Menu Hitung Jasa Dokter

Menu Hitung Jasa Dokter

Apply To : Trustmedi Beauty, Trustmedis Lab, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite

Menu Hitung Jasa Dokter digunakan untuk melakukan proses penarikan data, perhitungan dan persetujuan jasa dokter pada modul remunerasi. Sebelum Anda melakukan proses perhitungan jasa dokter, mohon pastikan untuk data dokternya sudah dilakukan proses mapping pada Menu Setting Fee Dokter.
Agar Anda dapat melakukan proses hitung jasa dokter silahkan ikuti langkah - langkah sebagai berikut:
  1. Masuk ke menu Remunerasi > Jasa Dokter > Hitung Jasa Dokter kemudian klik tombol "Ambil Data".
  2. Dalam Proses pengambilan data, sistem mengambil data sesuai dengan periode cut-off yang sudah disetting melalui Menu Pengaturan Remunerasi. Sebagai contoh jika Anda melakukan setting tanggal cut-off per tanggal 30, maka data yang akan ditarik adalah data tanggal 30 bulan sebelumnya s/d tanggal 30 bulan sekarang.
    Misal: Proses generate untuk periode Desember 2023

    Setelah itu sistem akan menampilkan data yang ditarik, kemudian klik tombol "Edit" untuk melihat detail data,

    Klik tab Detail untuk melihat daftar komponen tindakan yang ditarik. Anda dapat perhatikan bahwa proses penarikan datanya dimulai dari tanggal 30 bulan November 2023 s/d 30 Desember 2023.
  3. Pada bagian Detail juga terdapat fitur Update Jasa Dokter, dimana fitur berikut digunakan untuk mengupdate tarif jasa dokter yang sudah ditarik data sebelumnya agar sesuai dengan tarif jasa dokter terbaru. Data jasa dokter yang dapat diperbaharui hanya jasa dokter yang statusnya belum diverifikasi saja.
    Anda dapat melakukan perubahan pada jasa dokter dengan cara, klik 1x pada data yang akan di update kemudian klik tombol "Update Jasa Dokter" maka sistem akan menampilkan window tindakan seperti berikut,

    Data tindakan yang muncul akan mengambil dari tindakan yang sudah dimapping pada
    Menu Setting Fee Dokter. Pilih data tindakan pada window tersebut dan klik simpan. Maka data jasa dokter akan otomatis terupdate.
  4. Pada menu berikut juga terdapat Tab Rekap yang berfungsi untuk menampilkan semua data jasa dokter yang sudah dihitung jasa dokter dan disetujui.

    Untuk data pada masing - masing diperoleh melalui data berikut:
    1. Periode : Mengambil data sesuai periode hitung jasa dokter
    2. Jasa dokter : Mengambil dari nilai yang disetujui
    3. Nilai dasar pemotongan pph 21 : Mengambil dari nilai dasar pph 21. Untuk kalkulasi nilai perhitungan nilai pph 21 berikut diperoleh berdasarkan nilai tarif tindakan dikalikan dengan nilai persentase bruto/netto yang disetting pada Menu Pengaturan Remunerasi.
    4. Nilai pph 21 : Mengambil dari nilai pph 21. Untuk kalkulasi nilai pph 21 proses kalkulasinya dilakukan dengan cara mengecek dahulu nilai dasar pph 21 kumulatif yang terkalkulasi masuk kedalam tarif pajak progresif berapa sesuai yang sudah di setting pada Menu Ketentuan PPH 21 Remunerasi. Selanjutnya sistem akan melakukan pengecekan kondisi dengan ketentuan kondisi pengecekan sebagai berikut:
      1. Jika Nilai Dasar Pph 21 Kumulatif + Nilai Dasar Pph 21 <= Max Bruto/Tahun
        Nilai Pph 21 = Nilai Dasar Pph 21 x 5% (sesuai persentase progresif)
      2. Jika Nilai Dasar Pph 21 Kumulatif + Nilai Dasar Pph 21 > Max Bruto/Tahun
        Nilai Pph 21 = ( (Max Bruto/Tahun - Nilai Dasar Pph 21 Kumulatif) x 5% (sesuai persentase progresif) ) + ( ((Nilai Dasar Pph 21 Kumulatif + Nilai Dasar Pph 21) - Max Bruto/Tahun) x 15% (persentase naik 1 level diatas sebelumnya))
    5. Nilai dibayar : Mengambill dari nilai dibayar
  5. Anda juga dapat menambahkan data komponen tambahan jasa dokter melalui tab Tambahan dan Potongan. Data komponen tambahan ini akan mengambil data dari Menu Komponen Jasa Dokter.
  6. Jika nominal jasa dokter sudah sesuai, maka Anda dapat checklist pada kolom "Setujui", lalu Anda dapat lanjutkan dengan klik tombol "Simpan".
  7. Pada tab detail "Hitung Jasa Dokter" Anda juga dapat mengupdate nilai jasa dokter pemeriksaan tindakan dan penunjang yang nilai jasa dokternya baru di setting pada Menu Setting Fee Dokter setelah pemeriksaan pelayanan diinputkan. Anda dapat menggunakan fitur tersebut dengan cara klik tombol "Sinkronisasi Jasa Dokter".

    Setelah itu sistem akan menampilkan konfirmasi dalam bentuk Pop up seperti berikut,

    Jika Anda klik tombol "Ya" maka sistem akan mengupdate jasa dokter yang baru tersetting setelah proses pelayanan dilakukan.
  8. Jika proses perhitungan jasa dokter sudah selesai, maka data perhitungan jasa dokter dapat dibayarkan melalui Menu Pembayaran Jasa Dokter.

CATATAN:
  1. Data perhitungan jasa dokter yang sudah disetujui dan sudah dibayarkan, tidak dapat diubah atau dibatalkan.
  2. Data nominal PPH21 akan mengikuti setting PPH pada Menu Pengaturan Remunerasi.
  3. Nominal yang muncul pada kolom Tarif Tindakan adalah total tarif dari keseluruhan tindakan yang sudah dilakukan oleh Dokter.
  4. Pada Menu Hitung Jasa Dokter yang dapat dihitung adalah jasa pegawai dengan Fungsional Dokter saja.
  5. Penarikan data berdasarkan Tanggal KRS Pasien, Jika pasien belum KRS maka data tidak akan muncul.
  6. Untuk data yang sudah terlanjur sinkronisasi, lalu ada penambahan data baru, Anda bisa lakukan sinkronisasi ulang dengan klik tombol berikut.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.

    • Related Articles

    • Menu Komponen Jasa Dokter

      Apply To : Trustmedis Beauty, Trustmedis Lab, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu komponen jasa dokter digunakan untuk menambahkan data-data terkait tambahan dan potongan yang akan mempengaruhi proses perhitungan jasa dokter di menu Hitung Jasa ...
    • Menu Pembayaran Jasa Dokter

      Apply To : Trustmedis Beauty, Trustmedis Lab, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu Pembayaran Jasa Dokter digunakan untuk melakukan pencatatan terkait pembayaran jasa dokter yang sudah dihitung dan disetujui sebelumnya pada menu Hitung Jasa ...
    • Hitung Komisi Jasa Dokter

      Fungsi yang ada di submenu Hitung Komisi Jasa Dokter adalah untuk saat ini dikhususkan pada klinik kecantikan yang mana memberikan insentif (tambahan uang diluar gaji) kepada dokter yang telah memenuhi target transaksi.   Berikut ini adalah langkah ...
    • Menu Hitung Lembur

      Apply To : All Product Menu Hitung Lembur digunakan untuk menghitung data lembur yang sudah dibuat oleh pegawai dari menu Penggajian > Transaksi > Lembur Karyawan. Berikut ini langkah untuk menghitung lembur karyawan : Masuk ke menu Penggajian > ...
    • Menu Hitung Gaji

      Apply To : All Product Menu Hitung Gaji digunakan untuk menghitung besaran pendapatan yang akan diterima oleh pegawai yang diantaranya terdiri dari gaji pokok, tunjangan tetap dan tidak tetap serta potongan tetap dan tidak tetap. Berikut ini langkah ...