Menu Penunjang dan Tarif Layanan

Menu Penunjang dan Tarif Layanan

Apply To : Trustmedis Lab, Trustmedis Suite

Menu penunjang dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif tarif pemeriksaan, parameter nilai, template resume dan BHP untuk pelayanan Penunjang Medis (Lab, Radiologi, Hemodialisa, MCU). Untuk mengatur setting penunjang dan tarif, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :
  1. Masuk ke modul Setting > Layanan dan Tarif > Penunjang dan Tarif Layanan > Klik Tombol Tambah.

  2. Isikan data sesuai dengan field yang sudah disediakan.



    Keterangan masing - masing field :

    a.) Field Kode : Isikan kode pemeriksaan penunjang yang akan Anda tambahkan. Contoh : Kode UT untuk nama pemeriksaan USG Thorax.

    b.) Field Jenis : Pilih data jenis pemeriksaan penunjang yang akan Anda tambahkan dari dropdown yang telah disediakan.


    c.) Field Kategori : Pilih data kategori pemeriksaan penunjang yang akan Anda tambahkan dari dropdown yang telah disediakan. Untuk field kategori berikut akan tampil setelah Anda mengisi data Jenis.



    d.) Field Nama Pemeriksaan : Isikan nama pemeriksaan penunjang yang akan Anda tambahkan. Contoh Nama Pemeriksaan : USG Thorax

    e.) Field Group : Pilih data group pemeriksaan penunjang yang akan Anda tambahkan dari dropdown yang telah disediakan.

    f.) Field Lama Pengerjaan : Isikan informasi mengenai estimasi lama proses pemeriksaan penunjang medis yang akan Anda tambahkan.

    g.) Field No Urut : Isikan no urut pemeriksaan penunjang medis yang akan Anda tambahkan. Field nomor urut ini jika diisi nantinya akan menjadi urutan pemeriksaan pada saat proses pelayanan penunjang medis.

    h.) Field Keterangan : Isikan keterangan dari nama pemeriksaan yang akan Anda tambahkan (Jika Ada).

    i.) Opsi Aktif/Non Aktif : Pilih opsi aktif/non aktif data. Jika Anda memilih opsi aktif, maka data pemeriksaan penunjang akan otomatis aktif pada sistem

    Note :

    Untuk field dengan tanda bintang (*) adalah field yang wajib diisi.

  1. Selanjutnya isikan data tarif pemeriksaan pada tab Tarif Pemeriksaan, kemudian klik tombol “Add”



    Pilih data kelas pelayanan dan cara bayar dari dropdown yang telah disediakan. Isikan data tarif untuk tarif sarana, tarif pelayanan dan tarif medik pada kolom yang telah disediakan kemudian klik tombol update

  2. Kemudian isikan data Parameter Nilai untuk jenis pemeriksaan Laboratorium dan Hemodialisa. Klik tombol “Add” dan isikan data parameter sesuai field isian berikut :



    Kerangan Untuk Isian Parameter Nilai :

    - Indent : Kolom indent, digunakan untuk memberikan jarak spasi untuk cetak hasil laboratorium. Semakin besar angka indent yang diinputkan, maka pada cetakan lab, nama pemeriksaan akan tampil semakin ke kanan.

    - Kode : Kolom kode digunakan untuk menginputkan nama kode parameter nilai yang akan Anda tambahkan. Contoh : Isikan kode PS untuk parameter “Positif”.

    - Nama : Kolom nama digunakan untuk menginputkan nama parameter nilai yang akan Anda tambahkan. Contoh : Positif.

    - Nilai Rujukan : Kolom nilai rujukan digunakan untuk menginputkan acuan nilai rujukan untuk parameter nilai yang akan Anda tambahkan. Nilai Rujukan dapat diisikan dalam bentuk angka atau huruf.

    - Nilai Min & Max : Kolom nilai min dan max digunakan untuk menginputkan acuan nilai minimal dan maksimal untuk parameter nilai yang akan Anda tambahkan.

    - Nilai Kritis Min & Max : Kolom nilai kritis min dan max digunakan untuk menginputkan acuan nilai minimal dan maksimal untuk parameter nilai yang akan Anda tambahkan.

    - Satuan, Label, Metode : Kolom satuan, label dan metode digunakan untuk menginputkan data satuan, label dan metode dari parameter nilai yang akan Anda tambahkan (Jika Ada).

    - L/P : Kolom L/P adalah kolom pilihan untuk “Laki-Laki (L)” atau “Perempuan (P). Jika data parameter nilai berlaku untuk laki-laki dan perempuan, maka Anda cukup mengosongkan kolom berikut.

    - Usia Awal & Usia Akhir : Kolom usia awal dan usia akhir digunakan untuk menginputkan data acuan usia awal dan akhir dari data parameter nilai yang akan Anda tambahkan.

    - Satuan Hari : Kolom satuan hari adalah kolom pilihan untuk memilih data satuan hari dari dropdown yang telah disediakan.

    - Urut : Kolom urut adalah kolom yang digunakan untuk menginputkan urutan letak parameter nilai dan akan berpengaruh pada posisi parameter saat proses pelayanan Laboratorium.

    Note :
    Untuk data dengan kolom berwarna merah adalah kolom yang wajib diisi.

  3. Selanjutnya, isikan data Template Resume untuk jenis penunjang Radiologi dan MCU pada tab yang telah disediakan sebagai berikut :



  4. Kemudian, Anda juga dapat mengisikan data BHP pada tab yang telah disediakan kemudian klik tombol “Add” :



    Isikan nama dan satuan obat dari dropdown yang telah disediakan, serta isikan jumlah BHP yang digunakan. Untuk data obat yang tampil pada obat akan mengambil data dari Master Obat dan Alkes.

  5. Selanjutnya isikan Jasa Medis pada tab yang disediakan kemudian klik tombol "Add" : Kerangan Untuk Isian Parameter Nilai : - Profesi : Kolom profesi digunakan untuk menambahkan profesi yang berhak mendapat jasa medis. Data profesi yang muncul didapatkan dari menu Master Profesi dengan jenis profesi Medis - Opsi : Kolom opsi digunakan untuk memilih perhitungan jasa medis dengan memilih antara Fixed Rate atau Persentase. Jika memilih Fixed Rate maka kolom Persentase & Dari ? akan terkunci dan Anda hanya perlu mengisi pada kolom Nominal. Dan sebalikanya, jika memilih Persentase maka kolom Nominal akan terkunci dan Anda harus mengisi pada kolom Persentase dan Dari ? - Nominal : Kolom nominal digunakan untuk mengisi fixed rate dengan isian angka - Persentase : Kolom persentase digunakan untuk mengisi persen jasa medis yang diberikan dan diisi dengan angka persen - Dari ? : Kolom Dari? digunakan untuk memilih pengambilan jasa medis yang berhubungan dengan remunerasi

  6. Jika Anda sudah selesai mengisikan seluruh data, maka klik tombol simpan dan data pemeriksaan penunjang yang Anda tambahkan sudah dapat digunakan pada sistem. Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.



    • Related Articles

    • Menu Paket dan Tarif Layanan

      Apply To : All Products Menu paket dan tarif layanan digunakan untuk membuat data master paket pelayanan yang berisi tindakan dan penunjang medis yang ada pada sistem. Sehingga mempermudah Faskes pada saat melayani pasien yang akan mengambil beberapa ...
    • Menu Tindakan dan Tarif Layanan

      Apply To : All Products Menu Tindakan dan Tarif Layanan Menu tindakan dan tarif layanan digunakan untuk menambahkan, merubah dan menghapus data master tindakan beserta tarif tindakannya. Pada sistem saat ini proses setting master tindakan dan tarif ...
    • Menu Unit dan Tarif Masuk

      Apply To : All Products Menu unit dan tarif masuk digunakan untuk membuat data sebuah unit/poli baru pada sistem. Pada menu unit dan tarif, Anda juga dapat menentukan setting tarif administrasi, mengatur depo pengambilan BHP untuk unit pelayanan dan ...
    • Menu Kamar dan Tarif Layanan

      Apply To : Trustmedis Suite Menu kamar dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif kamar untuk pelayanan Rawat Inap (RI). Pada sistem saat ini proses setting data tarif kamar disesuaikan berdasarkan unit/ruang dan kelas pelayanan. Sebelum ...
    • Menu Setting Pembayaran Penunjang

      Apply To : Trustmedis Lab, Trustmedis Suite Menu setting pembayaran penunjang digunakan untuk melakukan setting terkait proses pembayaran transaksi pemeriksaan penunjang (Lab, Radiologi, MCU) apakah akan disetting untuk pembayaran diawal atau ...