add kemudian silahkan pilih opsi pengurangan atau penambahan dan isikan nama biaya beserta nominal biaya pengurangan dan penambahan yang akan diberikan.

  4. Setelah Anda selesai seluruh data maka klik tombol simpan atau simpan & cetak dan data Pelunasan Klaim akan otomatis tersimpan pada sistem.

CATATAN :

  • Data pelunasan klaim hanya akan menampilkan data pelunasan untuk periode 30 hari kebelakang saja. Jika sudah lebih dari 30 hari maka Anda harus menggunakan fitur pencarian untuk melakukan pencarian data.



Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.

    • Related Articles

    • Menu Verifikasi Pelunasan Klaim

      Apply To : Trustmedis Suite Menu verifikasi pelunasan klaim digunakan untuk melakukan proses verifikasi atau pengecekan terlebih dahulu terkait data transaksi Pelunasan Klaim sebelum dilakukan proses export jurnal. Untuk melakukan proses verifikasi ...
    • Menu Laporan Pelunasan Klaim

      Apply To : All Product Pada menu Laporan Pelunasan Klaim ini, Anda dapat mencetak data yang sudah dilakukan pelunasan klaim. Anda dapat mengakses menu Laporan Pelunasan Klaim ini dengan cara masuk ke menu Keuangan > Laporan > Laporan Pelunasan Klaim. ...
    • Menu Pengajuan Klaim

      Apply To : All Products Menu Pengajuan Klaim digunakan untuk melakukan pencatatan data pengajuan klaim dari Faskes ke Instansi penjamin tagihan berobat pasien (Perusahaan, Asuransi, BPJS, dll). Untuk menambahkan data pengajuan klaim, silahkan ikuti ...
    • Menu Klaim Penunjang Medis

      Apply To : Trustmedis Laboratorium, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Klaim Penunjang Medis digunakan untuk melihat list pasien penunjang medis (Laboratorium, Radiologi, Patologi Anatomi) yang proses pembayarannya ditanggung oleh penjamin ...
    • Menu Pelunasan Hutang Supplier

      Apply To : All Products Menu Pelunasan Hutang Supplier merupakan menu yang digunakan untuk transaksi pelunasan atas supplier dengan transaksi tukar faktur farmasi yang telah diinputkan sebelumnya. Pelunasan hutang supplier dapat dilakukan pada ...