Menu Layanan Kamar Operasi

Menu Layanan Kamar Operasi

Apply To : Trustmedis Suite

Setelah pasien Anda daftarkan di menu Pendaftaran Bedah, Anda bisa melanjutkan proses pelayanan pasien di menu Layanan Kamar Operasi ini. Berikut langkah mudah untuk melayani pasien Bedah pada modul OK.

  1. Masuk ke menu OK > Front Office > Layanan Kamar Operasi

Kemudian pilih dari unit OK dimana pasien akan dilayani.



Jika data pasien ditemukan untuk melayani pasien Anda bisa pilih data pasien tersebut kemudian klik Layani atau klik 2x pada data yang dipilih



Di halaman awal, Anda akan melihat beberapa fitur tambahan sepert gambar dibawah ini :


  1. RM Pasien
    Tombol ini digunakan untuk melihat data rekam medis pasien yang terhubung dengan data dari menu Riwayat Pelayanan

  2. Riwayat Pasien
    Tombol ini digunakan untuk melihat riwayat pasien yang terhubung dengan data dari menu Riwayat Medis

  3. Terima RM
    Tombol ini untuk update status bahwa berkas rekam medis pasien sudah diserahkan ke poli pasien. Data ini akan mengubah status yang ada di menu
    Monitoring Berkas, jika sudah diterima, maka status menjadi Terima.



  4. Rekening Pasien
    Tombol ini digunakan untuk melihat tagihan pasien yang terhubung dengan data dari menu Kasir Sentral atau Kasir Tagihan.

  5. Surat Medis
    Tombol ini digunakan untuk membuat surat medis, jika Anda klik salah satunya maka Anda akan diarahkan ke menu pembuatan surat tersebut. Surat yang dapat dibuat terdiri dari :

  • Lembar Observasi

  • Surat Lahir

  • Surat Rujukan

  • Surat Sakit

  • Surat Sehat

  1. CPPT
    Tombol ini digunakan untuk mencetak Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi. Berikut bentuk cetakannya :


  1. Pada Tab Detail Pasien, isi nama dokter yang melayani (Data Dokter didapatkan dari dokter yang dipilih pada pendaftaran pasien)


  1. Isi kolom Kondisi Masuk untuk mencatat kondisi masuk pasien


  1. Isi Kegiatan yang akan diberikan kepada pasien

  2. Sesuaikan Kamar dan Bed pasien jika ada perubahan dari pilihan awal



  3. Pilih apakah pasien masuk ke dalam tindakan CITO atau tidak



  4. Pada tab "Askep", Isian Tanda Vital dan Anamnesa menampilkan data dari kamar atau unit sebelumnya. Sehingga pada kolom ini Anda tidak bisa merubahnya.

Jika Anda ingin menambahkan data Anda Vital dan Anamnesa baru, Anda bisa klik tombol Add dibagian ini,

Setelah klik tombol Add, sistem akan memunculkan form isian TTV seperti berikut,

pada form ini Anda bisa isikan data TTV dan Anamnesa yang baru. Dan Anda juga dapat menambahkan data TTV dan Anamnesa lebih dari satu. Pada tab pengisian TTV dan Anamnesa ini Anda juga dapat menghapus dan memperbarui data TTV dan Anamnesa yang sebelumnya pernah dibuat dengan klik tombol "Edit" atau "Delete".

Pada bagian ini Anda juga dapat melihat pengisian TTV dengan klik tombol "TTV History",

  1. Lalu pada tab "Askep" Anda dapat mengisikan data SOAPIER dengan klik tombol "Add",



    Pengisian data SOAPIER bisa dilakukan juga melalui template, Anda bisa klik tombol "SOAP Template" kemudian sistem akan memunculkan beberapa contoh template dari SOAP yang ada:



    Anda juga dapat melihat data SOAP melalui tombol " SOAP History" dari satu riwayat kunjungan pasien sebelumnya :


  1. Pada tab "Askep", isikan data ADIME pasien jika diperlukan atau ada data terkait ADIME



    Pengisian data ADIME juga dapat dilakukan dengan menggunakan template yang sudah tersedia, Anda bisa klik tombol "ADIME Template" seperti gambar dibawah ini:



    Anda juga dapat melihat data ADIME melalui tombol "ADIME History" dari satu riwayat kunjungan pasien sebelumnya:



  2. Pada tab "Askep", Anda juga dapat mengisikan data SBAR pasien dengan klik tombol "Add"



    Pengisian data SBAR juga dapat dilakukan dengan menggunakan template yang sudah tersedia, Anda bisa klik tombol "SBAR Template" seperti gambar dibawah ini,



    Anda juga dapat melihat data SBAR melalui tombol "SBAR History" dari satu riwayat kunjungan pasien sebelumnya:



  3. Pada tab "Askep", Anda juga dapat mengisikan data diagnosa keperawatan dengan klik tombol "Add" pada tab "Diagnosa Keperawatan"



  4. Pastikan data diagnosa (ICD 10) pada tab "Pelayanan Medis" tidak kosong. Secara default, data diagnosa ICD 10 dari rawat inap akan muncul pada form ini. Namun, jika Anda menambahkan diagnosa lain, klik tombol "Add" pada form ini.



  5. Pastikan data prosedur (ICD 9 CM) pada tab "Pelayanan Medis" tidak kosong. Secara default, data prosedur ICD 9 cm dari rawat inap akan muncul pada form ini. Namun, jika Anda menambahkan prosedur lain, klik tombol "Add" pada form ini.

  6. Pada tab menu "Pelayanan Medis" Anda juga dapat menambahkan data pemeriksaan pasien dalam bentuk gambar anatomi.



    Setelah Anda mengklik tombol "Add" pada tab "Gambar Anatomi", sistem akan menampilkan popup yang memungkinkan Anda memilih gambar anatomi yang ingin digunakan. Setelah memilih gambar dari pilihan drop down, Anda dapat mengklik tombol "Simpan" untuk melanjutkan proses.

    Setelah Anda mengklik tombol "Simpan", sistem akan menampilkan formulir gambar anatomi yang memungkinkan Anda menandai bagian tubuh yang akan diperiksa seperti gambar dibawah ini,



    Setelah selesai menandai gambar anatomi, Anda dapat klik tombol "Save" agar gambar yang Anda edit tersimpan pada sistem. Saat proses simpan berjalan sistem akan menampilkan popup pengaturan resolusi gambar kemudian lanjutkan dengan klik tombol "Save".



    Sebelum sistem proses penyimpanan gambar Anatomi selesai Anda dapat memberikan nama file gambar yang akan disimpan.



    Setelah proses simpan berhasil akan ada notifikasi yang menginformasikan bahwan proses penyimpanan berhasil. Data yang berhasil tersimpan akan muncul pada list pelayanan pada tab "Gambar Anatomi".



    Data gambar anatomi yang muncul pada pelayanan bisa di tambahkan sesuai kebutuhan faskes melalui master gambar anatomi.

  7. Pada tab menu "Billing" Anda dapat mengisikan data tindakan yang diberikan kepada pasien (Data Tindakan didapatkan dari master Tindakan dan Tarif Layanan) pada tab "Tindakan" dengan klik tombol "Add".

  8. Pada tab menu "Billing" Anda dapat mengisikan data tindakan operasi yang diberikan kepada pasien (Data Tindakan Operasi didapatkan dari master Tindakan dan Tarif Layanan dengan jenis Operatif) saat proses operasi pada tab "Tindakan Operasi" dengan klik tombol "Add".



    Pada tindakan operasi, Anda dapat melihat dan menambahkan detail operasi dengan klik tombol "
    Detail Operasi".





    Tambahkan data yang diperlukan pada form ini, jika sudah selesai klik tombol "Simpan" secara otomatis sistem akan mencetak "Laporan Detail Operasi".



    Anda juga dapat melihat dan menambahkan detail anastesi dengan klik tombol "
    Detail Anastesi".



    Tambahkan data yang diperlukan pada form ini, jika sudah selesai klik tombol "Simpan" secara otomatis sistem akan mencetak "Laporan Detail Anastesi".



    Selain itu, Anda juga bisa melihat detail Komponen Operasi pada tindakan operasi yang telah dipilih.



    Kemudian isikan detail pelaksana yang bertugas pada proses operasi tersebut, lalu lanjutkan dengan klik tombol simpan.



  9. Pada tab "Tindakan Operasi", Anda dapat menghitung durasi operasi dengan menggunakan fitur "Waktu Mulai" dan "Waktu Selesai". Untuk memulai menghitung pelaksanaan operasi, silakan klik tombol 'Waktu Mulai'. Setelah itu, sistem akan menampilkan tanggal dan jam mulai pada daftar "Tindakan Operasi".



    Klik tombol waktu selesai untuk mengakhiri perhitungan pelaksanaan operasi, maka sistem akan memunculkan tanggal selesai dan jam selesai pada list "Tindakan Operasi".



  10. Pada tab menu "Billing" Anda dapat mengisikan data penggunaan BHP jika ada bahan habis pakai yang digunakan. Anda dapat klik tombol "Add" untuk menambahkannya.



    Anda juga bisa menggunakan template BHP yang tersedia (Template BHP didapatkan dari menu Setting > Farmasi > Master Template BHP) dengan klik tombol "Daftar Template BHP".



  11. Pada tab menu "Billing", Anda dapat mengisi resep di tab "Resep" jika ada peresepan dari dokter. Data obat akan diambil dari data Master Obat dan Alkes yang memiliki stok, harga obat diambil dari data Master Harga Jual, serta sesuai dengan unit dan pembayaran pasien. Untuk menambahkan resep, silakan klik tombol "Tambah",



    kemudian akan muncul
    pop up untuk pengisian obat racikan maupun non racikan.



    Anda juga bisa menggunakan template resep yang tersedia



  12. Pada tab menu "Billing" Anda dapat mengisikan penunjang jika pasien membutuhkan pemeriksaan penunjang medis. Data penunjang didapat dari master Penunjang dan Tarif Layanan. Untuk menambahkan order penunjang Anda bisa klik tombol "Add".



    Anda juga bisa menggunakan template order penunjang yang tersedia (Template order penunjang didapatkan dari menu Setting > Layanan dan Tarif > Master Template Order Penunjang),



  13. Anda bisa menambahkan file jika ada



  14. Memindahkan Kamar Pasien

    Berikut langkah mudah untuk memindahkan pasien :

    1. Masuk ke tab menu "Selesai Pelayanan" kemudian pilih Ya pada bagian Selesai? lalu pilih Jenis Keluar : Pindah Kamar

    2. Pilih Kelas, Ruang, Kamar tujuan pasien (Daftar kamar yang tersedia mengambil dari menu Kamar dan Tarif Layanan) kemudian lanjutkan dengan memilih Bed yang akan ditempati dengan klik tombol "Pilih Kamar".

    3. Jika sudah selesai, klik tombol Simpan. Maka indikator warna pada list pasien akan berubah menjadi biru.

    4. Apabila pada menu Pengaturan Awal Pelayanan di modul Setting, pengaturan Tampilkan Kelas Tarif dan Lokasi berstatus Aktif maka pada pelayanan saat pindah kamar akan tersedia opsi Lokasi dan Kelas yang dapat dipilih berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut tampilan pada pelayanan Rawat Inap saat pindah kamar dengan opsi Lokasi dan Kelas Tarif

  15. Jika pelayanan sudah selesai Anda bisa lanjutkan dengan masuk ke tab menu "Selesai Pelayanan", pilih "Ya" atau tidak pada form Selesai pelayanan.



    Jika Anda memilih "Ya" maka Anda bisa lengkapi inputan berikut,

  • Pilih Jenis Keluar pasien yang terdiri dari :

  1. PULANG, Jika Anda memilih jenis keluar pulang maka Anda harus mengisikan detail "Cara Keluar" dan "Kondisi Keluar".

  2. KEMBALI, Jika Anda memilih Kembali, maka pasien akan otomatis kembali ke ruang rawat inap asal

  3. RUJUK, Jika Anda memilih Rujuk, Anda harus mengisi detail data yang dibutuhkan untuk rujukan.

  4. MENINGGAL, Jika Anda memilih meninggal secara otomatis data pasien di sistem akan non-aktif

  5. RAWAT INAP.

  • Tanggal dan Waktu keluar pasien secara default akan menampilkan tanggal dan waktu hari ini. Tetapi Anda bisa sesuaikan bagian ini.

  • ‚ÄčKlik tombol Simpan jika semua data sudah sesuai dan sudah diisi


Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA



    • Related Articles

    • Menu Laporan Layanan Kamar Operasi

      Apply To : Trustmedis Suite Pada menu Laporan Layanan Kamar Operasi ini, Anda dapat mencetak data pasien yang sudah dilayani pada kamar operasi. Dalam menu laporan ini Anda juga dapat mencetak laporan atau menyimpan laporan dalam bentuk excel. Anda ...
    • Menu Stop Kamar Operasi

      Apply To : Trustmedis Suite Menu Stop Kamar Operasi digunakan untuk melakukan proses penutupan sementara pada layanan Kamar Operasi (OK). Fitur berikut bertujuan agar pada sistem dapat dilakukan proses pembatasan penjadwalan Kamar Operasi. Pada ...
    • Menu Layanan Kamar Bersalin

      Apply To : Trustmedis Suite Setelah pasien Anda daftarkan di menu Pendaftaran Bedah, Anda bisa melanjutkan proses pelayanan pasien di menu Layanan Kamar Bersalin ini. Berikut langkah mudah untuk melayani pasien Bersalin : Masuk ke menu VK > Front ...
    • Menu Pembatalan Layanan Kamar Bersalin

      Apply To : Trustmedis Suite Menu Pembatalan Layanan Kamar Bersalin digunakan untuk melakukan proses pembatalan pada pasien yang berkunjung ke unit VK. Dalam hal ini user hanya bisa melakukan proses Batal Pulang dan Batal Pindah kamar saja. Berikut ...
    • Menu Nama Operasi

      Apply To : Trustmedis Suite Menu Nama Operasi digunakan untuk menambahkan, merubah dan menghapus data nama operasi yang nantinya akan diinputkan pada menu Layanan Kamar Operasi (OK) dan Layanan Kamar Bersalin (VK). Untuk menambahkan data nama ...