Menu Stok Opname

Menu Stok Opname

Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite

Sebelum melakukan proses stok opname apotek, Anda harus menambahkan terlebih dahulu data obat dan alkes yang akan distok opname pada menu Master Obat dan Alkes dan mengatur lokasi obat pada menu Master Lokasi Obat.

Jika data obat dan lokasi obat tidak diatur terlebih dahulu maka data obatnya tidak akan tampil pada saat proses stok opname. Kemudian untuk melakukan proses stok opname Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu Inventory > Transaksi Medis > Stok Opname kemudian Pilih Tombol Tambah.
  2. Isikan data Unit dan Lokasi/Rak obat.
  3. Jika Anda ingin melakukan stok opname hanya untuk satu atau beberapa data obat saja pada suatu rak, maka Anda dapat memilih terlebih dahulu data obatnya melalui field  isian barang.


    Namun jika Anda ingin melakukan stok opname pada keseluruhan data obat yang berada di suatu rak maka untuk field barang cukup dikosongkan saja dan Anda dapat langsung klik Ambil Data


  4. Lakukan proses koreksi jika terdapat data obat yang tidak sesuia dengan stok, dengan cara mengisikan jumlah stok yang seharusnya pada kolom Akhir kemudian klik update.


  5. Pada proses stok opname, Anda juga dapat melakukan proses perubahan data expired date obat dengan cara men-nol kan terlebih dahulu stok obat yang akan diubah expired date nya. Kemudian klik tombol tambah dan pilih data obat yang stoknya sudah di nol kan tersebut lalu isikan data expired date terbaru dan jumlah stok obatnya.


  6. Pada proses stok opname, Anda juga dapat melakukan setting nilai HPP pada obat dengan cara meng nol kan terlebih dahulu stok obat yang akan diubah nilai HPP nya. Kemudian klik tombol tambah dan pilih data obat yang stoknya sudah di nol kan tersebut lalu isikan data nilai HPP terbaru dan jumlah stok obatnya.


    Data obat yang dapat diatur nilai HPP nya hanya data obat dengan nilai HPP = 0 atau belum pernah disetting melalui sistem sebelumnya. Jika sudah pernah diatur sebelumnya maka nilai HPP tidak dapat diubah melalui stok opname dan akan otomatis mengikuti nilai HPP terbaru.


  7. Jika proses koreksi sudah selesai, maka Anda dapat klik tombol DRAFT dan data transaksi stok opname akan muncul pada tabel informasi terdata dengan status DRAFT.
  8. Selanjutnya Anda dapat memproses transaksi stok opname dari status DRAFT menjadi DISETUJUI atau DITOLAK dengan klik tombol Proses kemudian klik tombol simpan dan cetak. 




CATATAN :

  • Jika tombol Proses tidak muncul maka user yang digunakan untuk login bukan seorang penanggungjawab, jadi mohon disetting terlebih dahulu di Data Pegawai dan di Master Depo dan Unit.
  • Jika pada saat proses persetujuan transaksi muncul handle stok tidak ballance, mohon dilakukan proses koreksi kembali sampai dengan stok ballance lalu lanjutkan proses persetujuan transaksi stok opname.
  • Notifikasi Barang tidak ditemukan HPP sebelumnya dikarenakan belum ada penerimaan samasekali pada barang tersebut

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.


    • Related Articles

    • Menu Keterangan Stok Opname

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu keterangan stok opname digunakan untuk menambahkan data keterangan yang digunakan pada saat proses Stok Opname Apotek. Untuk menambahkan data master embalase ...
    • Menu Kartu Stok

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Pada menu Kartu Stok Anda dapat melihat seluruh rekap penggunaan transaksi obat dan alkes mulai dari penerimaan obat, penjualan di apotek, stock opname, mutasi ...
    • Menu Laporan Opname

      Apply to: All Products Menu Laporan Opname digunakan untuk menampilkan data transaksi opname faskes dan dilengkapi dengan beberapa filter dalam penarikan datanya. Anda dapat mengakses menu ini dengan cara menuju ke modul Apotek > Laporan > Laporan ...
    • Menu Stok Opname Apotek

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Sebelum melakukan proses stok opname apotek, Anda harus menambahkan terlebih dahulu data obat dan alkes yang akan distok opname pada menu Master Obat dan Alkes dan ...
    • Opname

      Opname Barang ini digunakan untuk mengoreksi stok yang ada pada unit tersebut. untuk melakukan Opname barang anda harus melihat kartu stok dan stok barang untuk mencocokkan jumlah barang. Langkah pertama yang dilakukan untuk melakukan koreksi stok ...