Menu Layanan Penunjang Medis Khusus OK

Menu Layanan Penunjang Medis Khusus OK

Apply To : Trustmedis Suite


Setelah pasien Anda daftarkan di menu Pendaftaran Bedah, Anda bisa melanjutkan proses pelayanan pasien di menu Layanan Penunjang Medis Khusus OK ini. Berikut langkah mudah untuk melayani pasien penunjang medis OK.  
  1. Masuk ke menu Penunjang Khusus Medis > Front Office > Layanan Penunjang Medis Khusus OK Kemudian pilih dari unit mana pasien akan dilayani.

    Jika data pasien ditemukan untuk melayani pasien Anda bisa pilih data pasien tersebut kemudian klik Layani atau klik 2x pada data yang dipilih.

    Di halaman awal, Anda akan melihat beberapa fitur tambahan seperti gambar dibawah ini,
    1. RM Pasien
      Tombol ini digunakan untuk melihat data rekam medis pasien yang terhubung dengan data dari menu Riwayat Pelayanan
    2. Riwayat Pasien
      Tombol ini digunakan untuk melihat riwayat pasien yang terhubung dengan data dari menu Riwayat Medis
    3. Terima RM
      Tombol ini untuk update status bahwa berkas rekam medis pasien sudah diserahkan ke poli pasien. Data ini akan mengubah status yang ada di menu Monitoring Berkas, jika sudah diterima, maka status menjadi Terima.
    4. Rekening Pasien
      Tombol ini digunakan untuk melihat tagihan pasien yang terhubung dengan data dari menu Kasir Sentral atau Kasir Tagihan.
    5. Surat Medis
      Tombol ini digunakan untuk membuat surat medis, jika Anda klik salah satunya maka Anda akan diarahkan ke menu pembuatan surat tersebut. Surat yang dapat dibuat terdiri dari:
      1. Lembar Observasi
      2. Surat Lahir
      3. Surat Rujukan
      4. Surat Sakit
      5. Surat Sehat
    6. CPPT
      Tombol ini digunakan untuk mencetak Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi. Jika terdapat proses pelayanan pasien secara berkelanjutan, misalnya dari Rawat Jalan > Rawat Inap > Penunjang Khusus maka data riwayat SOAP/SOAPIER pasien akan muncul dalam cetakan PPT sebagai berikut. Berikut bentuk cetakannya:
  2. Pada Tab Detail Pasien, isi nama dokter yang melayani (Data Dokter didapatkan dari dokter yang dipilih pada pendaftaran pasien).
  3. Isi kolom Kondisi Masuk untuk mencatat kondisi masuk pasien
  4. Isi Kegiatan yang akan diberikan kepada pasien
  5. Sesuaikan Kamar dan Bed pasien jika ada perubahan dari pilihan awal
  6. Pilih apakah pasien masuk ke dalam tindakan CITO atau tidak
  7. Pada tab "Askep", Isian Tanda Vital dan Anamnesa menampilkan data dari kamar atau unit sebelumnya. Sehingga pada kolom ini Anda tidak bisa merubahnya.

    Jika Anda ingin menambahkan data Anda Vital dan Anamnesa baru, Anda bisa klik tombol Add di bagian ini,

    Setelah klik tombol Add, sistem akan memunculkan form isian TTV seperti berikut,

    Pada form ini Anda bisa isikan data TTV dan Anamnesa yang baru. Dan Anda juga dapat menambahkan data TTV dan Anamnesa lebih dari satu. Pada tab pengisian TTV dan Anamnesa ini Anda juga dapat menghapus dan memperbarui data TTV dan Anamnesa yang sebelumnya pernah dibuat dengan klik tombol "Edit" atau "Delete".

    Pada bagian ini Anda juga dapat melihat pengisian TTV dengan klik tombol "TTV History",
  8. Lalu pada tab "Askep" Anda dapat mengisikan data SOAPIER dengan klik tombol "Add",

    Pengisian data SOAPIER bisa dilakukan juga melalui template, Anda bisa klik tombol "SOAP Template" kemudian sistem akan memunculkan beberapa contoh template dari SOAP yang ada:

    Anda juga dapat melihat data SOAP melalui tombol " SOAP History" dari satu riwayat kunjungan pasien sebelumnya:
  9. Pada tab "Askep", isikan data ADIME pasien jika diperlukan atau ada data terkait ADIME

    Pengisian data ADIME juga dapat dilakukan dengan menggunakan template yang sudah tersedia, Anda bisa klik tombol "ADIME Template" seperti gambar dibawah ini:

    Anda juga dapat melihat data ADIME melalui tombol "ADIME History" dari satu riwayat kunjungan pasien sebelumnya:
  10. Pada tab "Askep", Anda juga dapat mengisikan data SBAR pasien dengan klik tombol "Add"

    Pengisian data SBAR juga dapat dilakukan dengan menggunakan template yang sudah tersedia, Anda bisa klik tombol "SBAR Template" seperti gambar dibawah ini,

    Anda juga dapat melihat data SBAR melalui tombol "SBAR History" dari satu riwayat kunjungan pasien sebelumnya:
  11. Pada tab "Askep", Anda juga dapat mengisikan data diagnosa keperawatan dengan klik tombol "Add" pada tab "Diagnosa Keperawatan".
  12. Kemudian pada tab Pelayanan Medis, terdapat beberapa pengisian juga antara lain yang pertama pengisian SOAP.
  13. Pastikan data diagnosa (ICD 10) pada tab "Pelayanan Medis" tidak kosong. Secara default, data diagnosa ICD 10 dari rawat inap akan muncul pada form ini. Namun, jika Anda menambahkan diagnosa lain, klik tombol "Add" pada form ini.

    Pada saat proses penambahan diagnosa Anda tidak dapat mengisikan data diagnosa yang sama pada 1 pasien. Dan juga tidak boleh terdapat 2 diagnosa dengan jenis diagnosa UTAMA pada pelayanan pasien. Jika Anda mencoba menginputkan kondisi tersebut maka pada sistem akan muncul handle/notif sebagai berikut,
    Ketika Diagnosa ada yang sama

    Ketika Jenis diagnosa ada yang sama
  14. Pastikan data prosedur (ICD 9 CM) pada tab "Pelayanan Medis" tidak kosong. Secara default, data prosedur ICD 9 cm dari rawat inap akan muncul pada form ini. Namun, jika Anda menambahkan prosedur lain, klik tombol "Add" pada form ini.
  15. Pada tab menu "Pelayanan Medis" Anda juga dapat menambahkan data pemeriksaan pasien dalam bentuk gambar anatomi.

    Setelah Anda mengklik tombol "Add" pada tab "Gambar Anatomi", sistem akan menampilkan popup yang memungkinkan Anda memilih gambar anatomi yang ingin digunakan. Setelah memilih gambar dari pilihan drop down, Anda dapat mengklik tombol "Simpan" untuk melanjutkan proses.

    Setelah Anda mengklik tombol "Simpan", sistem akan menampilkan formulir gambar anatomi yang memungkinkan Anda menandai bagian tubuh yang akan diperiksa seperti gambar dibawah ini,

    Setelah selesai menandai gambar anatomi, Anda dapat klik tombol "Save" agar gambar yang Anda edit tersimpan pada sistem. Saat proses simpan berjalan sistem akan menampilkan popup pengaturan resolusi gambar kemudian lanjutkan dengan klik tombol "Save".

    Sebelum sistem proses penyimpanan gambar Anatomi selesai Anda dapat memberikan nama file gambar yang akan disimpan.

    Setelah proses simpan berhasil akan ada notifikasi yang menginformasikan bahwa proses penyimpanan berhasil. Data yang berhasil tersimpan akan muncul pada list pelayanan pada tab "Gambar Anatomi".

    Data gambar anatomi yang muncul pada pelayanan bisa ditambahkan sesuai kebutuhan faskes melalui master gambar anatomi.
  16. Apabila pemeriksaan dilampirkan beberapa file pendukung maka dapat ditambahkan pada File seperti pada berikut:
  17. Pada tab menu "Billing" Anda dapat mengisikan data tindakan yang diberikan kepada pasien (Data Tindakan didapatkan dari master Tindakan dan Tarif Layanan) pada tab "Tindakan" dengan klik tombol "Add". Selain itu pada saat pendaftaran Pemilihan Jadwal Penunjang Medis Khusus OK untuk asal kunjungan baik dari RI, RJ, ataupun IGD apabila opsi COB dipilih Ya maka tarif tindakan akan mengikuti Data Tarif COB pada master Tindakan dan Tarif Layanan.
  18. Pada tab menu "Billing" Anda dapat mengisikan data tindakan operasi yang diberikan kepada pasien (Data Tindakan Operasi didapatkan dari master Tindakan dan Tarif Layanan dengan jenis Operatif) saat proses operasi pada tab "Tindakan Operasi" dengan klik tombol "Add".

    Pada tindakan operasi, Anda dapat melihat dan menambahkan detail operasi dengan klik tombol "Detail Operasi".


    Tambahkan data yang diperlukan pada form ini, jika sudah selesai klik tombol "Simpan" secara otomatis sistem akan mencetak "Laporan Detail Operasi".

    Anda juga dapat melihat dan menambahkan detail anestesi dengan klik tombol "Detail Anastesi".


    Tambahkan data yang diperlukan pada form ini, jika sudah selesai klik tombol "Simpan" secara otomatis sistem akan mencetak "Laporan Detail Anastesi".

    Selain itu, Anda juga bisa melihat detail Komponen Operasi pada tindakan operasi yang telah dipilih.

    Kemudian isikan detail pelaksana yang bertugas pada proses operasi tersebut, lalu lanjutkan dengan klik tombol simpan.
  19. Pada tab "Tindakan Operasi", Anda dapat menghitung durasi operasi dengan menggunakan fitur "Waktu Mulai" dan "Waktu Selesai". Untuk memulai menghitung pelaksanaan operasi, silakan klik tombol 'Waktu Mulai'. Setelah itu, sistem akan menampilkan tanggal dan jam mulai pada daftar "Tindakan Operasi".

    Klik tombol waktu selesai untuk mengakhiri perhitungan pelaksanaan operasi, maka sistem akan memunculkan tanggal selesai dan jam selesai pada list "Tindakan Operasi".
  20. Pada tab menu "Billing" Anda dapat mengisikan data penggunaan BHP jika ada bahan habis pakai yang digunakan. Anda dapat klik tombol "Add" untuk menambahkannya.

    Anda juga bisa menggunakan template BHP yang tersedia (Template BHP didapatkan dari menu Setting > Farmasi > Master Template BHP) dengan klik tombol "Daftar Template BHP".
  21. Pada tab menu "Billing", Anda dapat mengisi resep di tab "Resep" jika ada peresepan dari dokter. Data obat akan diambil dari data Master Obat dan Alkes yang memiliki stok, harga obat diambil dari data Master Harga Jual, serta sesuai dengan unit dan pembayaran pasien. Untuk menambahkan resep, silakan klik tombol "Tambah",

    kemudian akan muncul pop up untuk pengisian obat racikan maupun non racikan.

    Anda juga bisa menggunakan template resep yang tersedia.
  22. Pada tab menu "Billing" Anda dapat mengisikan penunjang jika pasien membutuhkan pemeriksaan penunjang medis. Data penunjang didapat dari master Penunjang dan Tarif Layanan. Untuk menambahkan order penunjang Anda bisa klik tombol "Add".

    Anda juga bisa menggunakan template order penunjang yang tersedia (Template order penunjang didapatkan dari menu Setting > Layanan dan Tarif > Master Template Order Penunjang),
  23. Pada tab menu “Billing” untuk nominal yang ditampilkan pada bagian nilai tagihan adalah akumulasi tagihan dari Penunjang Khusus ditambahkan dengan tagihan dari unit asal (RJ, IGD, RI, OK/VK). Sehingga bukan dari tagihan Penunjang Khusus saja.
  24. Jika pelayanan sudah selesai Anda bisa lanjutkan dengan masuk ke tab menu "Selesai Pelayanan", pilih "Ya" atau tidak pada form Selesai pelayanan.

    Jika Anda memilih "Ya" maka Anda bisa lengkapi inputan berikut,
    1. Tanggal dan Waktu keluar pasien secara default akan menampilkan tanggal dan waktu hari ini. Tetapi Anda bisa sesuaikan bagian ini.
    2. Klik tombol Simpan jika semua data sudah sesuai dan sudah diisi
    3. Jika Anda klik tombol Selesai dan pilih “Ya” maka akan terintegrasi otomatis dengan jadwal operasi yang ada di sistem MJKN dimana status operasi akan berubah menjadi Selesai

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA


    • Related Articles

    • Menu Verifikasi Jadwal Penunjang Medis Khusus OK

      Apply To : Trustmedis Suite Menu Verifikasi Jadwal Penunjang Medis Khusus OK adalah menu yang digunakan untuk melakukan proses verifikasi jadwal layanan OK untuk pasien yang sudah dibuatkan jadwal untuk tindakan operasi. Proses verifikasi pada menu ...
    • Menu Pemilihan Jadwal Penunjang Medis Khusus OK

      Apply to: Trustmedis Suite Menu Pemilihan Jadwal Penunjang Khusus OK adalah menu yang digunakan untuk mengatur penjadwalan operasi pasien. Anda dapat menambahkan atau mengatur jadwal layanan operasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Masuk ...
    • Menu Laporan Penjadwalan Penunjang Khusus

      Apply To : Trustmedis Suite Menu Laporan Penjadwalan Penunjang Medis digunakan untuk melakukan penarikan data laporan terkait menu Verifikasi Jadwal Penunjang Medis Khusus OK. Untuk melakukan proses penarikan data, Anda dapat mengikuti langkah - ...
    • Menu Laporan Pendapatan Penunjang Medis

      Apply To : Trustmedis Laboratorium, Trustmedis Suite Menu Laporan Pendapatan Penunjang Medis digunakan untuk melakukan penarikan data pendapatan khusus untuk pelayanan Penunjang (Lab, Radiologi, Patologi Anatomi) saja. Untuk melakukan pengambilan ...
    • Menu Penunjang dan Tarif Layanan

      Apply To : Trustmedis Lab, Trustmedis Suite Menu penunjang dan tarif layanan digunakan untuk mengatur data tarif tarif pemeriksaan, parameter nilai, template resume dan BHP untuk pelayanan Penunjang Medis (Lab, Radiologi, Hemodialisa, MCU). Untuk ...