Menu Package Service Registration

Menu Package Service Registration

Fungsi yang ada pada menu ini adalah mendaftarkan yang mengambil pemeriksaan paket, menambahkan detail pemeriksaan yang dibeli dan menginputkan jenis pembayarannya.

Halaman Utama Package Service Registration

Pada halaman utama menu Package Service Registration ada beberapa fungsi fitur seperti tombol Add, Print, Refresh sampai dengan Filter.

  1. Tombol Add di halaman utama digunakan untuk menambahkan pelayanan.

  2. Tombol Print di halaman utama memiliki beberapa fungsi seperti melakukan cetak bukti pendaftaran (Button Receipt), mencetak label (Button Label), mencetak gelang pasien (Button Bracelet), dan mencetak kitir (Button Kitir).

  3. Tombol List Patient Booking di halaman utama berfungsi sebagai form untuk melihat pasien yang mendaftar ke fasilitas kesehatan Anda.

  4. Tombol Refresh untuk memuat ulang halaman di halam submenu.

  5. Fitur Search Bar berfungsi untuk mencari data pendaftaran pasien secara cepat. Pencarian dapat dilakukan dengan memasukkan Name, MR Number, Registration Number pasien.

  6. Fitur tombol Filter di menu Package Service Registration digunakan untuk melakukan pencarian data pasien yang telah melakukan registrasi pemeriksaan, dimana datanya akan tampil pada tabel utama Registation List. Filter ini terdiri dari beberapa pilihan yaitu:


    ·      Registration Date, digunakan untuk mencari rentang tanggal pendaftaran, dimana tidak ada batasan dalam melakukan pencarian.
    ·      Filter Status digunakan untuk mencari data berdasarkan status pendaftaran yaitu Registered, Cancelled, dan Discharged. Berikut penjelasan dari kondisi status tersebut:


    -   Registered : Pasien berhasil didaftarkan
    -   Cancelled : disini ada 2 kondisi pasien bisa mendapatkan status cancelled yaitu user membatalkan pendaftaran atau pasien tidak melakukan pembayaran ke kasir selama 2x24 jam maka auto cancel untuk pendaftarannya (hal ini digunakan untuk kuota diskon, sehingga jika kondisi pasien ketika registrasi mendapatkan diskon maka ketika auto cancel kuota diskon akan kembali lagi).
    -   Discharged : pasien berhasil dilayani dan dipulangkan maka statusnya adalah Discharged, pada kondisi ini sudah tidak bisa dilakukan edit data lagi, button akan terdisable otomatis seperti berikut ini.

  7. Tombol aksi di halaman utama yang melekat pada list data pasien ada 2 yaitu,

  1. Tombol dengan icon kertas / berkas berfungsi untuk membuka mcu registration form, jika dibuka maka akan memproses penginputan pendaftaran medical check up.

  2. Tombol dengan icon x bulat berwarna merah berfungsi untuk melakukan cancel transaction, jika di klik maka akan tampil pop up confirmation seperti berikut:

    Jika telah menginputkan reason maka, data bisa dibatalkan dan statusnya akan berubah menjadi “Cancelled”.
    Note: penginputan reason harus spesific jika tidak maka akan tampil pop up seperti berikut ini dan data tidak bisa dibatalkan.

  3. Tombol dengan icon tanda panah atas berfungsi untuk mengirim email konfirmasi kepada pasien, jika di klik maka akan tampil pop up confirmation seperti berikut:

    Jika ya maka klik Yes, dan email konfirmasi akan masuk ke email pasien yang sudah terdata pada menu Configuration > Patient.

 

Registration Form Package Service Registration

Registration Form akan tampil Ketika user memilih dan klik tombol Add pada halaman utama. Setelah klik tombol Add sistem akan menampilkan beberapa tab penginputan di dalamnya. Berikut langkah-langkah melakukan pengisian pada registration form.

A.    Tab Patient

Pada tab ini Anda bisa menambahkan nama pasien yang akan didaftarkan. Terdapat beberapa button di tab patient ini. Diantaranya:

·      Add Patient : digunakan untuk menambahkan pasien baru yang sebelumnya datanya belum ada di sistem.

Keterangan:

-      ID : datanya diambil dari master Konfigurasi Master - Identity Type

-  Sebutan : untuk sebutan nama orang seperti mr, mrs, miss datanya diambil dari master konfigurasi Patient -   Patient Title

-     Country Of birth : datanya diambil dari master konfigurasi Master - Country

-     Gender : datanya diambil dari master konfigurasi Master - Gender

-     Blood Type : datanya hardcode dari koding system

-     Marital Status: datanya diambil dari master konfigurasi Master - Marital Status

-     Religion : datanya diambil dari master konfigurasi Master - Religion

-     Ethnicity : datanya diambil dari master konfigurasi Master – Ethnicity

-  Sub District : datanya diambil dari master konfigurasi Master - Sub District . Ketika user menginputkan Sub   District, maka otomatis District, City, Province, Country dan Postal Code akan otomatis terinput kan.

-   Parse OCR digunakan untuk barcode atau memfoto KTP, jadi button ini merupakan tempat untuk integrasi dengan sistem. Ketika KTP atau kartu identitas di foto menggunakan alat OCR maka datanya akan otomatis terinput kan tanpa harus user menginputkan data diri pasien satu per satu.

-     Save : menyimpan data pasien yang telah diinputkan

-    Edit Patient : digunakan untuk melakukan edit data pasien, jika ada kesalahan atau user ingin melakukan update data dari pasien tersebut. Untuk tampilannya sama dengan form Add Patient.

-    Verify : digunakan untuk memverifikasi pasien yang mendaftar baik dari virtu maupun di his atau memverifikasi pasien yang belum terverifikasi

-   Search : digunakan untuk melakukan pencarian nama pasien yang telah terdaftar di system aplikasi.

Ketika melakukan pencarian, user dapat menginputkan salah satu data yaitu MR number, Name, atau ID number. Setelah data diinputkan maka bisa klik button Search, setelah data ditemukan untuk memilihnya bisa gunakan tombol aksi dengan ikon dokumen atau double klik pada data yang akan dipilih.


B.    Tab Payment

Pada tab ini digunakan untuk menginputkan metode pembayaran dari pasien. Terdapat beberapa field di tab payment sebagai berikut:

-      Class : untuk memilih class pelayanan, datanya diambil dari master konfigurasi Master – Class.

-   Payment Type : untuk memilih tipe pembayaran pasien, dimana datanya diambil dari Modul Konfigurasi Master - Payment Type.

-    Insurance Name : untuk menginputkan nama asuransi, data diambil dari Modul Konfigurasi - Business Partner. jika pembayarannya personal maka field Insurance Name, Insurance Number dan Expiration Date akan otomatis terdisable.

 

C.    Tab Services

Tab Services  digunakan untuk menginputkan package. Berikut adalah penjelasan field dan button yang ada pada tab Services :

-  Registration Number : auto ter inputkan dari system, user tidak perlu menginputkan

-  Registration Date : disini bisa memilih backdate untuk tanggal pendaftarannya

-  Registration Time : mengikuti waktu dari komputer atau wilayah

-  Package Category : digunakan untuk menginputkan kategori paket yang akan dibeli, dimana datanya diambil dari konfigurasi - health facility - package category

- Package : digunakan untuk menginputkan nama package yang akan di beli, dimana datanya diambil dari konfigurasi - health facility - package. Ketika user telah menginputkan nama package maka datanya akan otomatis tampil di form services

-   Discount : digunakan untuk menginputkan discount yang tersedia, dimana datanya di ambil dari master Finance - Discount.

-  Admission Method : digunakan untuk memilih metode masuk ketika pendaftaran, datanya merupakan hardcode dari system jadi tidak ada masternya

-     Save : untuk menyimpan data tanpa mencetak bukti pendaftaran

-     Save and Print : untuk menyimpan data dengan mencetak bukti pendaftaran

-     Cancel : digunakan untuk cancel proses penginputan pendaftaran

D.   Tab Cashier

Tab Cashier digunakan untuk melakukan pembayaran di kasir, jadi Tab Cashier ini sebenarnya shortcut dari modul cashier, Berikut adalah penjelasan field dan button yang ada pada Cashier :

·      Button Add  digunakan untuk menambahkan pembayaran

·      Payment Method : digunakan untuk memilih tipe pembayaran berikut adalah list dari Payment Method,

·      EDC : digunakan untuk memilih mesin pembayaran

·      On Behalf : digunakan untuk melakukan pembayaran setengah

·      Card Number : digunakan untuk menginputkan card number

·      Amount : jumlah harga atau uang yang harus dibayarkan



Setelah semua data sudah diinputkan, klik Save atau Save & Print untuk menyimpan dan mencetak bukti pendaftaran serta pembayaran. Berikut ini tampilan Print Bukti Pendaftaran dan Bukti Pembayaran ( Kuitansi)




 

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.





    • Related Articles

    • Menu MCU Registration

      Menu Package Service Registration pada modul Admission digunakan untuk pendaftaran pasien pada pelayanan paket. Menu Package Service Registration berfungsi untuk mendaftarkan pasien baru ataupun pasien lama yang dilengkapi dengan data pasien, metode ...
    • Menu Service Registration

      Menu Service Registration berfungsi untuk mendaftarkan pasien baru ataupun pasien lama untuk pembelian tiap product ataupun paket yang dilengkapi dengan data pasien, metode pembayaran, dan detail pemeriksaan. Berikut langkah-langkah mendaftarkan ...
    • Menu Package Subscription

      Menu Package Subscription berguna untuk mendaftarkan pasien baru ataupun pasien lama dengan melakukan pembelian paket pemeriksaan sesuai rentang waktu yang ditentukan. Pada Menu Package Subscription dilengkapi dengan data pasien, metode pembayaran, ...
    • Menu Package

      Pada halaman ini hanya akan menampilkan maksimal 10 list paket yang sudah dibuat, halaman ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pagination jika jumlah paket melebihi 10 list. Search bar → Dapat digunakan untuk mencari nama paket secara cepat. ...
    • Menu Usage Package Subscription

      Menu ini digunakan untuk melakukan proses Pengambilan Paket yang sudah dibeli oleh pasien. Paket akan muncul pada list order yang ada di modul laboratorium ketika paket sudah di beli dan sudah di lakukan pengambilan. Anda bisa menggunakan menu ini ...