Menu Pemeriksaan Laboratorium

Menu Pemeriksaan Laboratorium

Apply To : Trustmedis Beauty, Trustmedis Lab, Trustmedis Suite

Pasien yang sudah didaftarkan pada menu Pendaftaran Laboratorium dan sudah dilakukan pemeriksaan maka hasil pemeriksaan dapat dimasukkan hasilnya serta dapat dicetak pada menu Pemeriksaan Laboratorium ini.
  1. Mengisi Hasil Pemeriksaan
    Berikut langkah-langkah untuk mengisikan hasil pemeriksaan pasien,
    1. Masuk ke menu Laboratorium > Front Office > Pemeriksaan Laboratorium
    2. Cari pasien lalu klik 2 kali pada pasien yang akan diisikan hasil pemeriksaannya.
    3. Kemudian pada form pelayanan isikan nama dokter dan petugas pelaksana pada tindakan/pelayanan yang di ambil oleh pasien, lalu klik tombol "Update",
    4. Kemudian untuk mengisikan hasil per pemeriksaan, Anda dapat pilih salah satu data lalu klik "Hasil". Namun jika Anda ingin mengisikan seluruh hasil pemeriksaan dalam satu waktu, Anda bisa klik tombol "Hasil Semua".
    5. Selanjutnya Anda dapat mengisikan data hasil pemeriksaan pasien pada kolom "Hasil" seperti gambar dibawah ini.

      Kemudian klik tombol "Update", maka hasil pemeriksaan akan secara otomatis menampilkan status yang sesuai dengan nilai rujukan dan nilai minimal-maksimal yang sudah disetting pada menu Penunjang dan Tarif Layanan.
    6. Anda dapat mencetak hasil pemeriksaan dengan beberpa pilihan berikut.
      1. Tombol Cetak, fitur ini digunakan untuk mencetak salah satu hasil pemeriksaan tertentu dengan menggunakan kop / header yang sudah diset pada menu format header.
      2. Tombol Cetak Semua, fitur ini digunakan untuk mencetak semua hasil pemeriksaan dengan menggunakan kop / header yang sudah diset pada menu format header.
      3. Tombol Cetak Tanpa Kop, fitur ini digunakan untuk mencetak salah satu hasil pemeriksaan tertentu tanpa menggunakan kop / header dari sistem.
      4. Tombol Cetak Semua Tanpa Kop, fitur ini digunakan untuk mencetak semua hasil pemeriksaan tanpa menggunakan kop / header dari sistem.
    7. Saat proses cetak hasil pemeriksaan, Anda dapat memilih untuk melampirkan tanda tangan dengan QR Code atau tanda tangan manual.
      Pilih tanda tangan dokter atau pelaksana, ataupun keduanya, untuk dilampirkan pada hasil cetakan pemeriksaan.
    8. Sistem akan meminta Anda memasukkan username dan password untuk autorisasi saat proses cetak hasil pemeriksaan. Isikan nama user dan password yang memiliki autorisasi lalu klik tombol "Submit".

      Jika autorisasi berhasil maka cetakan akan berhasil tercetak. 
      Berikut hasil cetakan dengan keterangan waktu terakhir kali hasil pemeriksaan dilakukan update,

      Selain itu, untuk pemeriksaan pasien yang memiliki hasil kritis, Anda dapat melihat list pasiennya pada halaman awal list pemeriksaan pasien laboratorium dengan klik tombol Lihat Pasien Kritis.

  2. Pengisian BHP
    Jika dalam pemeriksaan pasien terdapat BHP yang digunakan dan ditagihkan, Anda dapat memasukkan BHP pada tab BHP.

    Data obat yang muncul pada kolom barang sesuai dengan setting depo pengambilan BHP yang ada pada 
    master Unit dan Tarif Masuk.

    Setelah itu klik tombol "Update" agar data BHP tersimpan pada sistem. Apabila pasien merupakan pasien BPJS, kemudian fitur Sembunyikan Obat Non JKN statusnya aktif di Pengaturan Awal Farmasi. Maka untuk penginputan BHP akan terdapat opsi Add Obat Non JKN seperti berikut.


  3. Penambahan Kunjungan Laboratorium pada MCU PCare
    Pada fitur ini pasien dengan jenis pembayaran BPJS PCare dapat melakukan tambah kunjungan pada MCU PCare, dengan syarat pelayanan laboratorium pasien telah memilki nomor kunjungan PCare, seperti berikut:

    Terdapat tiga tombol antara lain, Add Kunjungan yang berguna untuk menambahkan kunjungan laboratorium tersebut pada MCU PCare. Update MCU PCare, apabila terdapat perubahan dalam pelayanan laboratorium. Dan terakhir, Delete MCU PCare, menghapus layanan laboratorium pada MCU PCare.
Anda bisa klik tombol "Simpan" sebelum atau sesudah proses pengisian data pemeriksaan. Setelah Anda klik simpan sistem akan mengubah status indikator pelayanan pasien dan mencatat waktu pelayanan dari status "Daftar" menjadi "Dilayani".



CATATAN:
  1. Pemberian autorisasi dapat diatur pada menu Akun Operator pada pilihan Autorisasi Layanan dengan pilih Aktif
  2. Nama dokter dan pelaksana didapatkan dari menu Data Pegawai.
  3. Tanda tangan dokter dan pelaksana didapatkan dari menu Data Pegawai pada bagian dokumen dengan jenis berkas TTD.
Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.
    • Related Articles

    • Menu Rujukan Laboratorium

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Clinic, Trustmedis Lab Menu Rujukan Laboratorium digunakan untuk mencatat dan mencetak surat rujukan eksternal pada laboratorium tertentu. Cetakan Rujukan Laboratorium akan dilengkapi dengan data pasien, detail ...
    • Menu Pembatalan Laboratorium

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Lab Menu Pembatalan Laboratorium digunakan untuk membatalkan pasien yang melakukan kunjungan ke unit Laborat. Menu ini hanya bisa melakukan proses batal pulang saja, tidak bisa membatalkan transaksi yang sudah ...
    • Menu Master Pemeriksaan Dada

      Apply To : Trustmedis Lab, Trustmedis Suite Menu master pemeriksaan dada digunakan untuk menambahkan master pemeriksaan dada yang digunakan pada Menu Supportive Investigation MCU. Untuk menambahkan data master pemeriksaan dada, Anda dapat mengikuti ...
    • Menu Diagnosa Penunjang Laboratorium

      Apply To : Trustmedis Laboratorium, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Diagnosa Penunjang Laboratorium digunakan untuk melakukan proses penambahan data diagnosa untuk pemeriksaan laboratorium berdasarkan indikasi parameter nilainya. Untuk ...
    • Menu Pemeriksaan MCU

      Apply To : Trustmedis Lab, Trustmedis Suite Menu Pemeriksaan MCU digunakan untuk melakukan pengisian data tindakan dan data pemeriksaan Medical Check-Up. Anda dapat mengakses menu ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Masuk ke menu MCU > ...