​Menu Referral Fee

​Menu Referral Fee

​Menu Referral Fee merupakan menu pada modul Configuration yang digunakan untuk mengatur data referral fee yang dilakukan oleh practitioner internal maupun eksternal.

Berikut langkah-langkah untuk mengatur atau menambah data referral fee pada Menu Referral Fee:

  1. Masuk pada modul Configuration > Doctor > Referral Fee

  1. Selanjutnya, Anda akan masuk ke dalam halaman Referral Fee List yang menampilkan data referral fee yang sudah pernah dibuat dan disimpan seperti berikut:

  1. Klik tombol Add, untuk menambahkan data referral fee baru

  1. Isikan data sesuai pada field Referral Fee Forms yang telah tersedia, terutama pada field yang bertanda bintang (*) merah Keterangan masing - masing field :

  1. Referral Unit: Anda dapat mengisi atau memilih dari dropdown untuk unit yang akan Anda tambahkan sebagai data referral fee, seperti berikut

  1. Split Referral: Opsi yang digunakan untuk memilih atau mengatur data referral fee yang akan Anda tambahkan, referral fee berdasarkan pihak fasilitas kesehatan (health facility) saja atau juga dengan dokter (practitioner). Apabila Anda memilih opsi No, maka tampilan form pengisian data referral tidak ada perubahan karena data referral fee default berdasarkan fasilitas kesehatan (health facility). Namun apabila Anda memilih opsi Yes, maka tampilan form pengisian data referral akan memunculkan sub field Referral Fee Practitioner seperti berikut:

  1. Treatment: Anda dapat mengisi atau memilih dari dropdown untuk produk pemeriksaan yang akan diberlakukan sebagai data referral fee yang akan Anda tambahkan.

  1. Value Options: Opsi yang digunakan untuk memilih nominal data referral fee menggunakan Percentage (persen) atau Fix Value (nilai tetap). Apabila dipilih menggunakan opsi Percentage maka pada field Referral Health Facility dan Referral Practitioner akan menampilkan field Referral Option,  Percentage, Maximal Fee, dan Minimum Value seperti berikut: Sementara jika Anda memilih opsi Fix Value, maka tampilan pada pengisian Referral Health Facility dan Referral Practitioner hanya akan menampilkan field Nominal Fee seperti berikut:

  1. Referral Option (apabila Value Option = Percentage): Anda dapat memilih opsi pembagian referral yang sudah diatur sebelumnya pada menu Referral Option.

  2. Referrer: Isikan atau pilih dari dropdown untuk perujuk atas data referral fee yang akan Anda tambahkan.

  3. Period: Anda dapat mengatur tanggal, bulan, dan tahun berlaku hingga selesai berlakunya data referral fee yang akan Anda tambahkan.

  4. Total Percentage (apabila Split Referral = Yes): Field ini akan terisi secara otomatis setelah memilih opsi referral pada field Referral Option.

  1. Lalu isikan data sesuai pada field Referral Health Facility dan Referral Practitioner, apabila Anda memilih opsi Split Referral sebelumnya. Terdapat dua tampilan pada kedua field tersebut, sesuai pada opsi Value Option yang Anda pilih sebelumnya. Berikut tampilan saat Anda memilih opsi Percentage: Keterangan masing - masing field :

  1. Percentage: Field ini akan otomatis terisi sesuai pembagian nilai persen setelah memilih opsi pada field Referral Option.

  2. Minimal Fee: Isikan batas nominal minimum fee yang akan diperoleh oleh faskes atau practitioner atas data referral yang akan Anda tambahkan.

  3. Maximal Fee: Isikan batas nominal maksimum fee yang akan diperoleh oleh faskes atau practitioner atas data referral yang akan Anda tambahkan.

Sedangkan, apabila Anda memilih opsi Fix Value pada Value Option maka tampilan field Referral Health Facility dan Referral Practitioner akan seperti berikut:

Anda hanya perlu mengisikan Nominal Fee, yaitu sebagai besaran fee yang akan didapatkan oleh faskes atau practitioner atas data referral fee yang akan Anda tambahkan.

  1. Terakhir, setelah Anda selesai melakukan pengisian field dengan lengkap maka Anda dapat menyimpan data tersebut dengan klik tombol Save.


Terimakasih telah membaca artikel kami, jika ada yang kurang jelas maka Anda dapat menghubungi customer service kami sesuai SLA.



    • Related Articles

    • Menu Referral Option

      Menu Referral Option merupakan menu pada modul Configuration yang digunakan untuk mengatur data opsi referral fee dalam bentuk pembagian persen fee yang akan didapatkan health facility (fasilitas kesehatan) maupun practitioner (petugas kesehatan) ...
    • Menu Referral Fee

      Pada menu ini user dapat melihat pengaturan yang terdapat pada setting fee perujuk. Fungsi yang ada di submenu ini dapat melakukan pengubahan data setting fee referral sesuai yang diinginkan. Pada dasarnya Fee referral itu dapat practitioner dari ...
    • Menu Referral Configuration

      Menu ini merupakan pengaturan untuk melakukan pengaturan awal remunerasi. Cut Off Date : Tanggal perhitungan > Pada field ini, cut off untuk perhitungan jasa dokter bisa dipilih dari tanggal 1-31 (end of month), dan untuk default yang berlaku adalah ...
    • Menu Speciality

      Menu ini digunakan untuk membuat master spesialisasi dan subspesialisasi untuk digunakan oleh masing-masing dokter. Pada Grid Utama menu Speciality ini terdapat beberapa hal berikut ini: Button add → untuk membuka form speciality, yang akan ...
    • Menu Patient

      Menu patient list digunakan untuk menambahkan, merubah dan menghapus data master pasien. Untuk menambahkan, merubah dan menghapus data master pasien, Anda dapat mengikuti langkah - langkah sebagai berikut : Masuk ke menu Configuration > Patient > ...