Menu Package Subscription

Menu Package Subscription

Menu Package Subscription berguna untuk mendaftarkan pasien baru ataupun pasien lama dengan melakukan pembelian paket pemeriksaan sesuai rentang waktu yang ditentukan. Pada Menu Package Subscription dilengkapi dengan data pasien, metode pembayaran, dan detail pemeriksaan paket. Pada Package Subscription beberapa pemeriksaan telah dikelompokkan dalam satu package, di mana setiap pemeriksaan tersebut dapat diambil dalam waktu yang berbeda sesuai dengan expired date package.

Berikut langkah-langkah mendaftarkan pasien pada Menu Package Subscription:

  1. Masuk ke menu Admission > Package Subscription.

  2. Klik tombol Add.

  3. Pada Tab Patient di Registration Form dapat melakukan pendaftaran untuk pasien baru dan pasien lama.

    1. Pendaftaran pasien baru
      Cara mendaftarkan pasien baru terbagi menjadi dua yaitu, memasukkan data pasien secara manual dan melalui scan identitas pasien. Pilih tombol  Add Patient. 

  1. Memasukkan data pasien secara manual
    Lengkapi data diri pasien pada bagian yang bertanda (*) merah. Klik tombol Add untuk memasukkan data kartu identitas pasien meliputi data ID, ID Number, dan Issuer Country dengan, lalu pilih tombol Update. Pastikan data pasien telah benar, lalu klik tombol Save. Maka, data pasien baru akan tampil pada Tab Patient.

  1. Scan Identitas Pasien
    Pilih tombol Parse OCR untuk melakukan scan atau foto identitas pasien dengan menggunakan alat OCR, maka data diri pasien akan otomatis terisi. Lengkapi dan periksa kembali data pasien dengan benar, lalu klik tombol Save. Maka, data pasien baru akan tampil pada Tab Patient.

  1. Pendaftaran pasien lama
    Cara mendaftarkan pasien lama dengan klik tombol Search pada Tab Patient di Registration Form. 

Pada form Search Patient Data, masukkan data pasien dan klik tombol Search. Apabila pasien telah tampil, lalu klik dua kali pada bagian pasien tersebut atau klik tombol pada bagian Action seperti berikut. Maka, data pasien lama akan tampil pada Tab Patient.

  1. Pilih Tab Payment, lengkapi data pembayaran bagian bertanda (*) merah.

  2. Pilih Tab Subscription, kemudian klik tombol Add untuk menambahkan data paket yang akan diambil. Jika paket tersebut merupakan paket Deal Subscription, Anda harus memilih Deal yang digunakan pada paket tersebut lalu klik Update.


  1. Pilih tab Cashier untuk melakukan pembayaran pasien yang memiliki cara bayar Personal. Untuk pasien dengan pembayaran Company, tab Cashier akan disable.
    Klik tombol Add lalu pilih Payment Method yang digunakan lalu klik Save.



  1. Klik tombol Save & Print untuk menyimpan dan mencetak bukti pendaftaran pasien. Atau klik Save saja jika tidak membutuhkan bukti cetak pendaftaran.

  2. Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi untuk memastikan bahwa data yang diisi sudah sesuai. Klik Yes untuk melanjutkan proses.

  1. Kemudian akan muncul pop-up konfirmasi antrian (Queue Confirmation) untuk memilih antrian yang didapat pasien. Pilih sesuai nomor antrian lalu klik Save.


  2. Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi kembali terkait yang sudah dibeli apakah akan digunakan saat ini juga atau tidak. Pilih Yes jika pemeriksaan akan dilakukan saat ini, dan pilih No jika pemeriksaan masih dilakukan beberapa waktu kedepan.


  3. Anda akan mendapatkan bukti cetak pendaftaran dan kuitansi pembayaran.
    Berikut merupakan cetakan bukti pendaftaran pasien : 



Berikut merupakan cetakan kuitansi pembayaran :


  1. Pasien yang berhasil terdaftar akan tampil pada halaman awal Package Subscription.

    Untuk payment Personal, status pasien akan menjadi Pending, dan Anda harus memproses pada menu Finance.

  2. Jika Anda ingin melakukan konfirmasi pendaftaran melalui email kepada pasien, klik  tombol Send Registration Email berikut ini :

    Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi apakah Anda ingin melakukan proses tersebut. Jika ya maka klik Yes, dan email konfirmasi akan masuk ke email pasien yang sudah terdata pada menu Configuration > Patient.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.



    • Related Articles

    • Menu Usage Package Subscription

      Menu ini digunakan untuk melakukan proses Pengambilan Paket yang sudah dibeli oleh pasien. Paket akan muncul pada list order yang ada di modul laboratorium ketika paket sudah di beli dan sudah di lakukan pengambilan. Anda bisa menggunakan menu ini ...
    • Menu Package

      Pada halaman ini hanya akan menampilkan maksimal 10 list paket yang sudah dibuat, halaman ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pagination jika jumlah paket melebihi 10 list. Search bar → Dapat digunakan untuk mencari nama paket secara cepat. ...
    • Menu Package Service Registration

      Fungsi yang ada pada menu ini adalah mendaftarkan yang mengambil pemeriksaan paket, menambahkan detail pemeriksaan yang dibeli dan menginputkan jenis pembayarannya. Halaman Utama Package Service Registration Pada halaman utama menu Package Service ...
    • Menu Corporate Contract

      Menu Corporate Contract digunakan untuk mengatur kontrak dan deposit yang harus dilakukan oleh pihak Corporate atau Company agar dapat bertransaksi pada Virtu Digi Lab. Untuk mengatur data kontrak dan deposit, silahkan ikuti langkah - langkah sebagai ...
    • Menu MCU Registration

      Menu Package Service Registration pada modul Admission digunakan untuk pendaftaran pasien pada pelayanan paket. Menu Package Service Registration berfungsi untuk mendaftarkan pasien baru ataupun pasien lama yang dilengkapi dengan data pasien, metode ...