Laporan

Laporan Pengiriman Menu

Artikel ini digunakan untuk membuat Laporan Pengiriman Menu pada modul Instalasi Gizi, berikut adalah penjelasannya.

Fungsi yang ada pada submenu laporan pengiriman menu ialah sebagai berikut:

  • Menampilkan cetakan laporan pengiriman menu gizi.
  • Mengekspor file spreadsheet laporan pengiriman menu gizi.

Langkah pertama ialah memilih modul 'INSTALASI GIZI'

Kemudian pilih menu 'Laporan' dan klik submenu ‘Laporan Pengiriman Menu’.

Setelah itu Anda akan menuju ke halaman Laporan Pengiriman Menu.

Keterangan:

 

Baris Diet digunakan untuk memilih jenis diet yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman menu. Data tersebut berasal dari Diet (modul Setting > menu Instalasi Gizi > submenu Diet). Bila memilih Semua maka akan menampilkan semua diet yang terdaftar.

 

Baris Bentuk digunakan untuk memilih bentuk makanan yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman menu. Data tersebut berasal dari Bentuk (modul Setting > menu Instalasi Gizi > submenu Bentuk). Bila memilih Semua maka akan menampilkan semua bentuk yang terdaftar.

Baris Menu digunakan untuk memilih menu makanan yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman menu. Data tersebut berasal dari Menu (modul Setting > menu Instalasi Gizi > submenu Menu Makanan). Bila memilih Semua maka akan menampilkan semua menu makanan yang terdaftar.

Baris Ruang digunakan untuk memilih ruangan yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman menu. Data tersebut berasal dari Ruang (modul Setting > menu Layanan dan Tarif > submenu Ruangan Faskes). Bila memilih Semua maka akan menampilkan semua ruangan yang terdaftar. 

Baris Kelas digunakan untuk memilih ruangan yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman menu. Data tersebut berasal dari Kelas Layanan (modul Konfigurasi > menu Master > submenu Kelas Pelayanan). Bila memilih Semua maka akan menampilkan semua kelas yang terdaftar.

 

Baris Pasien digunakan untuk memilih pasien yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman menu. Data tersebut berasal dari Kelas Layanan (modul Konfigurasi > menu Master > submenu Kelas Pelayanan). Bila memilih Kosong maka akan menampilkan semua pasien rawat inap yang terdaftar.

Baris Shift digunakan untuk memilih jadwal makan yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman menu. Data tersebut berasal dari Jadwal (modul Setting > menu Instalasi Gizi > submenu Jadwal). Bila memilih Semua maka akan menampilkan semua jadwal yang terdaftar.

Baris Tanggal atau Bulan ialah pilihan periode yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman menu. Anda hanya bisa memilih salah satu antara baris Tanggal dan Bulan.

Baris Group By digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan Shift (jadwal makan), Ruang, Kelas dan Bentuk yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman  menu.

Baris Bentuk Cetakan digunakan untuk menampilkan bentuk laporan pemesanan menu dengan pilihan: Rekap, Detail dan Detail Simple.

Tombol diatas ini untuk menampilkan buku petunjuk bagi pengguna.

 

Tombol diatas ini digunakan untuk menampilkan printout laporan pengiriman menu seperti gambar dibawah ini.

Tombol diatas ini digunakan untuk mengeluarkan data laporan yang ada di form ke dalam bentuk excel seperti tampilan dibawah ini.

A. Langkah untuk mencetak laporan ialah sebagai berikut: 

  • Langkah pertama ialah mengisi filter (gambar dibawah ini) sesuai kebutuhan anda.

  • Kemudian pada grid Periode, anda memilih shift serta tanggal atau bulan data transaksi yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman menu.
  • Selanjutnya klik tombol Cetak.

  • Setelah itu tampil printout cetakan laporan pengiriman menu seperti gambar berikut:

B. Langkah untuk mengekspor file spreadsheet laporan ialah sebagai berikut: 

  • Langkah pertama ialah mengisi filter (gambar dibawah ini) sesuai kebutuhan anda.

  • Kemudian pada grid Periode, anda memilih shift serta tanggal atau bulan data transaksi yang ingin ditampilkan pada laporan pengiriman menu.
  • Selanjutnya klik tombol Export Excel.

  • Setelah itu sistem akan mengunduh (download) laporan pengiriman seperti gambar berikut:

  • Klik dua (2) kali pada file tersebut, lalu akan tampil laporan pemesanan menu dalam bentuk spreadsheet seperti gambar berikut ini: