Menu Tindakan Rawat Jalan

Menu Tindakan Rawat Jalan

Apply To : All Product

Setelah pasien Anda daftarkan di menu Pendaftaran Rawat Jalan atau melalui pendaftaran Mobile JKN, EKios, dan Kontrol Ulang dengan pengaturan otomatis pendaftaran yang telah diatur pada menu Pengaturan Awal, Anda bisa melanjutkan proses pelayanan pasien di menu Rawat Jalan > Front Office > Tindakan Rawat Jalan. Berikut langkah mudah untuk melayani pasien rawat jalan,
  1. Melihat List Data IHS
    Pada tampilan awal Anda dapat melihat Fitur "Lihat Data IHS" dimana fitur ini digunakan untuk melihat detail data pasien yang terintegrasi dengan IHS (Kemenkes). Anda dapat melihat detail data tersebut dengan cara pilih pasien yang ada pada list pasien pasien rawat jalan kemudian klik tombol "Lihat Data IHS".

    Setelah itu sistem akan menampilkan form yang berisikan informasi data pendaftaran, ICD10, ICD9 dan informasi diet pasien. Jika data pasien sudah sesuai, maka Anda dapat mengirimkan atau mengintegrasikan data pasien ke IHS denga cara klik tombol "Kirim Data IHS".


  2. Melayani Pasien
    Pilih data pasien yang ada di list pasien dengan klik 1x pada data kemudian klik tombol "Layani" atau klik 2x pada data yang akan dilayani. Namun sebelum dilayani, Anda juga dapat memanggil antrian pasien dan juga melakukan konfirmasi datang yang akan mencatat waktu pelayanan pasien dengan tombol ikon Panggil dan Konfirmasi Datang. Selain itu terdapat tombol Mulai Waktu Tunggu, tombol yang digunakan untuk melakukan update Task ID 3 khusus untuk pasien BPJS. Untuk dapat mengaktifkan tombol Mulai Waktu Tunggu, Anda dapat mengaturnya pada menu Pengaturan Awal Ekios.


    1. Tab Detail Pasien
      Pada bagian ini Anda dapat melihat pasien yang terdata sebagai peserta Prolanis dan PRB di sistem BPJS PCare akan muncul pada kolom informasi pasien pada saat proses pendaftaran di menu pendaftaran rawat jalan.

      Pada bagian ini juga, Anda dapat melihat rekam medis pasien dengan menggunakan fitur-fitur berikut tanpa harus berpindah menu,
      1. RM Pasien
        Tombol ini digunakan untuk melihat data rekam medis pasien yang terhubung dengan data dari menu Riwayat Pelayanan.
      2. Riwayat Pasien
        Tombol ini digunakan untuk melihat riwayat pasien yang terhubung dengan data dari menu Riwayat Medis.
      3. Terima RM
        Tombol ini digunakan untuk mengupdate status bahwa berkas rekam medis pasien sudah diterima oleh Poli. Data ini akan mengubah status yang ada di menu Monitoring Berkas, jika sudah diterima, maka status menjadi Terima.
      4. Rekening Pasien
        Tombol ini digunakan untuk melihat tagihan pasien yang terhubung dengan data dari menu Kasir Sental atau Kasir Tagihan.
      5. Form RM
        Tombol ini digunakan untuk menambahkan atau mengatur formulir rekam medis yang diperlukan pasien. Pengaturan memunculkan form RM dapat dilakukan pada menu Setting Formulir Rekam Medis. Form RM akan memunculkan beberapa opsi form jika sudah di set sesuai kebutuhan faskes seperti form Skrining Gizi Awal.

      6. Surat Medis
        Tombol ini digunakan untuk membuat surat medis, jika Anda klik salah satu maka Anda akan diarahkan ke menu pembuatan surat tersebut. Anda bisa menambahkan list surat yang diperlukan dan menghilangkan list surat yang tidak dibutuhkan dengan masuk ke modul
        menu Shortcut Surat MedisPada shortcut berikut Anda dapat membuat surat sakit secara otomatis, dimana jika Anda klik tombol surat sakit maka Anda akan otomatis dipindahkan ke menu Surat Sakit dengan data pasien yang sudah otomatis terisi,

      7. Penjadwalan Operasi
        Tombol ini digunakan sebagai tombol shortcut atau tombol pintas untuk menu Penjadwalan Operasi.
      8. Catatan Booking
        Tombol ini digunakan untuk melihat catatan si pasien saat melakukan proses booking online, agar bisa digunakan sebagai informasi tambahan bagi tim medis di faskes.
      9. CPPT
        Tombol ini digunakan untuk mencetak Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi. Pada opsi cetakan CPPT berikut jika terdapat proses pelayanan berlanjut misalnya dari layanan Rawat Jalan > Rawat Inap > Penunjang Medis Khusus (OK/VK) maka seluruh record data SOAP dan SOAPIER seluruh pemeriksaan akan ditampilkan pada cetakan CPPT. Berikut bentuk cetakannya,
      10. Kolom Dokter
        Isikan nama dokter yang melayani (Data Dokter didapatkan dari dokter yang dipilih pada pendaftaran pasien).
      11. Kolom Kondisi Masuk
        Isi kolom Kondisi Masuk untuk mencatat kondisi masuk pasien saat berkunjung ke faskes.
      12. Kolom Kegiatan
        Isi kolom Kegiatan untuk mencatat kegiatan atau jenis layanan yang dilakukan kepada pasien


        Data pilihan yang muncul didapatkan dari menu Setting > Layanan dan Tarif > Unit dan Tarif Masuk pada bagian Default Jenis Layanan berikut ini :
          
      13. Integrasi i-Care JKN
        Fitur ini digunakan untuk mengirim data pelayanan pasien pada sistem BPJS dengan layanan i-Care.

        Jika user dokter mengklik tombol "i-Care JKN" kemudian klik tombol "Setuju" maka sistem akan mengirim data ke BPJS kemudian BPJS akan menampilkan data riwayat pelayanan pasien tersebut dengan tujuan dokter dapat mengetahui pasien sudah mendapat pelayanan di faskes mana saja.

    2. Pelayanan Medis
      Pada tab Pelayanan Medis ini Anda dapat menginputkan detail pelayanan pasien seperti,
      1. SOAP
        Anda dapat mengisikan data SOAP dengan klik tombol “Add” atau Anda juga bisa mengisikan data SOAP dari template dan history yang sudah digunakan sebelumnya.
      2. Diagnosa ICD 10
        Anda dapat mengisikan Data Diagnosa ICD 10 dengan klik tombol Add.

        Pengisian data ICD10 bisa Anda atur apakah wajib diisi atau tidak. Pengaturan tersebut bisa Anda akses di menu Pengaturan Awal Pelayanan pada jenis Wajib isi ICD 10.

        Selain itu juga, pengisian ICD 10 atau diagnosa tidak bisa sama. Apabila mengisikan diagnosa yang sama atau diinputkan kembali secara sengaja atau tidak sengaja maka akan terdapat notifikasi seperti berikut,
      3. Prosedur ICD 9
        Anda dapat mengisikan Data Prosedur (ICD 9) dengan klik tombol Add.
      4. Gambar Anatomi
        Tab pengisian gambar anatomi bagian tubuh akan muncul sesuai dengan setting yang dilakukan pada menu Pengaturan Awal Pelayanan.

        Apakah tab tersebut akan muncul di “Tab Askep” atau “Pelayanan Medis” ataukah keduanya.

        Anda dapat menambahkan data Anatomi dengan klik tombol Add, setelah klik tombol Add maka akan muncul pop up untuk memilih Gambar Anatomi.

        Setelah pilih gambar klik tombol Simpan selanjutnya Anda akan masuk ke form yang digunakan untuk menandai gambar anatomi. Anda dapat menandai gambar dengan beberapa metode, seperti menandai dengan text atau garis.

        Setelah selesai menandai Anda dapat klik tombol "Save" kemudian tentukan nama file dan klik tombol Save kembali.

        Setelah proses simpan selesai, sistem akan meminta penamaan pada file yang Anda simpan, dan klik tombol Simpan.
      5. Konseling dan Terapis
        Anda dapat mengisikan data Konseling dan Terapis pada tab Pelayanan Medis jika ada (isian tidak ada batas karakter),
      6. Gizi & Tumbuh Kembang
        Pengisian gizi dan tumbuh kembang digunakan oleh faskes yang terintegrasi dengan IHS yang bertujuan untuk memonitor pasien anak yang mengalami kekurangan gizi dalam proses perkembangannya. berikut form pengisiannya,
      7. ANC (Antenatal Care)
        Pengisian data ANC digunakan oleh faskes yang terintegrasi dengan IHS yang bertujuan untuk memonitor perkembangan ibu Hamil agar dapat menekan kematian Angka Ibu Hamil dan Angka Kematian Bayi, berikut form pengisiannya.
    3. Tab Askep
      Pada tab ASKEP Anda dapat menambahkan inputan TTV, SOAPIER, ADIME dan SBAR pasien seperti berikut,
      1. Tanda Vital & Anamnesa
        Isikan data TTV seperti pada gambar dibawah ini,
      2. SOAPIER
        Menambahkan SOAPIER bisa dilakukan dengan melalui tombol Add, tombol SOAP Template atau juga tombol SOAP History sehingga Anda cukup melihat penggunaan History yang sudah pernah digunakan.
      3. ADIME
        Tambahkan ADIME jika pasien mendapatkan layanan asuhan keperawatan dengan klik tombol Add pada form ADIME.
      4. SBAR
        SBAR, pada field ini juga terdapat fitur yang dapat digunakan untuk mengisikan data informasi terpadu seperti kondisi terkini pasien dengan mengisikan SBAR. Pengisiannya sama seperti SOAP dengan tombol ADD, SBAR Template atau SBAR History.
      5. Diagnosa Keperawatan
        Pada tab Diagnosa Keperawatan Anda bisa mengisikan data tersebut pada Tab menu ASKEP dengan klik tombol Add.

        Selain menambahkan data diagnosa keperawatan, Anda juga dapat membuat rencana keperawatan atas diagnosa tersebut. Silahkan klik tombol Rencana Keperawatan sehingga akan muncul form Perencanaan Keperawatan seperti berikut:

        Anda dapat melakukan pengisian secara manual dari kolom yang sudah disediakan atau mengambil data dari tombol "Ambil Data SDKI" pada tab Diagnosa Keperawatan. 

        Kemudian sistem akan menampilkan form "Data SDKI", pada form ini Anda dapat mengisikan detail data SDKI

        Anda dapat melakukan pengisian secara manual dari kolom yang sudah disediakan atau mengambil data dari tombol "Ambil Data SLKI" pada tab Luaran dan Kriteria Hasil,

        Kemudian sistem akan menampilkan form "Data SLKI", pada form ini Anda dapat mengisikan detail data SLKI.

        Dan Anda dapat melakukan pengisian secara manual dari kolom yang sudah disediakan atau mengambil data dari tombol "Ambil Data SIKI" pada tab Intervensi Keperawatan.

        Kemudian sistem akan menampilkan form "Data SIKI", pada form ini Anda dapat mengisikan detail data SIKI.

        Kemudian apabila penginputan semua komponen sudah selesai silahkan untuk klik tombol Simpan untuk menyimpan pengisian data tersebut, lalu Anda dapat melakukan cetak rencana keperawatan dengan tombol Cetakan Rencana Keperawatan 

        Berikut contoh hasil cetakan rencana keperawatan,

    4. Tab Billing
      Pada tab ini Anda dapat menginputkan data yang berkaitan dengan tindakan serta biaya / tagihan pasien.
      1. Tab Tindakan
        Pengisian data tindakan yang diberikan kepada pasien pada tab menu Billing didapatkan dari Tindakan dan Tarif Layanan dengan klik tombol Add,

        Data Tindakan yang muncul sesuai dengan data master di menu Tindakan dan Tarif Layanan dengan tarif sesuai dengan unit, kelas, dan penjamin pasien. Selain itu pada saat pendaftaran di menu Pendaftaran Rawat Jalan, apabila opsi COB dipilih Ya maka tarif akan mengikuti Data Tarif COB. Pada form Tindakan ini user dapat memberikan diskon dengan klik tombol Diskon yang tersedia. Diskon hanya bisa diberikan oleh pelaksana tindakan.
      2. BHP
        Pengisian data BHP jika ada inputan bahan habis pakai (Data mengambil stok dari depo pengambilan BHP yang ada di unit RI pada master Unit dan Tarif Masuk) dengan klik tombol Add,

        Anda dapat memilih depo pengambilan BHP dengan klik Edit di kolom Lokasi Pengambilan BHP,

        Anda juga bisa menggunakan template BHP yang tersedia (Template BHP didapatkan dari menu Setting > Farmasi > Master Template BHP).
      3. Resep
        Isikan data Resep jika ada peresepan dari dokter pada tab menu Billing (Data obat diambil dari data Master Obat dan Alkes yang memiliki stok dan sesuai dengan harga obat di Master Harga Jual sesuai unit dan pembayaran pasien) dengan klik tombol Add,

        Setelah klik tombol add, sistem akan memunculkan pop up untuk pengisian data obat racikan maupun non-racikan. Pada bagian ini Anda juga bisa menentukan resep yang diberikan kepada klien termasuk resep ODD (One Day Dose) atau bukan dan Anda juga dapat menentukan obat yang diberikan kepada pasien termasuk obat kronis atau bukan dengan memilih Ya atau Tidak pada Tab "Dosis 1 Bulan”.

        Anda juga bisa menggunakan template resep yang tersedia.

      4. Order Penunjang
        Isikan data order penunjang pada tab menu Billing jika pasien membutuhkan pemeriksaan penunjang medis pada tab Penunjang (Data penunjang didapat dari Penunjang dan Tarif Layanan) dengan klik tombol Add,

        Anda juga bisa menggunakan template order penunjang yang tersedia pada sistem.

        Data tamplate order penunjang bisa Anda setting pada menu Master Template Order Penunjang. Pada saat penambahan penunjang saat ini sudah ditambahkan informasi Dokter Perujuk, dimana defaultnya adalah Dokter DPJP.
    5. Tab Selesai Pelayanan
      Anda dapat masuk ke tab menu "Selesai Pelayanan" kemudian pilih "Ya" pada bagian "Selesai?". Lalu pilih Jenis Keluar : Pulang. Pastikan waktu masuk dan keluar kamar, serta jumlah lama perawatan sudah sesuai. Default lama perawatan secara sistem memiliki rumus sebagai berikut : KRS - MRS + 1 hari (Silahkan edit lama perawatan jika lama perawatan tidak sesuai).

      Isikan Cara Keluar dan Kondisi Keluar pasien,

      Apabila Cara Keluar adalah Kontrol Ulang dengan pengaturan pendaftaran otomatis berstatus aktif, maka pasien akan otomatis terdaftar pada tanggal kontrol ulang yang dipilih dengan waktu jam pendaftaran sesuai dengan estimasi waktu dilayani.

      Jika sudah selesai, klik tombol Simpan. Maka indikator warna pada list pasien akan berubah menjadi merah dan pasien kontrol ulang akan masuk ke list pasien kontrol ulang di menu Pendaftaran Rawat Jalan. Namun apabila pada pengaturan pendaftaran otomatis berstatus aktif maka pasien yang dipulangkan secara kontrol ulang akan secara otomatis terdaftar di layanan Rawat Jalan tanpa harus didaftarkan kembali.
    6. Nilai Kritis Laboratorium
      Tab Nilai Kritis adalah Tab yang digunakan untuk melihat hasilPemeriksaan Laboratorium. Fitur ini hanya dapat digunakan jika pemeriksaan lab memiliki parameter Nilai Kritis pada master parameter nilainya. Setting Nilai Kritis Lab dapat ditentukan melalui menu Penunjang dan Tarif Layanan. Jika pemeriksaan lab memiliki Nilai Kritis, maka pada pelayanan Rawat Inap akan muncul Tab Nilai Kritis dan akan berkedip-kedip merah,

      Jika Anda pilih data lab yang memiliki nilai kritis pada list, kemudian klik tombol "Lihat" maka sistem akan memunculkan informasi nilai kritis,
      Berikut tampilan dari tombol Lihat yaitu hasil pemeriksaan laboratorium dengan nilai kritis,


      C. Cetak SEP Rawat Jalan 

Pada pelayanan rawat jalan terdapat tombol form SEP yang berfungsi untuk memudahkan cetak SEP terutama pada pasien JKN yang melakukan pendaftaran dari E-Kios, Mobile JKN, atau Kontrol Rawat Jalan dengan fitur pendaftaran otomatis sehingga pasien langsung terdaftar pada pelayanan Rawat Jalan.

Silahkan pilih pasien kemudian klik tombol Form SEP, maka akan muncul form untuk pengisian data SEP dan cetak SEP seperti berikut. 


CATATAN:
  1. Fitur integrasi dengan IHS Kemenkes disistem HIS Trustmedis sudah tersedia, untuk saat ini Anda dapat menghubungi tim Helpdeks untuk melakukan proses pengaturan disistem HIS.
  2. Pengaturan pendaftaran otomatis bisa Anda lihat pada menu pengaturan awal yang ada di menu Setting BPJS.
Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.
    • Related Articles

    • Menu Pelayanan Rawat Jalan

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Clinic Menu Pelayanan Rawat Jalan ini digunakan untuk melihat laporan pelayanan rawat jalan yang didapat oleh pasien. Anda dapat mengakses menu ini melalui modul Dashboard. Berikut langkah-langkah menarik data ...
    • Menu Tindakan Rawat Inap

      Apply To : Trustmedis Suite Setelah pasien didaftarkan pada menu Pendaftaran Rawat Inap, Anda bisa melanjutkan proses pelayanan pasien di menu Tindakan Rawat Inap. Anda dapat melanjutkan proses tersebut dengan masuk ke menu Rawat Inap > Front Office ...
    • Menu Pendaftaran Rawat Jalan

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Clinic Pada menu Pendaftaran Rawat Jalan ini Anda bisa dengan mudah mendaftarkan pasien yang belum ataupun yang sudah memiliki nomor rekam medis pada faskes Anda. Mendaftarkan Pasien Baru NON BPJS Mendaftarkan ...
    • Menu Pembatalan Rawat Jalan

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Clinic Pada menu Pembatalan Rawat Jalan ini Anda dapat dengan mudah melakukan proses batal pulang dari pasien rawat jalan yang sudah dipulangkan. Anda dapat melakukan batal pulang dengan cara sebagai berikut, ...
    • Menu Tindakan Rawat Darurat

      Apply To : Trustmedis Suite Setelah pasien daftarkan di menu Pendaftaran Rawat Darurat, Anda bisa melanjutkan proses pelayanan pasien di menu Tindakan Rawat Darurat. Anda dapat masuk ke menu Rawat Darurat > Front Office > Tindakan Rawat Darurat. Cari ...