Menu Update Data Pendaftaran

Menu Update Data Pendaftaran

Apply To : All Products

Menu update data pendaftaran digunakan untuk melakukan perbaikan yang terjadi saat proses pendaftaran di faskes Anda. Pada menu ini user dapat melakukan perubahan pada data pasien seperti Hapus Biaya Admin, Ubah Tanggal Pendaftaran, dan melakukan proses pembatalan untuk pasien yang berkunjung ke faskes.
Anda dapat mengakses menu ini pada modul Admisi > Back Office > Update Data Pendaftaran. Saat Anda sudah mengakses menu ini Anda akan disajikan dengan tampilan awal yaitu form yang menampilkan list data pasien yang berkunjungan di faskes Anda.

  1. Hapus Biaya Admin
    Anda bisa menghilangkan beban biaya admin pada salah satu pasien dengan menggunakan fitur Hapus Biaya Admin. Anda cukup memilih salah satu data yang ada pada list informasi terdata kemudian klik tombol "Hapus Biaya Admin".

    Kemudian sistem akan memberikan peringatan atau konfirmasi dalam bentuk notifikasi sebelum melanjutkan proses penghapusan biaya admin, jika benar Anda bisa melanjutkan dengan klik tombol Ya dan jika tidak benar Anda bisa klik tombol tidak. 

    Jika proses sudah berhasil sistem akan memberikan informasi dalam bentuk notfikasi yang menginformasikan bahwa proses penghapusan biaya admin sudah berhasil.


  2. Ubah Tanggal Pendaftaran
    Anda bisa melakukan proses koreksi atau perbaikan pada waktu kunjungan pasien dengan menggunakan fitur Ubah Tanggal Pendaftaran. Anda cukup memilih salah satu data yang ada pada list informasi terdata kemudian klik tombol Ubah Tanggal Pendaftaran.

    Kemudian sistem akan menampilkan form untuk melakukan proses koreksi waktu kunjungan pasien, jika data yang diinputkan sudah benar Anda bisa melanjutkan dengan klik tombol Simpan.

    Jika proses sudah berhasil sistem akan memberikan informasi dalam bentuk notfikasi yang menginformasikan bahwa proses koreksi waktu kunjungan pasien berhasil.


  3. Batal Kunjungan
    Anda bisa melakukan proses pembatalan pada salah satu kunjungan pasien dengan menggunakan fitur "Batal Kunjungan". Anda cukup memilih salah satu data yang ada pada list informasi terdata kemudian klik tombol "Batal Kunjungan".

    Hanya saja dalam proses pembatalan ini ada beberapa kondisi yang perlu Anda ketahui,
    1. Belum dilayani dan tidak memiliki billing
      Jika dalam proses pembatalan data belum ada pelayanan sama sekali, maka istem akan memberikan peringatan atau konfirmasi dalam bentuk notifikasi sebelum melanjutkan proses pembatalan, jika benar Anda bisa melanjutkan dengan klik tombol "Ya" dan jika tidak benar Anda bisa klik tombol "Tidak".

    2. Pasien sudah dilayani
      Jika dalam proses pembatalan pasien sudah dilayani, seperti memiliki tindakan, BHP, resep ataupun penunjang. Maka Anda harus menghapus terlebih dahulu di menu pelayanan pada "Tab menu Billing". Jika data belum dihapus, maka sistem akan memunculkan notifikasi seperti berikut,

      Jika Anda klik tombol "OK" pada notifikasi yang muncul, sistem akan menampilkan layar dalam bentuk popup yang berisi informasi data yang harus dihapus terlebih dahulu,

    3. Jika Pendaftaran sudah tidak aktif maka proses pembatalan juga tidak bisa dilanjutkan dan sistem akan memberikan peringatan atau konfirmasi dalam bentuk notifikasi yang menginformasikan bahwa pasien sudah tidak aktif.

      Jika proses sudah berhasil sistem akan memberikan informasi dalam bentuk notfikasi yang menginformasikan bahwa proses pembatalan berhasil dilakukan.


CATATAN :
  1. Dalam proses hapus biaya admin sistem akan menolak proses penghapusan ketika pasien sudah melakukan pelunasan di kasir.
  2. Pasien MCU yang masih berstatus daftar kemudian dilakukan pembatalan maka penunjang yang termasuk kedalam paket akan ikut dibatalkan oleh sistem.

Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA
    • Related Articles

    • Menu Update Data Pembelian Farmasi

      Apply To : All Product Menu Update Data Pembelian Farmasi digunakan untuk melakukan koreksi dari proses penerimaan barang yang telah diterima. Berikut ini penjelasan langkah-langkah dari menu Update Data Pembelian Farmasi : Masuk ke menu Keuangan > ...
    • Menu Update Data Pembelian Farmasi

      Apply To : Trustmedis Pharmacy, Trustmedis Beauty, Trustmedis Clinic, Trustmedis Suite Menu update data pembelian farmasi berguna untuk melakukan proses koreksi harga atau koreksi nomor faktur pada data Terima Barang Farmasi dengan status SELESAI. ...
    • Menu Pendaftaran Mandiri Poli

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Clinic, Trustmedis Lab Pada menu Pendaftaran Mandiri Poli, pasien dapat memilih jenis kunjungan yang akan dilakukan serta dapat memilih poli secara mandiri dan menentukan dokter sesuai dokter yang tersedia di ...
    • Menu Pendaftaran Hemodialisa

      Apply To : Trustmedis Suite Pada menu Pendaftaran Hemodialisa Anda bisa dengan mudah mendaftarkan pasien yang belum ataupun yang sudah memiliki nomor rekam medis. Berikut cara mendaftarkan pasien ke unit hemodialisa: Masuk ke menu Admisi > Front ...
    • Menu Pendaftaran Radiologi

      Apply To : Trustmedis Suite, Trustmedis Lab Pada menu Pendaftaran Radiologi, Anda bisa mendaftarkan pasien yang berkunjung secara mandiri maupun pasien yang disarankan berkunjung ke unit radiologi untuk melakukan pemeriksaan radiologi. MENDAFTARKAN ...