Menu Lab Registration

Menu Service Registration

Menu Service Registration berfungsi untuk mendaftarkan pasien baru ataupun pasien lama untuk pembelian tiap product ataupun paket yang dilengkapi dengan data pasien, metode pembayaran, dan detail pemeriksaan.

Berikut langkah-langkah mendaftarkan pasien pada Menu Service Registration:

  1. Masuk ke menu Admission > Service Registration.

  2. Klik tombol Add.

  3. Pada Tab Patient di Registration Form dapat melakukan pendaftaran untuk pasien baru dan pasien lama.

A. Pendaftaran pasien baru

Cara mendaftarkan pasien baru terbagi menjadi dua yaitu, memasukkan data pasien secara manual dan melalui scan identitas pasien. Pilih tombol Add Patient.

i. Memasukkan data pasien secara manual

Lengkapi data diri pasien pada bagian yang bertanda (*) merah. Klik tombol Add untuk memasukkan data kartu identitas pasien meliputi data ID, ID Number, dan Issuer Country dengan, lalu pilih tombol Update. Pastikan data pasien telah benar, lalu klik tombol Save. Maka, data pasien baru akan tampil pada Tab Patient.

ii. Scan Identitas Pasien
Pilih tombol Parse OCR sebelum melakukan scan identitas pasien dengan menggunakan alat OCR.

Setelah data selesai di scan, maka data diri pasien akan otomatis terisi. Lengkapi dan periksa kembali data pasien dengan benar, lalu klik tombol Parse OCR dan secara otomatis data tersebut akan terisi di kolom isian data pasien.
Setelah data pasien sesuai klik tombol Save, maka data pasien akan terisi di form data pasien.
  

B. Pendaftaran pasien lama

Cara mendaftarkan pasien lama dengan klik tombol Search pada Tab Patient di Registration Form.


Pada form Search Patient Data, masukkan data pasien dan klik tombol Search. Apabila pasien telah tampil, lalu klik dua kali pada bagian pasien tersebut atau klik tombol pada bagian Action seperti berikut. Maka, data pasien lama akan tampil pada Tab Patient.

  1. Pilih Tab Payment, lengkapi data pembayaran bagian bertanda (*) merah.

    Apabila Anda memilih Payment Personal, maka Payor Name dan Down Payment akan terkunci. Jika Anda memilih Payment Insurance atau Company, maka Anda harus memilih Payor Name dari pasien tersebut.

  2. Pilih Tab Services, lengkapi bagian bertanda (*) merah, yaitu Admission Method sebagai metode masuk pasien.
    Klik tombol Add pada bagian Observation dan masukkan nama pemeriksaan, lalu pilih Update.

    Jika Anda ingin memberikan diskon kepada pasien, Anda bisa mengisi pada bagian Discount yang tersedia untuk pemeriksaan tersebut.


  3. Pilih tab Cashier untuk melakukan pembayaran pasien yang memiliki cara bayar Personal. Untuk pasien dengan pembayaran Company, tab Cashier akan disable. Klik tombol Add lalu pilih Payment Method yang digunakan lalu klik Save.


  4. Klik tombol Save & Print untuk menyimpan dan mencetak bukti pendaftaran pasien. Atau klik Save saja jika tidak membutuhkan bukti cetak pendaftaran.

  5. Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi untuk memastikan bahwa data yang diisi sudah sesuai. Klik Yes untuk melanjutkan proses.


  6. Kemudian akan muncul pop-up konfirmasi antrian (Queue Confirmation) untuk memilih antrian yang didapat pasien. Pilih sesuai nomor antrian lalu klik Save.


  7. Anda akan mendapatkan bukti cetak pendaftaran dan kuitansi pembayara.
    Berikut merupakan cetakan bukti pendaftaran pasien :


    Berikut merupakan cetakan kuitansi pembayaran :


  8. Pasien yang berhasil terdaftar akan tampil pada halaman awal Menu Service Registration.


  9. Jika Anda ingin melakukan konfirmasi pendaftaran melalui email kepada pasien, klik  tombol Send Registration Email berikut ini : Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi apakah Anda ingin melakukan proses tersebut. Jika ya maka klik Yes, dan email konfirmasi akan masuk ke email pasien yang sudah terdata pada menu Configuration > Patient.


CATATAN :
  1. Tombol List Patient Booking akan menampilkan pasien yang mendaftar melalui aplikasi Virtudigilab dan mengikuti langkah pada bagian Mendaftarkan Pasien Lama.

 

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.

    • Related Articles

    • Menu Package Service Registration

      Fungsi yang ada pada menu ini adalah mendaftarkan yang mengambil pemeriksaan paket, menambahkan detail pemeriksaan yang dibeli dan menginputkan jenis pembayarannya. Halaman Utama Package Service Registration Pada halaman utama menu Package Service ...
    • Menu Lab Result

      Menu lab result digunakan untuk mengisikan data hasil pemeriksaan laboratorium. Agar dapat melakukan proses pengisian hasil lab Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut : Masuk ke modul Laboratorium > Transaction > Order Result. ...
    • Menu MCU Registration

      Menu Package Service Registration pada modul Admission digunakan untuk pendaftaran pasien pada pelayanan paket. Menu Package Service Registration berfungsi untuk mendaftarkan pasien baru ataupun pasien lama yang dilengkapi dengan data pasien, metode ...
    • Menu Lab Diagnostic Report

      Menu lab diagnostic report digunakan untuk menarik data laporan pelayanan laboratorium berdasarkan kelas pelayanan pasien, produk kategori dan nama produk. Untuk melakukan proses penarikan data laporan Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai ...
    • Menu Lab Registration Import

      Fungsi dari menu Lab Registration Import ini digunakan untuk melakukan proses pendaftaran pasien ke unit laborat secara masal. Hal ini berguna untuk mempermudah pendaftaran secara masal dari perusahaan yang bekerja sama dengan fasilitas kesehatan. ...