Menu Master Harga Jual Barang Medis

Menu Master Harga Jual Barang Medis

Apply To : All Products

Menu master harga jual barang medis berguna untuk menambahkan data master harga profit/margin penjualan obat untuk semua unit pelayanan dan penjamin. Setting data master harga jual harus dilakukan terlebih dahulu sebelum obat dijual pada menu Penjualan Apotek ataupun pada saat proses input resep dan BHP pada semua pelayanan. 

Pada menu Master Harga Jual Barang Medis Anda bisa melihat Katalog Obat/Alkes dengan klik pada tombol berikut:
Untuk menambahkan data master harga jual barang medis, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :
  1. Masuk ke modul Setting > Inventory > Master Harga Jual Barang Medis > Klik tombol tambah.

  2. Isikan data sesuai dengan field yang telah disediakan

Keterangan masing - masing field :

a.)
Field Unit: Isikan data unit yang akan Anda setting. Jika Anda akan melakukan setting data master harga jual untuk salah satu unit saja, maka Anda dapat memilih data unit dari dropdown yang sudah disediakan. Namun, jika Anda ingin melakukan setting untuk semua data unit maka Anda cukup mengosongkan data unitnya saja. 


b.)
Field Penjamin: Isikan data penjamin yang akan Anda setting. Jika Anda akan melakukan setting data master harga jual untuk salah satu penjamin saja, maka Anda dapat memilih data penjamin dari dropdown yang sudah disediakan. Namun, jika Anda ingin melakukan setting untuk semua data penjamin maka Anda cukup mengosongkan data unitnya saja.

c.)
Field Berlaku Untuk: Data berlaku untuk berikut adalah opsi yang harus Anda pilih pada saat proses setting dimana data setting yang akan Anda tambahkan, apakah berlaku untuk semua obat, per kategori obat atau per obat.

Jika Anda memilih data per kategori obat, maka selanjutnya Anda harus mengisi data kategori obat yang tampil dan jika Anda memilih data per obat, maka selanjutnya Anda harus mengisi data obat yang akan Anda setting.

d.) Field Profit OTC (%) : Isikan jumlah persentase profit obat saat penjualan bebas. Persentase berikut akan mempengaruhi harga penjualan bebas pada menu penjualan Apotek.




e.)
Field Profit OTC Resep Non Racikan (%) : Isikan jumlah persentase profit obat saat penjualan cari pasien khusus obat non racikan. Persentase berikut akan mempengaruhi harga penjualan cari pasien obat non racikan pada menu penjualan Apotek.



f.)
Field Profit OTC Resep Racikan (%) : Isikan jumlah persentase profit obat saat penjualan cari pasien khusus obat racikan. Persentase berikut akan mempengaruhi harga penjualan cari pasien obat racikan pada menu penjualan Apotek.

g.) Field Profit Resep Non Racikan (%) : Isikan jumlah persentase profit obat saat penjualan e-resep khusus obat non racikan. Persentase berikut akan mempengaruhi harga penjualan e-resep obat non racikan pada menu penjualan e-resep Apotek.

h.) Field Profit Resep Racikan (%) : Isikan jumlah persentase profit obat saat penjualan e-resep khusus obat racikan. Persentase berikut akan mempengaruhi harga penjualan e-resep obat racikan pada menu penjualan e-resep Apotek.

i.)
Field Diskon (%) : Isikan jumlah persentase diskon obat yang akan diberikan untuk penjualan obat. Untuk persentase diskon berikut akan berlaku pada semua pelayanan penjualan obat baik di Apotek, Resep atau BHP.

j.) Field Potongan : Jika Anda merasa kesulitan mengisi diskon obat dalam bentuk persentase, maka Anda dapat menginputkan diskon/potongan dalam nominal rupiah pada field potongan.

k.)  Field PPN : Isikan kondisi PPN obat, jika opsi PPN dipilih YA maka pada penjualan HNA obat akan otomatis ditambahkan dengan PPN. Jika opsi PPN diisi TIDAK maka pada penjualan obat tidak akan ditambahkan nilai PPN.

  1. Jika Anda sudah selesai mengisikan semua data yang diperlukan, maka klik tombol simpan dan data master harga jual akan otomatis diberlakukan pada proses penjualan obat. 


CATATAN:
  1. Data master harga jual barang medis yang sudah ditambahkan tidak dapat diubah unit dan penjaminnya, untuk proses ubah unit dan penjamin dapat dilakukan melalui tombol tambah dan data terbaru tersebut akan otomatis mereplace data yang sudah dibuat sebelumnya.
  2. Field edit, pada saat proses tambah tidak akan tampil.


Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.



    • Related Articles

    • Menu Master Harga Jual Kecantikan

      Apply To : Trustmedis Beauty Menu Master Harga Jual Kecantikan digunakan untuk menambahkan data master harga profit atau margin penjualan untuk semua produk di unit kecantikan. Untuk menambahkan data master harga jual kecantikan, ikuti ...
    • Menu Master Jenis Barang Medis

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Master Jenis Barang Medis digunakan untuk menambahkan data master jenis obat dan alkes pada sistem Trustmedis. Data jenis barang medis berikut nantinya akan ...
    • Menu Setting Nomor Kode Barang

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Clinic, Trustmedis Beauty, Trustmedis Pharmacy Menu Pengaturan Kode Barang digunakan untuk mengatur format penulisan kode barang dalam aplikasi. Pengaturan kode barang ini hanya berlaku untuk barang farmasi dan ...
    • Menu Master Barang

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Master Barang digunakan untuk menambahkan, merubah dan menghapus data barang yang bersifat non-medis (Kertas, Tinta, Stempel) pada sistem. Untuk menambahkan ...
    • Menu Pengaturan Awal Farmasi

      Apply To : All Products Menu Pengaturan Awal Farmasi ini digunakan untuk melakukan pengaturan awal yang akan dibutuhkan pada saat pelayanan di unit farmasi. baik dalam penarikan data, penyesuaian data yang diinginkan dan lain sebagainya. Anda dapat ...